Voli Pantai Tampilkan Perbedaan Kontras Wanita Muslim dan Barat

Beach Volleyball Players Highlight the Cultural Divide between Western and Islamic Women`s Teams

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Voli Pantai Tampilkan Perbedaan Kontras Wanita Muslim dan Barat
Foto-foto ini menunjukkan perbedaan budaya dari negara yang mengikuti Olimpiade Rio 2016 setelah tim voli pantai wanita Mesir menghadapi Jerman (Foto2: MailOnline)

SEJUMLAH foto di atas menampilkan pertandingan voli pantai antara tim Mesir melawan Jerman. Duo Mesir tampil dengan busana tertutup kecuali wajah. Kontras dengan pasangan Jerman yang tampil nyaris telanjang.

Sesuai namanya, cabang olahraga ini dimainkan di pantai di bawah sorot mentari dan terkenal karena pemain wanita mengenakan bikini - dianggap praktis bagi wanita dan celana pendek untuk pemain pria.

Namun foto-foto ini menunjukkan perbedaan budaya dari  beberapa negara yang mengikuti Olimpiade Rio 2016 setelah tim voli pantai wanita Mesir turun bertanding di lapangan pasir mengenakan baju lengan panjang dan legging.

Pakaian, yang digunakan oleh Nada Meawad dan Doaa Elghobashy, yang juga menutupi kepalanya dengan jilbab,  kontras dengan lawan mereka dari Jerman Laura Ludwig dan Kira Walkenhorst yang mengenakan bikini untuk turun bertanding tadi malam.

Meskipun Federasi Voli Internasional (FIVB) telah menetapkan standar pakaian yang digunakan untuk bertanding, mereka dilarang bertanding pada Olimpiade London 2012 yang melarang mengenakan kaos lengan panjang dan legging.

Juru bicara FIVB Richard Baker mengatakan pada Minggu malam bahwa langkah itu dilakukan untuk mengusung semangat olahraga.

Dengan satu langkah maju, hal itu ternyata efektif. Baker mengatakan kini sekarang 169 negara yang terlibat dalam proses kualifikasi Piala Kontinental untuk Olimpiade Rio 2016 lebih banyak dari London yang hanya diikuti 143 negara.

Pada akhirnya, duo calon juara Ludwig dan Walkenhorst meraih kemenangan beruntun mereka dengan memimpin grup D setelah mengalahkan tim dari Mesir.

Ludwig dan Walkenhorst menang 2-0 setelah pertandingan yang berlangsung hampir 40 menit.

Setelah bertanding, Elghobashy mengatakan kepada wartawan: "Saya memakai jilbab selama 10 tahun. Itu tidak berarti membatasi saya melakukan hal-hal yang saya suka lakukan, dan voli pantai adalah salah satu dari hobi saya.

"Saya bangga dapat tampil mengibarkan bendera Mesir di kompetisi yang diikuti banyak negara.'

Kedua tim hari ini beristirahat sebelum kembali beraksi pada Selasa, seperti dilansir MailOnline.

IMAGES show game between Egyptian and German volleyball teams. The Egyptian pair took to the arena wearing long sleeves and leggings. Stark contrast to Germans who wore sport's traditional two-piece uniform.

It is a fast and furious sport played under the sun and famed for its revealing attire - with a practical uniform of bikinis for women and board shorts for men.

But these pictures show the contrasting cultures among some of the nations taking part in the Rio Olympics after the Egyptian women's beach volleyball team took to the sandy arena wearing long sleeves and leggings.

The outfit, used by Nada Meawad and Doaa Elghobashy, who also covered her head with a hijab, was in stark contrast to their German rivals Laura Ludwig and Kira Walkenhorst who stuck to the sport's traditional two-piece outfit for the clash last night.

Although the International Volleyball Federation used to have standards regulating the size of uniforms, those were loosened heading into the London 2012 Olympics to allow full sleeves and leggings.

FIVB spokesman Richard Baker said on Sunday night that the move was made to open up the game culturally.

By one measure, it has worked. Baker said there were now 169 different countries involved in the Continental Cup qualifying process for the 2016 Olympic, compared to 143 for London.

In the end, medal hopefuls Ludwig and Walkenhorst continued their winning streak by posting a Pool D win over their Egyptian counterparts.

The Egyptians were playing in their first international event together outside of the African continent where they had won a major title in April.

Ludwig and Walkenhorst came out 2-0 winners after a match lasting nearly 40 minutes.

Afterwards, Elghobashy told reporters: 'I have worn the hijab for 10 years. It doesn't keep me away from the things I love to do, and beach volleyball is one of them.

'I'm proud to be seen raising the Egyptian flag in a carnival with so many nations.'

Both teams take a break today before returning to action on Tuesday.