Pantai Penuh Sampah, Foto Memalukan Pariwisata Indonesia di Media Asing

Shocking Picture Shows Indonesia`s Most Famous Surfer Gliding through Trash-filled Wave

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pantai Penuh Sampah, Foto Memalukan Pariwisata Indonesia di Media Asing
Foto ini diambil di lepas pantai Jawa di Indonesia dan menunjukkan surfer paling terkenal di negara itu Dede Suryana meluncur melalui gelombang laut besar penuh sampah (Foto: MailOnline)

BERSELANCAR di atas ombak laut merupakan salah satu olahraga yang paling fotogenik di dunia, dan lazim dilakukan di pantai-pantai yang eksotis.

Namun, dari foto yang mencengangkan ini menunjukkan, surfing tidak selalu glamor.

Foto itu diambil di lepas pantai Jawa di Indonesia dan menunjukkan surfer paling terkenal di negara itu Dede Suryana meluncur melalui gelombang laut besar penuh sampah.

Peselancar berusia 28 tahun ini terlihat anggun dan percaya diri meniti buih laut sementara gelombang laut bercampur sampah melintasi kepalanya.

Foto mengejutkan ini karya fotografer surfing Zak Noyle yang keliling dunia mengumpulkan foto-foto tentang berselancar.

Dia mengatakan: 'sampah itu tiba-tiba muncul sementara kami berada di bawah ombak besar, termasuk batang pohon hampir seukuran mobil, banyak bungkus makanan dan botol juga, kami bahkan melihat bola mengambang di antara sampah tersebut.'

"Saya terus berpikir apakah saya akan melihat bangkai hewan atau sesuatu yang aneh turut mengambang oleh.'

Meskipun terkenal dengan keindahan alamnya, Indonesia terkenal dengan sungai dan perairan lautnya dipenuhi sampah, seperti dilansir MailOnline.

Seperti dilansir National Geographic, Sungai Citarum dipenuhi sampah dan sangat pekat sehingga sulit membayangkan ikan dapat hidup di situ.

Satwa laut - seperti ikan dan kura-kura - sering terjebak setelah mengira kantong plastik adalah makanan. Hal ini juga menciptakan problems bagi manusia karena ikan yang ditangkap oleh nelayan diduga telah tercemar.

Kemudian racun berbahaya kemudian diserap tubuh oleh orang-orang yang makan ikan.

IT IS ONE of the world's most photogenic sports, often taking place in exotic locations.

But, as this worrying picture shows, surfing is not always that glamorous.

The picture was taken off the coast of Java in Indonesia and shows the country's most famous surfer Dede Suryana gliding through an enormous trash-filled wave.

The 28-year-old looks poised and balanced as bits of debris and trash roll over the top of him.

The incredible picture was captured by surf photographer Zak Noyle who searches the world looking for the perfect surfing pictures.

He said: 'The trash suddenly showed up while we were out in the water in a large mass, including tree trunks the size of cars, lots of food wrappers and bottles as well, we even saw soccer balls floating amongst the debris.

'I kept on thinking I would be seeing a body of some type of animal or something float by.'

Despite its natural beauty, Indonesia is well known for its rubbish-filled water.

As reported by National Geographic, the Citarum River has so much garbage floating in it that you cannot see the water, making it impossible to fish in.

Marine wildlife - such as fish and turtles - often get into difficulty because they mistake plastic bags for food. This also creates prfoblems for humans as the fish which are captured by fishermen often contain high levels of chemical toxins .

These harmful toxins are then absorbed by people who eat the fish.