Jackie Chan Ditunjuk sebagai Duta Pariwisasta Indonesia

Indonesian Tourism Ministry Appointed Jackie Chan as Tourism Ambassador

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Jackie Chan Ditunjuk sebagai Duta Pariwisasta Indonesia
Jackie Chan bersama aktris Hollywood, Nicole Kidman pada ajang Chinese Oscars (Foto: MailOnline)

Jakarta (B2B) - Jackie Chan, aktor film laga Hong Kong ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi Duta Pariwisata Indonesia khusus untuk pasar China.

Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya mengatakan, pemerintah Indonesia akan secara resmi mengangkat aktor kawakan yang lahir di Victoria Peak, Hongkong, pada 7 April 1954, itu dalam waktu dekat.

"Penobatan secara resmi akan dilakukan pada 30 Agustus 2014, dalam acara China International Travelmart di Guang Zho," kata Niscaya, belum lama ini.

Pada kesempatan itu Jackie Chan yang sudah tampil dalam sedikitnya 100 judul film itu akan menyanyikan lagu Bengawan Solo yang selama ini dikenal publik secara luas di China.

Lagu Bengawan Solo versi Mandarin yang dinyanyikan Jackie Chan akan direkam dan bisa diunduh secara gratis di website cn.indonesia.travel.

Jackie yang juga penyanyi Cantopop dan Mandopop itu nantinya akan bertugas turut serta mempromosikan pariwisata Indonesia dalam setiap kegiatannya.

Pihaknya memilih aktor laga yang mendalami seni peran sejak era 1970-an tersebut mengingat kiprahnya yang telah begitu dikenal bahkan di dunia internasional.

"Ini akan sangat menguntungkan bagi Indonesia dan kami harapkan ini bisa membantu target untuk mampu menjaring 1 juta wisatawan dari Tiongkok tahun ini," katanya.

Promosi semacam itu, kata Nia, dinilainya efektif karena pemerintah Indonesia tidak perlu mengeluarkan dana apapun sebagai kompensasi terhadap duta yang ditunjuk.

Namun dampak yang ditimbulkannya relatif besar seperti ketika beberapa tahun lalu, pihaknya mengangkat ekonom dunia Phillip Kotler sebagai duta pariwisata Indonesia.

Jakarta (B2B) - Indonesian Tourism Ministry and Creative Economy was appointed Hong Kong action movie star, Jackie Chan, was appointed as Indonesian Tourism Ambassador for the Chinese market.

Director of Tourism Promotion of Foreign, Nia Niscaya said that the Indonesian government would be officially appointed Jackie Chan, born in Hong Kong, April 7, 1954, as Indonesian Tourism Ambassador immediately.

"The inauguration will be held on August 30, 2014, in China International Travelmart event in Guang Zho," said Nia recently.

On that occasion, Jackie who has appeared in 100 movies, will sing the song Bengawan Solo, which is popularly known to Chinese public.

The song Bengawan Solo, Chinese version, sung by Jackie Chan will be recorded and can be downloaded freely at the website cn.indonesia.travel.

Jackie who is also Cantopop and Mandopop singer will be in charge of promoting tourism in Indonesia as part of his activities.

The ministry chose the actor who had studied acting since the1970s, considering his action that is well-known even internationally.

"It will be very beneficial for Indonesia, and we hope to attract 1 million tourists from China this year," he noted.

Such promotion, said Nia, was effective because the Indonesian government did not need to spend any money as compensation to the designated ambassador.

However, its impact was relatively large when the ministry had appointed economist Philip Kotler as Indonesian Tourism Ambassador a few years ago.