Anas Siap Ungkap Dana Kampanye Pilpres Demokrat di 2009

Ex-chairman of Indonesia`s Rulling Party Claimed Set to File Report on Campaign Funds in 2009

Reporter : Rusdi Kamal
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Anas Siap Ungkap Dana Kampanye Pilpres Demokrat di 2009
Anas Urbaningrum (Foto: tribunnews.com

Jakarta (B2B) - Firman Wijaya, pengacara Anas Urbaningrum, mantan Ketua Umum Partai Demokrat mengaku bahwa kliennya tengah menyiapkan laporan tertulis terkait dengan kejanggalan dana kampanye Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Pemilihan Umum Presiden 2009.

Menurut Firman, laporan itu bakal selesai dalam waktu dekat dan segera dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Hari ini belum dilaporkan karena laporan itu sedang dibuat. Tapi sebentar lagi rampung," kata Firman Wijaya.

Anas Urbaningrum secara terang-terangan menyatakan ´perang´ melawan Presiden SBY, dengan menyiapkan data kejanggalan sumbangan dana kampanye SBY pada Pemilihan Umum 2009, ketika SBY maju sebagai calon presiden incumbent. Data itu, bakal diserahkan ke Direktorat Pengaduan Masyarakat KPK.

"Jadi kalau dibilang saya menyerang Pak SBY, saya bilang, memang iya. Ini hanya untuk memberi respons terhadap apa yang saya alami dari sikap dan tindakan SBY," kata Anas di gedung KPK pada awal April lalu.

Di dalam data tersebut, Anas akan menjabarkan soal banyaknya penyumbang gelap untuk dana kampanye SBY.

"Di dalam laporan Demokrat, ada nama-nama orang yang ditulis menyumbang, padahal sebenarnya tidak menyumbang. Uang Demokrat sumbernya tak tercatat di laporan itu," ujar Anas. "Sumber dana yang tak tercatat itulah yang harus diselidiki. Apakah salah satunya ada kaitan dengan Kasus Bank Century atau tidak, itu bukan tugas saya karena tugas saya hanya memberikan data yang valid dan otentik dan bukan fitnah."

Jakarta (B2B) - Anas Urbaningrum, ex-chairman of Indonesia´s rulling party claimed that he is yet to finish his report on President Susilo Bambang Yudhoyono´s questionable campaign budget during the 2009 Presidential Election. He stated that the report will be finished immediately and will be submitted to the Corruption Eradication Commission (KPK).

Anas´ lawyer Firman Wijaya, stated that the report will be finished in three days. "Anas wrote it in detail," he added.

Anas Urbaningrum has been known to wage an open war against President SBY, stating that he is preparing a report on SBY´s campaign budget violation back in 2009.

"I do strike President SBY. This is as a response towards what I have experienced," Anas said.

Anas´ data entails a number of unknown donors, unlike the data published by the Democrat Party.

"In Democrat´s [data], there are people listed as donor. In fact, they did not donate," he said. "We need to investigate the budget source. Is it linked to Century or not? My task is merely to provide a valid and authentic data."