Jakarta International 10K Digelar Lagi 31 Mei 2015

Jakarta International 10 K will be Held Again to Celebrate Indonesia Capital Anniversarry

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Jakarta International 10K Digelar Lagi 31 Mei 2015
Foto: istimewa

Jakarta (B2B) - Lomba lari Jakarta international 10 K kembali digelar pada 31 Mei mendatang. Rute lomba lari berbeda dari tahun-tahun sebelumnya lantaran proyek Mass Rapid Transit (MRT) di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Rute baru telah mendapatkan sertifikasi dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta, Zainal Soelaiman mengatakan ada perubahan rute untuk Jakarta 10 K tahun ini. Rute yang akan dilintasi yakni start dimulai di silang barat daya Monas, menuju ke Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Abdul Muis, Jalan Gajah Mada, lalu berputar di Glodok, menyusuri Jalan Hayam Wuruk, Jalan Medan Merdeka Barat lewat kantor RRI, dan kembali ke Monas.

"Perubahan rute karena ada pembangunan MRT di rute yang dilalui sebelumnya. Alasannya adalah keselamatan dari pelari. Rute yang baru sudah mendapatkan sertifikasi dari PB PASI, jadi sudah bisa digunakan saat pelaksanaan mendatang," kata Zainal di Balaikota, belum lama ini.

Sebanyak 1.000 petugas gabungan akan dikerahkan untuk menjaga dan mengamankan peserta. Diperkirakan sebanyak 35 ribu peserta akan mengikuti kegiatan tahunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-488 Kota Jakarta ini.

"Nanti ada 1.000 petugas gabungan yang disiapkan saat acara berlangsung, dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Transportasi, kepolisian, serta organisasi masyarakat," ucapnya.

Total hadiah yang disiapkan oleh Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta sebesar Rp 911 juta. Sebanyak 10 pelari internasional, 3 dari sister city telah mendaftar mengikuti kegiatan ini, baik dari kategori putra maupun putri. Sementara untuk elite nasional, peserta yang telah mendaftar yakni sebanyak 20 orang, terdiri dari 10 putra dan 10 putri.

Jakarta (B2B) - Jakarta Provincial Government is is scheduled to be re-held Jakarta International 10K Run   on May 31, 2015 in order to celebrate the city´s anniversary. The route that will be used for this year will differ from previous year due to Mass Rapid Transit (MRT) project along Sudirman Avenue and MH Thamrin Avenue. The new route has been certified by Indonesian Athletics Association Executive Board (PB PASI).

Jakarta Sports and Youth Department Head, Zainal Soelaiman said the run route that will be passed by the participants will start from Southwestern Street of National Monument, locally known as the Monas to Budi Kemuliaan Street - Abdul Muis Street - Gajah Mada Avenue and turn into Glodok area - Hayam Wuruk Avenue - West Medan Merdeka Street - RRI Building Office and return to Monas.

"The route is changed for runner safety due to MRT project on old routes," told Soelaiman here recently.

According to schedule, around 1,000 joint personnel will be deployed to guard and secure the race that would be enlivened by 35 thousands runners.

"These personnel are from the municipal police,  transportation department, police and community organization," Mr Soeleiman said.

Jakarta Sports and Youth Department has also prepared a door prize by 911 million rupiah. Later on, the race will be participated by 35 runners, they are 10 international runners, three sister city runners, and 20 national elite runners, consisting of 10 males and 10 women.