Balap Sapi Pacu Jawi di Sumbar jadi Sorotan Media Asing

Farmers Bite Their Cows to Make Them Go Faster as They Compete in Traditional Indonesian Race

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Balap Sapi Pacu Jawi di Sumbar jadi Sorotan Media Asing
Bahkan ada joki yang bertindak nekat, dengan berpegang pada ekor sapi dia kemudian menggigit ekor sapi yang berada di sebelahnya (Foto2: MailOnline)

TIDAK ada kekhawatiran terhadap ancaman terhadap kesehatan dan keselamatan di antara para petani dan penonton.

Adrenalin penonton terpacu menyaksikan balapan sapi di Sumatera Barat dan membuat mereka takut menyaksikan persaingan di medan berlumpur ketika dua pasang sapi bersaing memacu kecepatan.

Lomba tradisional unik ini disebut Pacu Jawi untuk menandai akhir musim panen padi di Sumatera Barat yang berlangsung sejak 400 tahun lalu.

Sapi-sapi yang berlomba diikat dengan kayu tipis yang menjadi semacam tali kekang bagi joki untuk mengendalikan sapi berlari sekencang-kencangnya.

Para joki kerap melakukan tindakan ekstrim untuk memaksa sapinya untuk berlari sekencang mungkin melampaui lawan yang berada di dekatnya.

Bahkan ada joki yang bertindak nekat, dengan berpegang pada ekor sapi dia kemudian menggigit ekor sapi yang berada di sebelahnya.

Lomba balap sapi yang berlangsung dramatis juga menjadi ajang bagi petani untuk memperlihatkan kemampuan sapi mereka kepada pembeli untuk membeli sapi pemenang dengan harga berlipat ganda.

Namun, tentu saja, menang di lomba unik ini bukan tanpa risiko karena pada satu ketika sepasang sapi peserta lomba kesasar dan masuk kerumunan penonton seperti dilansir MailOnline.

THERE'S not much concern for health and safety among these farmers.

This adrenaline-fuelled Indonesian tradition sees fearless competitors dragged through a muddy field while clinging on to the tails of two charging cows.

The bizarre competition is called Pacu Jawi and has marked the end of the rice season in West Sumatra for more than 400 years.

The cows are fitted with a thin wooden frame which the jockeys then balance on from behind.

The riders can often find themselves stretched to the extreme as the animals pull them apart in different directions.

With their hands occupied, they encourage their cows to go faster by biting their tails.

The dramatic race allows farmers to show off their cattle to potential buyers with winners expecting to sell their animals for double the money.

But, of course, the race is not without its dangers and at one point two of the runaway cows ran straight into the crowd.