15 Juli, ERP akan Jalani Uji Coba di Jl Sudirman Jakarta

Jakarta Provincial Govt Will Testing ERP on 15 July

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


15 Juli, ERP akan Jalani Uji Coba di Jl Sudirman Jakarta
Fasilitas ERP di Singapura (Foto: straitstimes.com)

Jakarta (B2B) - Gerbang Electronic Road Pricing (ERP) yang telah dipasang sejak Kamis malam (3/7) di depan gedung Panin Bank, Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Rencananya, Selasa (15/7), gerbang yang dibuat oleh perusahaan asal Swedia, Kapsch tersebut siap digunakan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, pemasangan gerbang ERP akan dilakukan selama satu pekan. Dengan demikian, pada tanggal 15 Juli mendatang gerbang tersebut siap untuk diuji coba.

"Diharapkan uji coba ERP akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli atau sekitar tanggal 15 Juli mendatang," kata Akbar, Jumat (4/7).

Gerbang yang sudah terpasang adalah sisi barat atau lajur yang mengarah ke Semanggi. Sementara untuk sisi timur baru akan dipasang hari ini, Jumat (4/7) malam. "Sudah terpasang satu yang sisi barat, bentuknya sudah terlihat seperti gerbang ERP di kota-kota lainnya," ujar Akbar.

Dikatakan Akbar, dalam gerbang ERP ada tiga mesin yang dipasang untuk mendeteksi On Board Unit (OBU) yang dipasang di setiap kendaraan. Tiga mesin itu meliputi VDC Passage (sensor untuk mendeteksi jenis kendaraan), VR sensor (kamera yang bisa mengambil gambar plat nomor kendaraan kalau melanggar aturan atau sisi pengawasan), dan yang terakhir adalah Transceivers (penerima data dari OBU).

Dalam masa uji coba, sebanyak 50 kendaraan yang akan dipasangkan OBU. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mesin-mesin yang berada di gerbang ERP bisa mendeteksi kendaraan yang dipasang OBU. Uji coba penerapan ERP itu dilaksanakan pada tiga sampai enam bulan.

Jakarta (B2B) - Jakarta Provincial Government has been installed of Electronic Road Pricing (ERP) gate in front of Panin Bank, Jalan Sudirman, Central Jakarta, has been done last night, Thursday (7/3). It is scheduled that the gate made by a Swedish company, Kapsch, to be used on Tuesday (7/15).

“ERP gates installation will be done for a week. And on July 15, ERP will be tested. The gate which has been installed is the one on the west side heading Semanggi. As for the gate on the east side, it will be installed today,” stated Head of Jakarta Transportation Department, M Akbar, Friday (7/4).

According to Akbar, in the ERP gate, there are three machines installed to detect On Board Unit (OBU) installed in vehicles. Those machines are VDC Passage (censor to detect type of vehicle), VR censor (camera to take plat number pictures of vehicles violating the rule), and Transceivers (data receiver from OBU).

Later, the vehicles which have installed OBU will have their balance cut whenever passing ERP area. As for vehicles which have not installed OBU, they will be directly detected and got their police plat numbers recorded to be ticketed afterwards.

In trial period, 50 vehicles will be installed with OBU to know whether the machines installed in ERP gates could detect the device. The trial itself will be conducted for three to six months.