Museum Gajah dan Google Virtualkan Koleksi Bersejarah Indonesia

Google to Create Virtual Tour of Indonesian National Museum

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Museum Gajah dan Google Virtualkan Koleksi Bersejarah Indonesia
Foto: keepo.me

Jakarta (B2B) - Museum Nasional di Jakarta kerjasama dengan raksasa internet, Google untuk memetakan ruangan dan mengambil gambar berbagai koleksi museum terbesar di Asia Tenggara itu, kemarin, melalui teknologi Street View dengan kamera yang dapat berputar 360 derajat.

Staf Promosi Museum Nasional Ferlian Putra mengatakan pengambilan gambar oleh tim Google Street View itu merupakan bagian dari pengembangan dari kerja sama antara Museum Nasional dan perusahaan layanan Internet, Google, dalam Google Art Project.

Museum Nasional Indonesia atau yang biasa disebut dengan Museum Gajah tergabung dengan Google Art Project, yang sekarang namanya berubah menjadi Google Cultural Institute sejak 2011 namun pengumpulan gambar untuk layanan Street View baru dikerjakan tahun ini.

"Museum tak bisa lagi dipandang hanya sebagai warisan dalam negeri tetapi bagi masyarakat luar negeri juga. Pandangan masyarakat sudah global. Dengan ini kami berupaya mempromosikan kepada masyarakat luar negeri sehingga mereka juga bisa menikmati khasanah budaya dan sejarah kita," kata Ferlian.

Melalui fitur Google Street View, Museum Nasional menyediakan foto ruang-ruang koleksi museum secara panoramik (360 derajat) yang bisa diakses para pengguna internet melalui layanan tur virtual lewat laman resmi www.museumnasional.or.id.

"Ditambah dengan street view, mungkin nanti bisa merubah pandangan masyarakat dan stigma tentang museum. Museum sekarang adalah tempat yang mempunyai nilai estetika yang tinggi dan patut diacungi jempol," kata Ferlian.

Museum Nasional Indonesia telah berkolaborasi dengan Google di dalam suatu wadah yang dinamakan Google Art Project pada 2011, sekarang berubah naman menjadi Google Cultural Institute.

Dari total 140.000 koleksi yang terdapat di Museum Nasional Indonesia, baru 100 yang diunggah datanya ke Art Project.

Saat ini tim lapangan Google Street View sedang mengambil data dan gambar di lingkungan Museum Nasional. Kali ini tim Google Street View tidak menggunakan mobil Street View, yang biasa digunakan untuk memetakan jalanan. Perangkat komputer dilengkapi kamera yang bisa memutar 360 derajat di bagian atasnya, yang memungkinan tim untuk menyusuri ruangan dan lorong-lorong Museum Nasional.

"Kami menyebut alat ini special collect," kata petugas lapangan Google Street View yang tidak bersedia disebutkan namanya itu.

Proyek yang diluncurkan pada 2011 itu menggunakan teknologi yang memungkinkan para pengunjung menjelajahi dan melihat koleksi budaya dan sejarah di galeri dan museum di berbagai belahan dunia melalui internet.

Pengambilan gambar panoramik di Museum Nasional itu nantinya juga akan diimplementasikan ke dalam fitur Google Maps sebagai pengembangan dari Google Art Project.

Jakarta (B2B) - The National Museum of Indonesia is collaborating with internet giant Google to enable internet users and digital visitors to explore Southeast Asias foremost largest museum through Street View technology using 360-degree images.

Promotion Staff of the National Museum of Indonesia Ferlian Putra stated here on Tuesday that a field team from Google Street View has been collecting data and images at the museum complex for several days.

The data capture process was part of the collaboration between the National Museum of Indonesia and Google for the Google Art Project, an online platform through which the public can access high-resolution images of artworks and cultural and historical artifacts in galleries and museums around the globe.

"A museum could no longer be viewed as a national heritage, but it also belongs to the international society. People can view things globally. It is also a means to reach out to the world that the international society can enjoy and laud our heritage," Mr Putra said.

Using Google Street View, the National Museum can provide the users a "different experience" in exploring the museum through a program called virtual touring that can be accessed through its official website "www.museumnasional.or.id."

"Using the Street View, we might alter the peoples perspective and stigma about museums. Now, museums are places that have aesthetic values and are attractive," he said.

Since 2011, the National Museum of Indonesia has joined the Googles Art Project and has now become the Google Cultural Institute.

Of the around 140 thousand items in the collections at the National Museum, only 100 have been uploaded in the Art Project.

To gather data and images at the museum complex, the Google Street View team did not use its Google Street View Car, but instead deployed a cart equipped with data-capturing equipment such as a sophisticated computer, laser scanner, and a 360-angle camera.

"We call this cart the special collect," remarked a field officer of Google Street View.

The images and data collected at the National Museum of Indonesia will also be incorporated in the Google Maps feature.

Google Street View is a technology featured in Google Maps and Google Earth that provides panoramic views from positions along several streets in the world.

It was launched in 2007 in several cities in the United States and has since expanded to include cities and rural areas worldwide.