Monas Akan Dikembangkan Ahok jadi Taman Parkir

Jakarta`s National Monument Will Become the Biggest Park and Ride

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Monas Akan Dikembangkan Ahok jadi Taman Parkir
Foto: istimewa

Jakarta (B2B) - Monuman Nasional (Monas) akan dikembangkan menjadi park and ride terbesar di Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk melakukan pengkajian.

"Monas bisa jadi park and ride terbesar di Jakarta. Itu kan ditengah kota, sangat cocok," kata Basuki yang akrab dipanggil Ahok, di Jakarta belum lama ini.

Ahok menginginkan penyediaan park and ride yang luas dapat mendorong pengguna kendaraan bermotor meninggalkan dan bersedia beralih ke angkutan umum dan dia akan mendorong PT Transjakarta untuk menambah armada bus.

"Kalau di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin macet pakir saja di situ. Pindah ke angkutan umum. Tapi tunggu kalau bus gratisnya cukup," ujarnya.

Selain itu, lanjut Basuki, pedagang kali lima (PKL) di kawasan tersebut akan berkembang. Para PKL akan ditata seperti di Lenggang Jakarta.

"Nantinya PKL juga hidup. Parkiran terbesar di Jakarta ada di Monas. Nggak ada di dunia di tengah kota ada park and ride," tandasnya.

Jakarta (B2B) - Jakarta Governor Basuki T. Purnama wanted the National Monument, locally known as the Monas, becomes the biggest park and ride in Indonesia capital, and he asked the regional working unit of Jakarta Provincial Government to conduct assessment.

"Monas could be the biggest park and ride. Moreover, it is located in middle of the city, it's very suitable," he said here recently.

Governor Basuki disclosed by providing extensive park and ride, will encourage the motorist to switch to public transport. Thus he will continue to contact Transjakarta Corp. to add more free buses.

"If Sudirman and Thamrin avenue are bogged down, just park there and turn to public transport," he said.

Jakarta Governor added that street vendor in such areas will be re-arranged like in Lenggang Jakarta.

"We would have the biggest parking lot in Monas. This is first time in the world," he said.