Beruang Kurus Bonbin Bandung Picu Petisi Online Disorot Media Asing

Bears in Bandung Zoo, Indonesia, Filmed Standing on Hind Legs to Bed for Food

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Beruang Kurus Bonbin Bandung Picu Petisi Online Disorot Media Asing
Aktivis hewan Tori Hollingsworth setelah melihat video tersebut dan memutuskan untuk membuat sebuah petisi - yang hingga saat ini didukung 12.000 tanda tangan - menuntut kebun binatang ditutup (Foto2: MailOnline)

REKAMAN video miris ini memperlihatkan beberapa ekor beruang madu memohon pada pengunjung untuk memberi makan junk food di sebuah kebon binatang (Bonbin) di Indonesia yang membuat gusar jagat online.

Pengunjung Bonbin Bandung, dalam rekaman video melemparkan kue, permen dan biskuit ke kandang dalam upaya sia-sia untuk memberi makan hewan yang kelaparan.

Kini sebuah petisi online dilancarkan untuk membuat malu walikota Ridwan Kamil dan mendesak agar segera menutup Bonbing Bandung.

Scorpion, LSM pemantau perdagangan satwa liar mengirim penyidik ??ke obyek wisata yang kemudian merekam beberapa video kelaparan dan memohon kepada pengunjung untuk memberi makan.

Gunung Gea, direktur Scorpion, mengatakan kepada Daily Mail Australia: 'Ketika tim saya mengunjungi kebun binatang pekan lalu tidak ada rumput atau pohon yang hidup di kandang mereka.'

"Kami melihat beruang madu makan kotoran sendiri tapi ketika kami menghubungi petugas kebun binatang mereka mengatakan kepada kami beruang itu masih dalam perawatan dan kami tidak diperbolehkan untuk melihatnya."

Aktivis hewan Tori Hollingsworth begitu marah setelah melihat video tersebut dan memutuskan untuk membuat sebuah petisi - yang hingga saat ini didukung 12.000 tanda tangan - menuntut kebun binatang ditutup.

Dia mengatakan: 'Beruang-beruang tersebut sangat kurus dan kelaparan. Pengunjung memberi mereka junk food agar mereka tetap hidup.'

'Video ini menunjukkan bagaimana beruang madu segera pergi setelah potongan-potongan kecil makanan yang dilemparkan pengunjung. Mereka berdiri di atas dua kaki mereka dan memohon lebih banyak makanan dan itu sangat memilukan.'

'Makhluk lucu tersebut seharusnya dilarang untuk lebih lama berada di fasilitas kebon binatang yang memprihatinkan di mana mereka dipaksa untuk hidup di antara dinding beton, tidak ada tempat tinggal yang layak dan benar-benar tidak ada makanan dan air.

"Hal ini jelas bahwa kebun binatang bukan memelihara hewan. Hal ini tidak lebih mirip penjara.'

Hollingsworth pada petisinya meminta Walikota Bandung untuk memikirkan ribuan anak-anak yang mengunjungi kebun binatang.

Dia mengatakan: 'Apa yang ada dalam pikiran anak-anak setelah melihat hal itu? Saya tidak bisa membantu sekaligus heran."

Scorpion meminta kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat untuk menyelidiki Bonbin Bandung, dengan meluncurkan petisi dan telah mendapat 1.500 tanda tangan untuk mendapatkan publisitas terhadap kondisi beruang madu tersebut.

Warga Amerika Becky Koth menandatangani petisi Scorpion via online Scorpion agar mendukung untuk menuntut penutupan kebon binatang, seperti dilansir MailOnline.

'Ini tidak bisa diterima. Mengapa memiliki kebon binatang di mana Anda hanya membuat beruang kelaparan? Biarkan mereka pergi ke habitatnya agar mereka kembali sehat dan segera bebaskan mereka," tulisnya.

"Mereka lebih layak hidup tanpa bantuan manusia yangmenjalankan kebun binatang."

