Lembaga Sertifikasi Perawat Segera Dibentuk untuk Kepentingan TKI

Indonesian Govt to Establish International Nurse Certification Institution, Says Minister

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Lembaga Sertifikasi Perawat Segera Dibentuk untuk Kepentingan TKI
Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek (Foto: istimewa)

Jakarta (B2B) - Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan kualitas tenaga perawat dengan membentuk lembaga sertifikat khusus untuk perawat yang akan bekerja ke luar negeri.

"Tentu harus ada suatu pengakuan internasional yang harus kita selesaikan, bahwa kita (Indonesia) akan mengirimkan tenaga perawat dan 'care giver' ke luar negeri setelah mendapatkan tambahan kualitas sesuai kebutuhan negara tujuan," kata Menkes di Jakarta pada Selasa (26/1).

Dia mengatakan selama ini banyak negara sahabat menginginkan tenaga perawat dan 'care giver' (pengasuh lansia) dari Indonesia untuk bekerja di sana.

"Sebenarnya banyak negara yang meminta tenaga perawat kita, seperti Amerika Serikat dan Qatar. Kalau yang sudah menjalin kerja sama itu dengan Jepang," tambahnya.

Jakarta (B2B) - Indonesian Health Minister Nila F Moeloek said the government will establish an institution to assess and issue certify nurses who plan to work abroad, and it will help the paramedics improve their quality.

"Of course, there should be international recognition for our nurses and care givers to work abroad," Mr Moeloek said here on Tuesday (1/26).

She said many friendly countries want nurses and care givers from Indonesia to work there.

"Countries like the United States and Qatar, are asking to recruit our nurses" she added.