MU Kembali ke Jalur Juara, Selisih 8 Poin dari Chelsea

Manchester United Are Back in the Title Race, Eight Points Behind Chelsea

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


MU Kembali ke Jalur Juara, Selisih 8 Poin dari Chelsea
Kekuatan MU berada di penyerang mereka - Wayne Rooney dan Robin van Persie yang tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan - dan yang bekerja keras mendukung United di St Mary (Foto2: MailOnline)

MANCHESTER United mengalahkan Southampton 2-1 di St Mary pada Senin malam. Skuad asuhan Louis van Gaal kini berada di peringkat ketiga, delapan poin di belakang pemimpin klasemen, Chelsea.

Wayne Rooney dan Michael Carrick menjadi pemain kunci yang mengangkat moral rekan-rekan sklubnya. Van Gaal menginspirasi pemainnya untuk menang lima kali berturut-turut di Liga Premier Inggris. The Red Devils adalah satu-satunya tim yang mampu menantang Chelsea dan Manchester City.

Kolumnis MailOnline, Adrian Durham menurunkan tulisan belum lama ini yang menyatakan bahwa Manchester United berada di masa yang sangat istimewa di bawah asuhan Louis van Gaal, tapi Durham menulis bahwa perkiraannya akan terjadi musim ini.

Namun kini diakuinya MU sekarang terlihat seperti satu-satunya tim yang mampu menyingkirkan dua pesaing utamanya di puncak klasemen sementara dan berarti MU berpeluang bersaing dalam perburuan gelar.

Tidak banyak yang akan berpikir bahwa mungkin setelah kekalahan 5-3 di Leicester. Tapi seperti yang saya katakan setelah pertandingan itu, MU memiliki penyerang yang trengginas, dan hancur setelah keputusan mengejutkan dari wasit yang menguntungkan Leicester untuk meraih kemenangan.

Pengalaman bertanding yang membangun karakter klub. Pelatih Southampton Ronald Koeman menunjukkan hal itu setelah peluit akhir, United memperbaiki kesalahan dan bermain lebih baik dari Southampton lakukan pada Senin malam.

United bermain lebih bersemangat dan terpola, mereka nyaris menguasai aliran bola dari pemain ke pemain, dan mereka memenangkan pertandingan.

Kekuatan MU berada di penyerang mereka - Wayne Rooney dan Robin van Persie yang tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan - dan yang bekerja keras mendukung United di St Mary. Hanya ada tiga peluang gol dari MU - yang terendah di Liga Premier musim ini. Dan skor akhir terendah yang diciptakan oleh tim MU dalam laga selama 11 tahun terakhir.

Tapi mereka mampu mencetak gol dari peluang tersebut. Itu mengesankan, dan memberi mereka tiga poin.

Dengan Sergio Aguero karena cedera untuk sementara waktu, Manchester City perlu untuk menjawab pertanyaan. Chelsea harus menunjukkan mereka bisa pulih dari kemunduran dan merespon positif.

Daftar pemain MU yang cedera bisa meredam laju persaingan - Angel di Maria, Luke Shaw dan Daley Blind khususnya bisa membuat perbedaan. MU juga harus merogoh kas klub untuk peluang membeli pemain pada Januari, untuk mendukung kekuatan tim.

Manchester United tidak bermain maksimal, mereka tidak berada pada puncak permainan, namun mereka berada di urutan ketiga di klasemen, setelah memenangkan lima pertandingan berturut-turut, dan setelah hanya kalah sekali - untuk meraih juara - dalam 10 pertandingan, sejak kekalahan  di Leicester .

Ada tiga orang yang saya percaya bertanggung jawab untuk MU berada dalam perburuan gelar.

1) Louis van Gaal
Dia pelatih ulung, dan dia selalu siap membuat keputusan sulit bila diperlukan - seperti menarik Paddy McNair di babak pertama di Southampton ketika tampil kurang percaya diri dan membuat terlalu banyak kesalahan.

Dia berani melawan pada keputusannya untuk United. Pada saat yang sama mengirim pesan kepada seluruh pemain MU bahwa mereka harus benar-benar berada di puncak permainan mereka. Van Gaal harus berani membuat perubahan, tapi ia sekaligus memberi pelajaran pada skuad MU.

