Garuda Indonesia Terpilih sebagai 10 Maskapai Terbaik Sejagat

Garuda Indonesia Listed the 10 Best Airlines Globally

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Garuda Indonesia Terpilih sebagai 10 Maskapai Terbaik Sejagat
Cathay Pacific sebagai penerbangan terbaik tapi berada di peringkat kedua di kategori Awak Kabin Terbaik, setelah Garuda Indonesia. (Foto & Tabel: beritatrans.com & MailOnline)

GARUDA Indonesia tercatat di urutan ketujuh sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia oleh The World Airline Awards, dan jawaranya adalah Cathay Pacific di urutan pertama.

Berbasis di Hong Kong Cathay Pacific mengalahkan pemenang tahun lalu Emirates sebagai maskapai terbaik di dunia, setelah dipilih oleh jutaan para penumpang dari seluruh dunia.

Ini adalah kontes tahunan untuk memilih maskapai terbaik di dunia, seperti dilansir MailOnline.

Hanya dua dari 10 maskapai penerbangan di Eropa, Turkish Airlines di tempat kelima dan Lufthansa sebagai juru kunci.

Selebihnya didominasi maskapai dari Timur Tengah dan Asiana Airlines, bahkan maskapai favorit dari Australia, Qantas tidak masuk daftar terbaik. Sayangnya, MailOnline tidak menyebut Garuda Indonesia, dipikir dari Timur Tengah juga padahal berada di kawasan Asia Tenggara.

Namun, bisnis penerbangan Inggris mendapat pelipur lara, dengan masuknya maskapai penerbangan charter, pada kategori Top 10 Leisure Airlines.

Thomas Cook di tempat keempat, Monarch kelima dalam kategori penerbangan wisata.

Dan di kategori penerbangan murah, maskapai dari Asia dan Amerika mendominasi daftar termurah.

Sementara EasyJet berada di posisi keenam, Ryanair tidak di atas 10 sama sekali.

Air Asia dan Air Asia X di peringkat pertama dan kedua untuk maskapai termurah, diikuti oleh Norwegia, maskapai yang saat ini bikin heboh dengan tawaran penerbangan dari London ke AS hanya 149 poundsterling sekali terbang.

Namun maskapai terhebat adalah Cathay Pacific, dengan kemenangan pertama di kategori yang paling bergengsi dan masuk daftar dalam lima tahun berturut-turut.

Cathay Pacific juga berada di peringkat kedua di kategori Awak Kabin Terbaik, setelah Garuda Indonesia. 

Singapura, Asiana Airlines dan Malaysia Airlines juga masuk ke lima besar untuk awak kabin, dan maskapai penerbangan Inggris kembali absen di daftar.

Atas prestasi gemilang tersebut, CEO Cathay Pacific, Ivan Chu mengatakan bahwa ia 'sangat bangga, baik untuk Cathay Pacific dan Hong Kong' untuk menerima kehormatan ini '.

Dia menambahkan: "Sebagai maskapai Hong Kong, kami sangat bangga diakui di pentas internasional dengan memenangkan penghargaan prestisius ini sekali lagi." 

'Penghargaan The World Best Airline adalah sangat penting bagi kami karena dipilih oleh hampir 19 juta pelancong dari seluruh dunia." 

"Terima kasih kepada mereka yang memilih kami!"

THE World Airline Awards named Cathay Pacific the best carrier in the world and listed the 10 best airlines globally - but not a single British carrier was mentioned.

Hong Kong-based Cathay Pacific beat last year’s winner Emirates to claim the title, which is decided by the votes of millions of travellers.

It is an annual celebration of the best airlines in the world, but British Airways failed to make the cut... yet again.

Just two of the top 10 airlines in the world were European, with Turkish Airlines taking fifth place and Lufthansa in tenth.

The rest of the list was dominated by Middle Eastern and Asian Airlines, with even Australian favourite Qantas failing to make the cut.

However, there was some UK success, with charter airline Thomson being named best leisure airline in the world.

Thomas Cook took fourth place, with Monarch in fifth in the leisure category.

And when it comes to low-cost airlines, Asian and American carriers dominated the list.

While easyJet came in sixth place, Ryanair wasn't in the top 10 at all.

Air Asia and Air Asia X took first and second place for budget carriers, followed by Norwegian, the airline currently making waves by offering flights from London to the US from £149 one way. 

But the champion of the awards was Cathay Pacific, with its first victory in the most prestigious category in five years. 

They also came second in the Best Cabin Crew category, behind Garuda Indonesia. 

Singapore, Asiana and Malaysia Airlines also made it into the top five for cabin crew, with British carriers once again conspicuously absent.

Collecting the award, Cathay Pacific Chief Executive Ivan Chu said that he was ‘extremely proud, for both Cathay Pacific and Hong Kong’ to receive this honour'. 

He added: 'As the home airline of Hong Kong, we take great pride in putting the city on the international stage by winning this prestigious award once again. 

'The World’s Best Airline award is particularly important to us because it was decided by the votes of close to 19 million travellers from around the world. 

'Thank you to everyone who voted for us!'