Tarif Tiket Penerbangan Domestik Indonesia Termurah ke-7 dari 75 Negara

Indonesia has the Seventh Cheapest Domestic Flights Out of 75 Countries

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Tarif Tiket Penerbangan Domestik Indonesia Termurah ke-7 dari 75 Negara
Tabel tarif penerbangan domestik (kiri) kabin pesawat dan tarif penerbangan internasional (Foto: B2B/Mac & Tabel: MailOnline)

INDEKS terbaru tentang tarif tiket pesawat terbang komersial mengungkap negara-negara dengan harga tiket termurah dan termahal di dunia.

Untuk penerbangan domestik, maskapai India tercatat sebagai termurah dengan tarif tiket hanya Rp35.000 per 100 km. Indonesia di peringkat ketujuh, dengan tarif Rp70.000 per 100 km di bawah Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Portugal, dan Brazil.

Sementara tarif tiket domestik termahal ditempati Uni Emirat Arab (UEA) dengan tarif Rp2.802.800 per 100 km.

Indeks ini diciptakan secara online oleh agen perjalanan kiwi.com.

Indeks tarif ini menguak tarif tiket lebih dari satu juta rute penerbangan dari 75 negara di seluruh dunia, menghitung tarif per 100 km untuk penerbangan domestik dan internasional termasuk penerbangan murah.

Untuk penerbangan domestik, maskapai penerbangan India berbiaya murah sebagai tarif terendah dan maskapai UEA sebagai tarif domestik termahal di dunia.

Ini mungkin disebabkan metodologi - penerbangan domestik dihitung dengan mencari rata-rata biaya penerbangan dari ibukota negara hingga ke lima kota besar di dalam negeri, atau kota besar di negara tetangga di mana tidak ada penerbangan domestik yang tersedia.

Maskapai Inggris yang ternyata lebih mahal dari AS dan termurah keempat di dunia untuk penerbangan domestik tentu sangat mengejutkan mengingat kurs mata uang poundsterling tergolong tertinggi di dunia.

Namun, untuk penerbangan internasional, yang dihitung dari ibukota masing-masing negara untuk mencapai lima hub internasional dalam benua yang sama, China tercatat sebagai yang termurah sementara tidak ada maskapai Indonesia masuk indeks untuk penerbangan internasional.

Maskapai berbiaya rendah hanya mengenakan tarif tiket rata-rata hanya Rp18.000 per 100 km sedangkan maskapai reguler menetapkan tarif Rp43.800 per 100 km.

Penerbangan internasional termahal di dunia adalah maskapai Kanada.

Maskapai bertarif rendah Canadian mengenakan tarif rata-rata Rp675.400 per 100 km sedangkan maskapai reguler tarifnya Rp1.462.800 per 100 km, seperti dilansir MailOnline.

A NEW PRICE index has revealed the countries with the cheapest and most expensive air fares in the world.

For domestic travel, India has the cheapest flights with each 100km costing just £1.75.

On the opposite end of the scale, the UAE has some of the most expensive domestic flights with the cheapest option costing a staggering £140.14 per 100km.

The index was created by online travel agency kiwi.com.

It looked at the cost of over one million flights for 75 countries around the world, working out the cost per 100km for domestic and international travel with low cost and legacy airlines.

For the domestic flights, India's low cost airlines and legacy airlines were the cheapest while the offerings from the UAE were the most expensive.

This may be attributed to the methodology - domestic flights were calculated by finding an average of flight costs from the country’s capital to up to five major cities within the country, or a major city in a neighbouring country where no domestic flights were available.

Brits who find flying in the UK expensive might be surprised to learn that it's actually the fourth cheapest for domestic flights - after the USA.

However, for international flights, which was calculated from the capital of each country to up to five international hubs within the same continent, China had the cheapest flights.

Its low cost carriers charge an average of just 94p per 100km while its legacy airlines charged £2.19 per 100km.

International flights with Canadian airlines were the most expensive.

The Canadian low cost carriers charged an average of £33.77 per 100km while its legacy airlines cost £73.14 per 100km.