San Siro Bakal jadi Kenangan, AC Milan Rencanakan Stadion Baru

AC Milan Reveal Plans for New 48,000-seater Stadium

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


San Siro Bakal jadi Kenangan, AC Milan Rencanakan Stadion Baru
Klub mengatakan tim di belakang proyek pembangunannya telah meneliti lebih dari 70 stadion di seluruh dunia dan akan berbagi kesamaan dengan model stadion Inggris dalam hal akses dan keamanan (Foto2: MailOnline)

RAKSASA SEPAK BOLA Italia AC Milan mengumumkan rencana awal untuk stadion baru berkapasitas 48.000 penonton sekaligus upaya menjauhi stadion milik rival sekota Inter Milan.

Klub tersebut belum lama ini mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan tawaran untuk memanfaatkan lahan di Portello dan berharap dapat memulai pembangunannya pada 2018-2019.

Diperkirakan proyek, yang akan menyiapkan kembali pembangunan hotel, sekolah sepak bola dan restoran sekitarnya, akan menelan biaya hingga hingga 240 juta poundsterling.

Klub bergelar tujuh kali juara Piala Eropa saat ini memanfaatkan stadion milik sendiri, San Siro, sejak 1920 dan, setelah menjual tanah ke pemerintah kota Milan, terpaksa berbagi lahan dengan rival lokal Inter sejak 1947.

Stadion San Siro, yang menampung lebih dari 80.000 penonton, secara resmi berganti nama menjadi Stadion Giuseppe Meazza setelah striker Italia terkenal yang bermain untuk Inter dan AC Milan pada 1920, 30-an dan 40-an.

Stadion baru - yang dirancang oleh arsitek Arup, yang juga merancang Bayern Munich Allianz Arena dan Stadion Sarang Burung di Beijing - lokasinya hanya sekitar lima kilometer dari San Siro, seperti dilansir MailOnline.

Klub mengatakan tim di belakang proyek pembangunannya telah meneliti lebih dari 70 stadion di seluruh dunia dan akan berbagi kesamaan dengan model stadion Inggris dalam hal akses dan keamanan, sementara arsitek Emilio Faroldi mengatakan rencana stadion terinspirasi oleh Emirates Stadium Arsenal.

Milan mengumumkan bahwa mereka mendedikasikan untuk menyediakan stadion yang ramah lingkungan, yang akan dapat diakses oleh transportasi umum dalam upaya untuk mengurangi arus lalu lintas dan akan dikelilingi oleh kawasan hijau terbuka sepanjang tahun bagi umum.

Tempat baru akan dibuat agar terlihat lebih seperti sebuah bangunan dari lapangan sepak bola dan akan dirancang dengan cara memadukan pada arsitektur bangunan sekitarnya.

Tinggi stadion baru tidak akan lebih dari 30 meter, berbeda dengan San Siro yang tingginya 60m, dan bahkan akan memanfaatkan ruang bawah tanah hingga 10 meter di bawah permukaan tanah untuk mengurangi dampak visual perkotaan.

Teknologi terbaru dan bahan kedap suara akan digunakan dalam upaya untuk menjaga suara dari dalam stadion pada hari pertandingan seminimal mungkin terdengar ke luar stadion.

Persetujuan akhir dari rencana diharapkan rampung pada bulan Maret tahun ini.

ITALIAN GIANTS AC Milan have released initial plans for a new 48,000 capacity stadium with the club set to move away from the ground share with rivals Inter.

The club revealed earlier that they had made a bid for the land in the urban area of Portello and hope to open the ground in 2018-19.

It is estimated that the project, that will involve redevelopment of the area including a hotel, a sports college and surrounding restaurants, will cost up to £240million.

Seven-time European Cup winners Milan have played in their current home, the San Siro, since the 1920s and, after selling the ground to the city of Milan, began sharing with local rivals Inter in 1947.

The San Siro, which holds more than 80,000 spectators, was officially renamed the Giuseppe Meazza Stadium after the famous Italian striker that played for both Inter and AC Milan in the 1920, 30s and 40s.

The new stadium - by architects Arup, who also designed Bayern Munich's Allianz Arena and the Bird's Nest stadium in Beijing - would be located just two-and-a-half miles from the San Siro.

The club say the team behind the project studied more than 70 stadiums across the world and will share similarities with the English model in terms of access and security, while architect Emilio Faroldi says the stadium plan was inspired by Arsenal's Emirates Stadium.

Milan announced that they are dedicated to providing an environmentally friendly stadium, that will be accessible by public transport in an attempt to reduce traffic flow and would be surrounded by green areas open to the public all year round.

The new venue will be made to look more like a building than a football ground and will be designed in a way that blends seamlessly into the architecture of the surrounding buildings.

The height of the new stadium will not exceed 30m, in contrast to the San Siro which stands at 60m, and will even sit 10m below ground level to reduce the visual impact on the city.

The very latest technology and soundproof materials will be used in a bid to keep noise from within the stadium on match days to a minimum to those on the outside.

Final approval of the plans is expected in March.