Transjakarta e-Ticket Fase Pertama di Cawang, Pasar Minggu and Jatinegara

Transjakarta e-Ticket Prioritized in Cawang, Pasar Minggu and Jatinegara

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Transjakarta e-Ticket Fase Pertama di Cawang, Pasar Minggu and Jatinegara
Foto: ahok.org

Jakarta (B2B) - Tiket bus Transjakarta akan terintegrasi dengan moda transportasi ibu kota lainnya seperti Commuterline/KRL dan Mass Rapid Transit (MRT). Halte bus Transjakarta yang direncanakan akan terintegrasi tersebut akan diprioritaskan pada dua bagian.

Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius Kosasih mengatakan prioritas pertama pada Stasiun Cawang, Pasar Minggu dan Jatinegara. Kedua, akan berada tepat di Stasiun Manggarai, Juanda dan Sudirman.

Kendati demikian, rencana tiket tunggal yang terintegrasi tersebut, saat ini belum dapat direalisasikan lantaran harus berkoordinasi dengan pihak Bank Indonesia. Sebab, menurutnya, penerapan tersebut dianggap sebagai sebuah uang elektronik yang disimpan di dalam kartu.

"Karena untuk itu, harus ada izin dari BI. Karena dianggap uang elektronik yang disimpan dalam kartu. Nah itu kita akan koordinasikan," ucapnya.

Untuk mendapatkan tiket tersebut, nantinya penumpang hanya cukup untuk melakukan top-up di bank-bank yang telah ditentukan atau juga bisa melakukannya di stasiun-stasiun yang akan terintegrasi. Upaya pengadaan tiket tersebut, akan diupayakan oleh pihak PT Transjakarta guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta untuk mencegah potensi-potensi kebocoran keuangan.

Jakarta (B2B) - TransJakarta bus ticket will be integrated with other transportation modes, such as Commuter Line (CL) and Mass Rapid Transit (MRT). The implementation of TransJakarta bus e-ticket integration will be prioritized in two parts. 

PT Transjakarta President Director, Antonius Kosasih stated that part one is Cawang Station, Pasar Minggu TransJakarta Bus Stop, and Jatinegara TransJakarta Bus Stop. Meanwhile, the second part is Manggarai Station, Juanda TransJakarta Bus Stop, and Sudirman TransJakarta Bus Stop.

According to Kosasih, this plan still needs to be coordinated with the Bank of Indonesia (BI) since the e-ticket is considered as an amount of money saved in a card.

“Because of that, there should be permission from BI. That’s what we’ll coordinate,” he uttered.

To get TransJakarta bus e-ticket, passengers only need to top up in determined banks or integrated stations. This e-ticket procurement aims to avoid undesirable things and prevent financial leakage.