2) Wayne Rooney
Seorang kapten, pemimpin, dan seorang pemain yang siap untuk melakukan apa pun untuk memberi kemenangan bagi MU kembali ke tempat mereka sebelum Sir Alex Ferguson pensiun. Dia membuktikan dirinya sebagai maskot layak untuk klub dan Inggris dan hal itu membuat pemain seklubnya respek.

Berlari tak kenal lelah menggiring bola bagaikan 'dewa bola' untuk menghalau tekanan dan menciptakan peluang di depan gawang lawan.

3) Michael Carrick
Tenang dan ketenangannya bermain menjadi penting untuk meraih kemenangan. Sejak ia kembali ke posisinya dia membuat pemain di sekitarnya tenang. Dia akan selalu menerima bola, selalu siap mengoper dan ia tidak pernah bermain sendiri. Itulah yang dibutuhkan kubu pertahanan ketika berada di bawah tekanan.

Carrick adalah rekan setimnya yang selalu membantu rekan setim mencari jalan keluar. Louis van Gaal mestinya lega mendapati pemain yang fit dan selalu siaga. Bonus tambahan adalah bahwa manajer tahu dia juga bisa dipercaya berada di tengah lapangan.

Mampukah Manchester United merebut gelarnya kembali? Durham mengaku dia tidak berani bertaruh. Tapi itu akan menjadi sesuatu yang paling mengesankan di dalam sejarah Premier League jika MU dapat melakukannya.

MANCHESTER United beat Southampton 2-1 at St Mary's on Monday night. Louis van Gaal's side are now third, eight points behind leaders Chelsea.

Wayne Rooney and Michael Carrick have been vital to United's revival. Van Gaal has inspired his players to five Premier League wins in a row. The Red Devils are the only side who can challenge Chelsea and Man City.

When I wrote in this column recently that Manchester United are on the brink of something very special under Louis van Gaal, I didn't expect it to happen this season.

But right now they look like they're the only team capable of catching the top two and that means they are in the title race.

Not many would have thought that possible after the 5-3 defeat at Leicester. But as I said after that game, United were brilliant going forward, and crumbled after a shocking refereeing decision gave Leicester a way back into the game.

That experience built character. As Ronald Koeman pointed out after the final whistle, United handled mistakes and setbacks better than Southampton did on Monday night.

United were atrocious at times, they could barely pass the ball to each other and yet they won the game.

Their strengths are in their finishers – Wayne Rooney and Robin van Persie don't need many chances - and that worked in United's favour at St Mary's. There were only three attempts on goal from United – the lowest in the Premier League this season. And the lowest number created by a United side in a game for 11 years.

But they took two of them. That is impressive, and it gave them three points.

With Sergio Aguero out injured for a while, Manchester City will need to answer questions. Chelsea need to show they can recover from a setback and respond positively.

United's injury list could ease significantly soon – Angel di Maria, Luke Shaw and Daley Blind in particular could make a difference. They are also set to spend another small fortune in January, which should improve them.

Manchester United are not playing well, they are nowhere near their peak performance and yet they are third in the table, having won five games in succession, and having only lost once – to the champions – in 10 games, since that defeat to at Leicester.

There are three men who I believe are chiefly responsible for United being in the title race.

1) Louis van Gaal
He's a class act, and he's always ready to make difficult decisions when necessary – like taking Paddy McNair off in the first half at Southampton when he lacked confidence and was making too many mistakes.

That was bold and brave but it worked for United. At the same time it sent a message to the rest of the United players that they need to be totally on top of their game. Van Gaal needed to make the change, but he taught the United squad a lesson at the same time.

2) Wayne Rooney
A captain, a leader, and a man ready to do whatever it takes to get United back to where they were before Sir Alex Ferguson retired. He is proving himself to be a worthy talisman for club and country and it's clear the rest of the players respect him.

His tireless running with the ball as the Saints game drew to a close took the pressure off United at the back and gave them an outlet in the opposition half.

3) Michael Carrick
His calm and composure have been crucial during this winning run. Since he returned to the side he has relaxed everyone around him. He will always accept the ball, always be available and he never hides. That is exactly what an under-pressure defence needs.

Carrick is a team-mate who will always help you out. Louis van Gaal must be so relieved to have him fit and in the side. The added bonus is that the manager knows he can also trust Carrick at centre-half.

Can Manchester United win the title? I wouldn't put money on it. But it would be the most impressive turn around in Premier League history if they did.