Hamilton Ungguli Rosberg di Grand Prix Bahrain

Brilliant Hamilton Holds Off Rosberg in Race of the Century

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Hamilton Ungguli Rosberg di Grand Prix Bahrain
Hamilton, yang juga memenangi balap akhir pekan silam di Malaysia, finis dengan keunggulan 1,085 atas Rosberg pada kesuksesan lain tim Mercedes yang telah memenangi ketiga balap musim ini (Foto2: Mail Online)

Manama (B2B) - Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Bahrain pada Minggu, dengan mengungguli rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg setelah duel rapat yang menegangkan, yang membuat dirinya menyamai rekor pebalap legendaris Juan Manuel Fangio dengan 24 kemenangan sepanjang karirnya.

Hamilton, yang juga memenangi balap akhir pekan silam di Malaysia, finis dengan keunggulan 1,085 atas Rosberg pada kesuksesan lain tim Mercedes yang telah memenangi ketiga balap musim ini.

Sergio Perez yang membela tim Force India berada di peringkat ketiga, tertinggal 24,067 detik dari catatan waktu sang pemenang, untuk membuat timnya merasakan podium untuk kedua kalinya, seperti dilansir Yahoo Sports.

Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo, yang memulai balap dari posisi ke-13, berada di peringkat keempat, diikuti oleh Nico Hulkenberg pada Force India kelima, dan juara dunia Sebastian Vettel pada Red Bull keenam untuk melengkapi enam besar.

Hasil ini membuat Rosberg, yang merupakan pemenang Grand Prix Australia, masih memuncaki klasemen kejuaraan dunia dengan 61 angka.

Hamilton berada di peringkat kedua dengan 50 angka, sedangkan peringkat ketiga dihuni oleh Hulkenberg dengan koleksi 28 angka.

Pebalap Inggris itu melaju untuk meraih kemenangan pada Grand Prix ke-900, dengan unggul lebih dari sembilan detik ketika "safety car" masuk lintasan pada putaran ke-42 dari balap yang berlangsung sebanyak 57 putaran itu.

Rosberg, yang start dari posisi terdepan, sempat melewati pebalap Inggris itu namun Hamilton merebut kembali otoritasnya, meski ban-ban mediumnya memiliki daya cengkram yang lebih sedikit daripada yang digunakan pebalap Jerman itu yang memilih ban-ban yang lebih lembut.

Pada putaran terakhir, Hamilton memastikan kemenangan ke-24 sepanjang karirnya melalui pertarungan jarak dekat.

"Terima kasih kepada semuanya pada akhir pekan ini, kami tidak memiliki kecepatan yang cukup baik maka marilah kita perbaiki," kata sang pemenang.

Manama - Lewis Hamilton won the Bahrain Grand Prix on Sunday ahead of Mercedes teammate Nico Rosberg after a thrilling wheel-to-wheel duel, taking him level with the legendary Juan Manuel Fangio with a 24th career victory.

Hamilton, who also won last weekend in Malaysia, finished 1.085sec ahead of Rosberg in another triumph for the Mercedes team who have won all three races this season.

Sergio Perez in a Force India was third, a huge 24.067sec off the winner's time, to give his team just their second podium finish.

Red Bull's Daniel Ricciardo, who had started in 13th place, was fourth, followed by Nico Hulkenberg in the second Force India and world champion Sebastian Vettel in the second Red Bull completing the top six.

The result left Rosberg, the Australian Grand Prix winner, still on top of the world championship standings with 61 points.

Hamilton has 50 with Hulkenberg in third place on 28 points.

The British driver had been cruising to victory in the 900th ever grand prix with a lead of more than nine seconds when the safety car was called out on lap 42 of the 57-lap floodlit race.

Rosberg, who had been on pole, briefly slipped past the Briton but Hamilton reasserted his authority under braking despite his medium tyres lacking the grip of the German's softer options.

On the final lap, Hamilton consolidated to take his 24th career win after a memorable close-quarters battle.

"Thanks to everyone this weekend, we didn't quite have the pace though so let's work on that," said the winner.