Nuffic NESO Indonesia Tawarkan Beasiswa Kuliah di Belanda

Scholarship from Netherlands Govt for Indonesian Students

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Nuffic NESO Indonesia Tawarkan Beasiswa Kuliah di Belanda
Nuffic NESO Indonesia menggelar Dutch Scholarship Info Session di Surabaya pada Selasa (22/12) yang diikuti oleh mahasiswa dan profesional muda di Universitas Airlangga, dan Direktur Nuffic NESO Indonesia, Mervin Bakker (inset) Foto2: istimewa

Jakarta (B2B) - Lembaga pendidikan perguruan tinggi Belanda, The Netherlands Education Support Office (Nuffic NESO Indonesia) mendorong calon mahasiswa Indonesia untuk mencoba jalur beasiswa perguruan tinggi untuk mengikuti kuliah di Belanda (StuNed) yang khusus ditujukan kepada pelajar Indonesia yang ingin meraih gelar master atau program pelatihan singkat (short course).

"Beasiswa ini didanai oleh Pemerintah Belanda dengan seleksi berbasis prestasi yang berfokus pada keunggulan akademik, jenjang karier, penghargaan dan prestasi penting lainnya dan keterkaitan dengan area prioritas kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda," kata Direktur Nuffic NESO Indonesia, Mervin Bakker melalui keterangan tertulisnya.

Menurutnya, Nuffic NESO Indonesia menggelar Dutch Scholarship Info Session di Surabaya pada Selasa (22/12) yang diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa dan profesional muda di Universitas Airlangga, untuk mendapatkan informasi tentang kesempatan kuliah di Belanda pada berbagai bidang studi yang termasuk dalam program internasional.

"Belanda memiliki kualitas pendidikan tinggi kelas dunia dan berlingkungan internasional. Para mahasiswa dapat memperluas jaringan hingga ke benua lainnya dengan 2.100 program internasional dalam bahasa Inggris memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengasah kemampuan interaksi dengan keragaman budaya yang menjadi bekal penting untuk menghadapi persaingan global," kata Mervin Bakker.

Dia menilai sudah sudah saatnya pemuda Indonesia mengambil tempat untuk berkontribusi tidak hanya dalam skala nasional saja namun juga skala dunia.

“Komponen utama persaingan global adalah pengalaman global itu sendiri. Tidak hanya di  bidang akademis namun perkembangan diri di era ini. Tersedianya beasiswa secara pasti menjadi cara dan jalan untuk mencapainya,” kata Wakil Ketua Internasional Office, Margareta.

Pendaftaran beasiswa StuNed untuk program master ditutup pada 1 April 2016, dan program Short Course ditutup pada 1 Oktober 2016. Persyaratan utama untuk pendaftaran StuNed adalah, pelamar harus sudah memiliki surat penerimaan dari universitas di Belanda. Informasi lebih rinci mengenai StuNed dapat dilihat di: www.nesoindonesia.or.id/stuned. Calon mahasiswa Indonesia juga dapat menghubungi staf Nuffic NESO Indonesia untuk konseling gratis.

Jakarta (B2B) - The Netherlands Education Support Office (Nuffic Neso Indonesia) Indonesia encourages students to get a college scholarship in the Netherlands (StuNed) for Indonesian students for master's degree or short course program.

"Scholarship of of the Netherlands Government with a merit-based selection focus on academic skills, career path, achievements, with the priority of bilateral cooperation between Indonesia and Netherlands," said Director of Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker through his written statement.

According to him, Nuffic Neso Indonesia has held Dutch Scholarship Info Session in Surabaya on Tuesday (12/22) which was attended by 100 students and young professionals at the Airlangga University to get information about studying in Netherlands.

"The quality of universities in Holland an international standard as a world-class university. The student has an opportunity to expand the network to other continents with 2,100 international programs in English, which provides an opportunity for students to interact with the cultural diversity of the world as a preparation to face global competition," Mr Bakker said.

He considered that this is the best opportunity for Indonesian students to study in universities with international standards.

"A major component of global competition is a global experience. International college at the same time are always updated on the global situation. Scholarships provide opportunities to achieve all of that," said Vice Chairman of the International Office, Margareta.

StuNed registration for the master's program closed on April 1, 2016 and Short Course program was closed on October 1, 2016. The main requirements of StuNed that the applicant must have a letter of acceptance from the university in the Netherlands. More detailed information on StuNed can be found at: www.nesoindonesia.or.id/stuned. Indonesian students who are interested can contact the staff Nuffic Neso Indonesia for free counseling.