ERP Dipasang di Jl Rasuna Said untuk Jalani Uji Coba

Rasuna Said Avenue is Next ERP Trial Location in Jakarta

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


ERP Dipasang di Jl Rasuna Said untuk Jalani Uji Coba
Foto: istimewa

Jakarta (B2B) - Setelah sukses melakukan uji coba jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Sudirman, uji coba serupa akan dilakukan di Jalan Rasuna Said. Rencananya uji coba kedua ini akan dilakukan pada September mendatang. Saat ini, tengah dilakukan proses pembuatan gerbang atau gate oleh perusahaan asal Norwegia, yaitu Q-Free.

"Uji coba ERP oleh Q-Free akan dilaksanakan pada bulan September," kata M Akbar, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI di Balaikota DKI Jakarta, belum lama ini.

Menurut Akbar, PT Q-Free telah membuat pondasi untuk membangun gerbang untuk ERP, tepatnya di depan Setiabudi Building, Jalan Rasuna Said. Rencananya, pelaksanaan uji coba ERP akan dilaksanakan dari arah Mampang menuju Menteng.

Akbar menambahkan penerapan uji coba di Jalan Rasuna Said tidak ada bedanya dengan di Jalan Jendral Sudirman. Hal ini dikarenakan, kendaraan tetap melintasi gerbang ERP dengan menggunakan On Board Unit (OBU). Hanya ada satu gerbang ERP dalam uji coba di Jalan Rasuna Said tersebut.

"Ini hanya menguji alatnya saja, dan melihat kondisi lalu lintas. Karena menguji alat kita mencari lokasi yang benar, dari sisi gangguan frekuensi bersih seperti itu. Ini uji coba kedua," ujarnya.

Dari hasil uji coba ERP yang dilakukan akan menjadi pertimbangan Dishub DKI dalam melaksanakan uji coba ERP di Jakarta. Menurutnya, belum ada evaluasi dari uji coba ERP yang dilaksanakan di Jalan Jendral Sudirman 15 Juli lalu dengan lokasi uji coba di depan Gedung Bank Panin, Jalan Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang dilakukan oleh PT Kapsch.

Jakarta (B2B) - After the trial of Electronic Road Pricing (ERP) system on Jenderal Sudirman Avenue went successful, the system will be tested again on Rasuna Said Avenue, South Jakarta, in upcoming September. At this time, a Norwegian company named Q-Free is building the ERP gate.

“Q-Free has made foundations for ERP gate in front of Setiabudi Building on Rasuna Said Avenue. The trial will be carried out in September, on the lane from Mampang towards Menteng,” stated Head of Jakarta Transportation Department, Muhammad Akbar, recently.

According to Akbar, ERP trial on Jalan Rasuna Said will be the same with the one on Jenderal Sudirman Avenue. The vehicles remain passing ERP gate using On Board Unit (OBU).

“This is only testing the device and seeing the condition of the traffic. We’re testing our device to find the right location in terms of free-frequency disturbances,” he uttered.

The results of these ERP trials will be evaluated by Jakarta Transportation Department. But at this time, there is no result yet from the trial done on Jenderal Sudirman Avenue, which started on July 15 and located in front of Panin Bank Building. In this location, the company carrying out the ERP trial is PT Kapsch.