Wartawan Asing di Papua Wajib Didampingi Prajurit TNI karena Alasan Keamanan

TNI Soldier Appoints Guard to Accompany Foreign Journalist in Papua

Reporter : Rizki Saleh
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Wartawan Asing di Papua Wajib Didampingi Prajurit TNI karena Alasan Keamanan
Panglima TNI Jenderal Moeldoko dibonceng di sepeda pada kunjungan kerja di Papua, belum lama ini (Foto2: Puspen TNI)

Jakarta (B2B) - Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan bahwa demi alasan keamanan, prajurit TNI akan mendampingi wartawan asing yang datang ke wilayah paling timur Indonesia itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait faktor keamanan.

"Saya mempertimbangkan teman-teman pers asing perlu didampingi. Jadi kalau terjadi sesuatu kita bisa memberikan saran, pendampingan, dan lain-lain," kata Moeldoko, dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin.

Moeldoko menegaskan bahwa pertimbangannya bukan karena ingin menutupi yang terjadi di Papua, namun untuk menimimalkan resiko karena kondisi Papua yang tak selalu kondusif dan aman.

"Kami akan mendampingi agar secara positif kami bisa memberi perbantuan dan pengamanan," kata Moeldoko.

Jakarta (B2B) - Indonesian Military Commander, General Moeldoko said his institution was considering implementing a policy of having security personnel accompany foreign journalists in Papua to avoid untoward incidents.

"I am considering appointing guards to accompany foreign journalists so we can guide and protect them in case any dangerous situation arises," Moeldoko said in meeting with parliament here on Monday.

Moeldoko added that the effort to provide assistance to foreign journalists was to ensure their safety.

"At the hearing, we will further discuss the potential of the policy," he said.