15 Pati TNI Naik Pangkat, Panglima TNI: "Jangan Seperti di Menara Gading"

Indonesian`s Armed Forces Commander Reminded Senior Officers to Work for the People

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


15 Pati TNI Naik Pangkat, Panglima TNI: "Jangan Seperti di Menara Gading"
Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kiri) dan menyalami para perwira tinggi TNI yang naik pangkat (Foto2: Puspen TNI)

Jakarta (B2B) - Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan bahwa semakin tinggi pangkat yang disandang seorang perwira maka semakin tinggi pula tuntutan tanggung jawab atas pelaksanaan tugas yang diembannya.

"Ini makna penting yang harus saya ingatkan dan tekankan, supaya seorang perwira tinggi tidak lagi duduk di menara gading, tetapi juga harus bekerja keras dalam rangka mencapai tugas pokok yang diembankan kepadanya," kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat menerima kenaikan pangkat 15 perwira tinggi (Pati) TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (9/11).

Menurutnya, kenaikan pangkat pada hakekatnya merupakan wujud penghargaan negara dan TNI kepada para prajuritnya, atas prestasi dan pengabdiannya kepada negara dan bangsa.

Ke-15 Pati yang naik pangkat, enam Pati dari TNI AD, empat Pati dari TNI AL, dan lima Pati TNI AU antara lain Letnan Jenderal TNI Wayan Midhio yang menjabat Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Laksamana Muda (Laksda) TNI Ir Bambang Nariyono yang menjabat Tenaga Ahli Pengkaji Wasantara Lemhannas, dan Marsekal Madya (Marsdya) TNI Hadiyan Sumintaatmadja kini menjabat Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakasau).

"Harus senantiasa diingat bahwa kenaikan pangkat adalah kepercayaan dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, dan nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, atas apa yang dilakukan dan yang tidak dilakukan. Jadi, tidak boleh ada yang main-main dengan pangkat bintang yang saat ini para perwira sandang”, kata Panglima TNI.

Jakarta (B2B) - Indonesian's Armed Forces Commander Gen. Gatot Nurmantyo warned that the higher rank of military officers will be higher responsibility in their duties.

"I reminded military officers do not like being in an ivory tower, but had to work hard to implement its responsibilities," said Gen. Gatot Nurmantyo to 15 senior officers were promoted at the Cilangkap Headquarters of East Jakarta on Monday (11/9).

According to him, preferment is a form of state and military awards to soldiers, for his achievements and dedication to the state and nation.

The 15 senior officers were promoted, six of the Army, four of the Navy, and five of the Air Force  among others, Lt. Gen. Wayan Midhio as Chancellor of Indonesian Defense University, Rear Admiral Bambang Nariyono who served as experts of National Defense Institute, Vice Marshal Hadiyan Sumintaatmadja as Deputy Chief of Staff of Indonesian Air Force.