Banjir Kiriman akan Masuk Jakarta Hari Ini Pukul 5 Pagi

Water from Bogor is Predicted to Arrive in Jakarta this Morning

Reporter : Roni Said
Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Banjir Kiriman akan Masuk Jakarta Hari Ini Pukul 5 Pagi
Pintu air Katulampa pada saat normal (Foto: B2B/Mya)

Jakarta (B2B) - Warga Jakarta diminta untuk waspada, terutama warga yang bermukim di bantaran Kali Ciliwung, karena banjir kiriman dari Bogor diprediksi datang hari ini pada pukul 05.00 pagi.

Hujan di wilayah Bogor, membuat tinggi muka air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, berada pada posisi siaga tiga dengan ketinggian hingga 110 cm.

Sejak Senin (24/2) pukul 16.00 ketinggian air di Bendung Katulampa sudah mencapai 80 cm atau sudah memasuki siaga 3. Namun, pada pukul 17.00 ketinggian air menurun menjadi 70 cm yang masuk dalam siaga 4. Kemudian ketinggian air kembali meningkat pada pukul 19.00 hingga 110 cm.

Kepala Bidang Informatika Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, kondisi di Bendung Katulampa saat ini gerimis. Pihaknya akan terus memantau perkembangan dari tinggi air di hulu Ciliwung tersebut. "Kita akan terus pantau, sekarang kondisinya gerimis," kata Edy, Senin (24/2), seperti dilansir beritajakarta.

"Diperkirakan sampai Jakarta sekitar pukul 05.00 besok. Kita sudah koordinasikan dengan pihak terkait untuk menginformasikan ke warga yang ada di bantaran Sungai Ciliwung," ujarnya.

Sementara itu di Pintu Air Karet juga berada pada posisi siaga 3 dengan ketinggian 450 cm. Sementara 10 pintu air lainnya yang masuk dalam pantauan BPBD DKI masih dalam keadaan normal atau siaga 4. Di Pintu Air Depok 190 cm, Manggarai 690 cm, Pesanggarahan 100 cm, Angke Hulu 120 cm, Cipinang Hulu 110 cm, Sunter Hulu 60 cm, Pulogadung 390 cm, Waduk Pluit -155 cm, Pasar Ikan 144 cm, dan Krukut Hulu 90 cm.

Jakarta (B2B) - Rain in Bogor, West Java, makes water level on Katulampa Dam in the position of 110 centimeters. Because of that, Jakartans, especially those who live on Ciliwung riverbank, are asked to be alert because the water from Katulampa Dam in Bogor is predicted to arrive in Jakarta at around 5 AM, Tuesday (2/25).

Water on Katulampa Dam was already in the position of 80 centimeters or alert-III status at 4 PM, Monday (2/24). But at 5 PM, water level decreased to 70 centimeters or alert-IV status. However, it increased again to 110 centimeters at 7 PM. The areas to be inundated tomorrow are Pengadegan, Rawajati, Cawang, Kebon Baru, Bidara Cina, Bukit Duri, and Kampung Melayu.

“The water is predicted to arrive in Jakarta at 5 AM tomorrow. We have coordinated with related units to inform the news to the residents living on Ciliwung riverbank. We’ll continuously monitor the water level on Katulampa Dam,” stated Head of Jakarta Disaster Mitigation Board Informatics Section, Edy Junaedi, Monday (2/24).

Meanwhile, here are the lists of water level monitored on several sluices:
- Karet Sluice: 450 centimeters (alert-III)
- Depok Sluice: 190 centimeters (alert-IV)
- Manggarai Sluice: 690 centimeters (alert-IV)
- Pesanggarahan Sluice 100 centimeters (alert-IV)
- Angke Hulu Sluice: 120 centimeters (alert-IV)
- Cipinang Hulu Sluice: 110 centimeters (alert-IV)
- Krukut Hulu Sluice: 90 centimeters (alert-IV)
- Sunter Hulu Sluice: 60 centimeters (alert-IV)
- Pulogadung Sluice: 390 centimeters (alert-IV)
- Pasar Ikan Sluice: 144 centimeters (alert-IV)
- Waduk Dam: 155 centimeters (alert-IV)