Minimarket Ditertibkan, Menkop Puspayoga Dukung Langkah Wagub DKI

Minister Puspayoga Support Controlling Illegal Minimarket in Jakarta

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Minimarket Ditertibkan, Menkop Puspayoga Dukung Langkah Wagub DKI
Wagub DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat (kiri) dan Menkop UKM, AAGN Puspayoga (kanan) menjawab pertanyaan wartawan (Foto: tribunnews.com)

Jakarta (B2B) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, AAGN Puspayoga mendukung rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat yang akan menutup minimarket ilegal di seluruh Jakarta.

Dikatakan Puspayoga, keberadaan minimarket di ibu kota juga berkaitan dengan ekonomi kerakyatan, sehingga keberadaannya memang harus ditata dengan baik.

"Kebijakan beliau (Djarot) saya dukung. ‎Pasar modern yang tak berizin akan ditata itu berguna untuk ekonomi kerakyatan dan itu kebijakan luar biasa," ujar Puspayoga, seusai bertemu Djarot di Balaikota DKI, belum lama ini.

Tak hanya itu, Puspayoga juga memuji langkah Djarot yang akan memasukan produk UKM ke minimarket. Pihaknya mengaku siap bekerjasama memberikan pelatihan kepada kalangan UKM. Karena produk UKM yang akan dimasukan ke minimarket harus memenuhi beberapa persyaratan.

"Itu memberikan peluang pada hasil-hasil UKM, kami dukung dan hasilnya harus memenuhi persyaratan seperti higienis, tanggal kadaluarsa ada kontennya," katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat mengatakan, kerjasama untuk pembinaan UKM akan dimulai tahun ini. Pihaknya akan mendata terlebih dahulu jumlah dan produk UKM yang ada di ibu kota.

"Kita akan selesaikan masalah UKM di Jakarta dulu, kita sepakat DKI jadi pilot project," katanya.

Mantan Walikota Blitar ini menyebutkan, nantinya semua UKM akan mendapatkan pelatihan, namun secara bertahap.

"Kita inventarisir, dari situ kita kan bisa memilih mana yang paling bagus. Tidak ada anak emas, anak tiri, semua sama. Dan ini sebagai motivasi bagi mereka untuk melakukan yang terbaik," tandasnya.

Jakarta (B2B) - Indonesian Minister of Cooperatives and Small and Medium Enterprises Agung Ngurah Puspayoga Gedhe gives support to the plans of Jakarta Deputy Governor, Djarot Saiful Hidayat to shut down the illegal minimarket.

Minister said the minimarket existence in the capital is also associated with the social economy, so the it must be managed well.

"I support his (Djarot) policy. The unlicensed modern market will be laid for the economy and it is an exceptional policy," said Puspayoga, during his met with Djarot at City Hall, recently.

Not only that, he also praised Djarot steps of including the UKM product in minimarket. His side claimed to be ready cooperate in provide training to the UKM, because the UKM products that will be included into minimarket must meet several requirements.

"It gives an opportunity to the UKM product, we support and the results must meet requirements such as hygienic, and there must expiration date content," he added.

Jakarta Deputy Governor, Djarot Saiful Hidajat stated the cooperation for UKM development will begin this year. His side will record UKM amount and products in the capital.
"We will solve the problem of UKM in Jakarta first, we agreed the city to become a pilot project," he stated.

Former Mayor of Blitar mentioned, all UKM will receive training gradually.

"We still inventorying, from there we can choose the best. There is no special UKM, all will get the same. And this is a motivation for them to do their best," he disclosed.