Panglima TNI Pastikan Penghargaan Inovasi Teknologi Bukan Sekadar Seremoni

Indonesian Military to Develop Innovative Technologies to Overcome dependency of Foreign Products

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Panglima TNI Pastikan Penghargaan Inovasi Teknologi Bukan Sekadar Seremoni
Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi (Foto: istimewa)

Jakarta (B2B) - Markas Besar TNI memastikan untuk menindaklanjuti inovasi teknologi yang dikembangkan oleh satuan militer dan masyarakat umum untuk kepentingan pertahanan dan keamanan nasional, dan tidak akan berhenti pada tahap penghargaan atau sekadar seremoni karena inovasi tersebut bermanfaat untuk mengurai ketergantungan TNI pada alat utama sistem persenjataan (Alutsista) buatan asing

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan hal itu saat memberikan penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 kepada 10 pemenang lomba penghargaan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Minggu malam. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh musisi legendaris Iwan Fals, Fitri Carlina dan penampilan joget dari prajurit TNI, serta pertunjukan video mapping. 

"Saya pastikan inovasi-inovasi yang kita temukan ini pasti akan kita tindak lanjuti. Mengurai ketergantungan dan harga murah. Panglima TNI jamin sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia pasti akan dikembangkan," kata Jenderal Moeldoko.

Moeldoko mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai apresiasi kepada satuan militer maupun masyarakat umum, yang telah mengembangkan produk-produk inovatif. "Terima kasih kepada para inovator baru yang mampu menghasilkan karya luar biasa untuk kepentingan TNI dan bangsa," ucap dia.

Ada 3 kategori yang dilombakan yakni inovasi teknologi, inovasi pendekatan kemanusiaan, dan inovasi SDM. Adapun penghargaan yang diberikan, yakni 3 penghargaan alutsista TNI, 3 non-alutsista, 2 penghargaan ko-inovasi TNI dan pemerintah daerah, 2 penghargaan ko-inovasi TNI dan individu/tim/organisasi/lembaga publik di luar TNI.

Jakarta (B2B) - Indonesian Military to develop innovative technologies to ensure the public and the military units for defense and national security, and not just a ceremony, because it will be helpful to reduce Indonesia's dependence on military technology from abroad.

Indonesian Armed Forces Chief Gen. Moeldoko, who uses a single name, affirms it after gave awards to 10 best technology innovators  Indonesia's military headquarters in here on Sunday evening, and also attended legendary musician Iwan Fals.

"I am sure that the Indonesian military will develop this technology innovations to address Indonesia's dependence on military weapons systems from abroad." 

Moeldoko said, the goal of awards as an appreciation of technology innovators. Thanks to technological innovation for the progress of the Indonesian military.

There are three categories of competition ie humanitarian approach to innovation, and innovation of human resources. The award given is the category of military weaponry, non-military weapons, military co-innovation, local governments, and individual / team / public agencies outside the military.