Sandie Hawkins, dari Australia, mengatakan: "Saya tidak percaya bahwa orang-orang hari ini, di negara manapun, dapat memperlakukan hewan seperti itu."

"Jika kita menganggap diri kita sebagai spesies paling cerdas maka kita harus peduli untuk menghargai mahluk hidup ... Saya sangat marah."

Bandung merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 2,4 juta. Bandung juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak destinasi wisata.

Bonbin Bandung berada di peringkat 75 di Trip Advisor, dengan banyak komentar yang memperingatkan wisatawan lain untuk mengurungkan niatnya berkunjung ke ibukota Provinsi Jawa Barat tersebut.

Patrick H mengatakan: 'Kondisi kebon binatang ini sangat buruk. Hewan tidak dirawat secara layak karena terbukti tubuh mereka begitu kurus dan merana. Ada banyak sampah, sangat kotor.'

Kondisi 'kandang' juga tidak baik. Saya berharap pemerintah segera memperbaiki kondisi kebon binatang tersebut."

Lima belas komentator lainnya menilai kebon binatang sebagai 'mengerikan' termasuk FlyawayAZ yang mengatakan itu adalah kebun binatang terburuk yang pernah ia kunjungi.

DISTURBING footage of skeletal sun bears pleading with visitors to feed them junk food at an Indonesian zoo has sparked fury online.

Visitors at Bandung zoo, on the island of Java, were filmed throwing cake, candy and crackers into the enclosure in a vain attempt to feed the starving animals.

Now an online petition is attempting to shame mayor Ridwan Kamil into closing the zoo for good.

Scorpion, a wildlife trade monitoring group, sent an investigator to the tourist attraction where they captured footage of starving bears standing on their hind legs and begging for snacks.

Gunung Gea, the director of Scorpion, told Daily Mail Australia: 'When my team visited the zoo last week there was no grass or live trees on the floor of their cage.

'We saw a sun bear eating its own dung but when we contacted the zoo's officers they told us the bear was medicated and we weren't allowed to see it.'

Animal activist Tori Hollingsworth was so outraged by the video she decided to create a petition - which has 12,000 signatures so far - demanding the zoo be shut.

She said: 'The bears are extremely thin and very hungry. Appalled visitors give them junk food to try and keep them alive.

'The video shows how the sun bears immediately go after small pieces of food that are tossed in their direction. They stand on their two feet and beg for more in a truly heartbreaking moment.

'These beautiful creatures should not be allowed to spend one more day at this terrible facility where they are forced to live between concrete walls, with no proper shelter and absolutely no food and water.

'It is obvious that this zoo is not helping the animals. It is nothing short of a prison.'

Ms Hollingsworth ends the petition by asking the Major of Bandung to think of the thousands of children who visit the zoo.

She said: 'What will these kids think about this? I just can't help but wonder.'

Scorpion has pleaded with the Wildlife Authority in West Java (BKSDA) to investigate Bandung zoo, launching their own petition of 1,500 signatures to gain publicity for the helpless bears.

American Becky Koth signed Scorpion's online petition in support of closing the zoo.

'This is unacceptable. Why have a zoo where you just starve these bears? Let them go to a sanctuary to get healthy again and release them,' she wrote.

'They were better off without the so-called help of the humans running the zoo.'

Sandie Hawkins, from Australia, said: 'I cannot believe that people of today, in any country, can treat animals this way.

'If we consider ourselves to be the smartest species then we should care for these precious souls… I'm so angry.'

Bandung is Indonesia's third largest city with a population of over 2.4 million. It's also one of the country's top tourist hotspots.

The zoo is ranked at number 75 on Trip Advisor for things to do in the region, with many of the worried commenters warning other tourists not to visit.

Patrick H said: 'The condition of this zoo is very bad. Animals don't receive enough treatment because they all look so thin and sad. There is a lot of garbage, very dirty.

'The cages' condition is also not good. I hope the government will improve the condition of this zoo soon.'

Fifteen other commenters rated the zoo as 'terrible' including user FlyawayAZ who said it was the worst zoo he had ever visited.