Banjir Diatasi Pemprov DKI Bangun Turap di Sepanjang Sungai

Jakarta Provincial Govt to Build Sheet Pile along the Rivers

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Banjir Diatasi Pemprov DKI Bangun Turap di Sepanjang Sungai
Pembangunan turap di sepanjang Sungai Ciliwung (Foto: merdeka.com)

Jakarta (B2B) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya mengatasi banjir di ibu kota. Selain menormalisasi saluran air, sungai, dan waduk, Pemprov DKI juga akan membangun sheet pile atau dinding turap beton di sepanjang aliran sungai di Jakarta.

"Kami bakal kejar. Misalnya seperti di Angke, kan masih banjir, kemudian di Grogol," kata Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI, Selasa (25/2).

Basuki mengaku, pihaknya telah mendesak agar lembaga pengadaan barang dan jasa pemerintah (LKPP) meminta sheet pile segera dimaksukkan ke dalam sistem e-catalog.

"Jadi kalau pengadaan barang, kita beli saja sheet pile-nya berapa lembar, kita pasang," ujarnya.

Selain memasang sheet pile, mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan juga akan menambah beberapa pompa untuk menyedot air dari sungai ke laut. Pasalnya, kata Basuki, pompa merupakan salah satu peralatan yang penting dalam penanganan banjir di Jakarta.

"Makanya pengadaan pompa juga akan masuk e-catalog agar semua cepat selesai," ungkapnya.

Sekadar diketahui, Pemprov DKI tengah menggenjot rencana normalisasi sungai-sungai dan waduk di ibu kota. Program tersebut merupakan salah satu cara untuk mengatasi banjir di Jakarta.

 

Jakarta (B2B) - Besides normalizing water channel, Jakarta Provincial Government is also building a sheet pile along the river in Jakarta. It aims to minimize flooding.

"As the initial stage, the project will be realized in Angke and continued with Grogol," said Jakarta Vice Governor, Basuki T Purnama, Tuesday (2/25).

Basuki urged the Government Procurement Regulatory Body (LKPP) to include the project in e-catalog system.

"If it`s goods procurement, we just buy the sheet pile and then installed," he expressed.

His party will also build some pumps to suck up water from the river to the sea. The pumps is one of the important equipments in flood handling in Jakarta.

"Therefore, pump procurement must be included in e-catalog system. Thus all can be done faster," he explained.

As known, Jakarta government is intensifying normalization project in the rivers and dams in the capital. It is one of ways to anticipate flood.