Banjir di Jakarta Paksa Ribuan Warga Mengungsi

17,569 Jakartans Take Refuge after Five Urban Villages Flooded

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Banjir di Jakarta Paksa Ribuan Warga Mengungsi
Foto: himpalaunas.com

Jakarta (B2B) - Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor sejak Rabu (19/11) kemarin membuat sejumlah wilayah di ibu kota terendam banjir. Akibatnya, sebanyak 17.569 warga terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Musyawardana, mengatakan, ada lima kelurahan di Jakarta yang terendam banjir, Kamis (20/11). Kelima kelurahan itu berada di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Ada lima kelurahan yang terendam banjir pagi ini. Sebanyak 17.569 warga terpaksa mengungsi," kata Bambang, Kamis (20/11).

Banjir merendam 4 RW di Kelurahan Rawajati dengan ketinggian 30-100 sentimeter. Sedangkan banjir di Kelurahan Pejaten Timur menggenangi 4 RW dengan ketinggian air 50-100 cm.

Kemudian di Kelurahan Bidara Cina, ada 3 RW yang tergenang. Sementara di Kelurahan Cawang ada 1 RW yang tergenang dengan ketinggian 0-200 cm. Banjir paling parah terjadi di Kelurahan Kampung Melayu. Sebanyak 8 RW terendam dengan ketinggian air 30-400 cm.

Warga yang rumahnya terendam banjir diungsikan ke gedung-gedung sekitar yang tidak terendam banjir, seperti Gelanggang Olahraga (GOR) atau masjid. Sementara di Kampung Melayu, warga diungsikan ke Kantor Sudin Kesehatan Jakarta Timur.

Diakui Bambang, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk memberikan bantuan. Selain itu, posko kesehatan dan dapur umum juga telah didirikan di tempat-tempat pengungsian. "Sudah kita koordinasikan. Dapur umum dan posko kesehatan sudah langsung didirikan untuk membantu warga," katanya.

Jakarta (B2B) - Around 17,569 people in the capital city had to take refuge after on Wednesday (11/19) heavy rain hit Puncak area, West Java.

“There are five urban villages flooded this morning. As many as 17,569 people in the capital city had to take refuge,” informed Head of Jakarta Disaster Mitigation Agency (BPBD), Bambang Musyawardana, Thursday (11/20).

The five urban villages are located four in East Jakarta and one in South Jakarta. Here are the details:

1. Kampung Melayu (East Jakarta): eight RWs flooded, water level reaches 30-400 centimeters.

2. Cawang (East Jakarta): water level 0-200 centimeters, one RW inundated.

3. Rawajati (East Jakarta): flood inundates four RWs with water level 30-100 centimeters.

4. Bidara Cina (East Jakarta): three RWs flooded.

5. Pejaten Timur (South Jakarta): three RWs flooded with water level 500-100 centimeters.

Those 17,569 flood victims are taking refuge in buildings around their settlements that do not affected by the flood, such as sports hall (GOR) or mosque. Particularly in Kampung Melayu, the flood victims are evacuated to the office of East Jakarta Health Sub-Department.

According to Musyawardana, his party has coordinated with related work units (SKPD) to distribute aid for flood victims.

“Public kitchens and healthcare posts have been set up to help the citizens,” he stated.