Efek Stoke Penentu Juara Liga Premier Inggris Tahun Ini?

The Stoke Effect: Why Only Arsenal, Leicester or Spurs Can Win the Premier League This Year

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Efek Stoke Penentu Juara Liga Premier Inggris Tahun Ini?
Foto2: The Sun

ARSENAL dan Leicester ditakdirkan untuk bersaing ketat bagi kuda berlomba menuju garis finish untuk merebut gelar juara Liga Premier Inggris (EPL) - dan disebut sebagai Efek Stoke (the Stoke Effect), nama salah satu klub yang bersaing di EPL

Kedua klub yang bersaing di puncak klasemen dengan rekor tak terkalahkan di laga tandang di Britannia Stadium tidak seperti kedua pesaingnya dari Manchester, City dan United.

Dan sejarah mengatakan hal itu berarti Arsene Wenger dan Claudio Ranieri adalah pelatih yang berpeluang besar mengangkat mahkota juara EPL pada akhir Mei.

Sejak Stoke berada di puncak klasemen pada musim 2008/2009, tak ada tim yang dapat menaklukkan mereka pada laga kandang untuk meraih juara EPL musim itu.

Efek itu bagai kutukan bagi Manuel Pellegrini dan Louis van Gaal yang kini berada di ujung tanduk dengan kekalahan 2-0 dari perjalanan mereka menjalani laga tandang ke Potteries musim ini.

Dari faktanya klub-klub yang yang masih berpeluang untuk bersaing menjadi juara tahun ini, hanya Tottenham masih harus menghadapi Stoke pada laga tandang, seperti dilansir The Sun.

Jadi apabila Leicester dapat meraih kemenangan, mereka harus memastikan untuk tidak kalah ketika mereka menjalani laga tandang pada 16 April jika mereka ingin tetap menjaga asa untuk memenangkan gelar pertama sejak 1961.

Kinerja luar biasanya dimulai pada 2008/09 ketika Manchester United merebut gelar juara setelah menang 1-0 di Britannia.

Tahun berikutnya Chelsea menang 2-1 di sana dalam perjalanan meraih juara EPL sebelum MU kembali berjaya di belakang kemenangan 2-1 atas Stoke pada musim 2010/11.

City bermain imbang 1-1 di Stoke karena mereka ingin memenangkan gelar pertama mereka di Liga Premier pada 2012, dan kemenangan United 2-0 membantu mereka untuk meraih peluang menang di musim berikutnya.

Sejarah berulang dua tahun lalu ketika City berada di puncak klasemen meski bermain seri tanpa gol di Potteries sebelum Chelsea kembali ke London dengan kemenangan 2-0 dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan mereka musim lalu.

Leicester bermain 2-2 pada September dan poin penting untuk untuk Arsenal kemarin berarti hanya mereka dua klub dari calon juara yang terhindar dari 'kutukan' kekalahan di Stoke musim ini.

Jadi di sana ada dua klub yang berpeluang kuat - hanya dua klub yang masih layak bersaing (dan mungkin saja Tottenham menjadi kuda hitam)*. Semua karena the Stoke Effect!

ARSENAL and Leicester are destined for a two-horse race for the Premier League title — because of the Stoke Effect.

The top two have both come away unbeaten from matches at the Britannia Stadium unlike Manchester rivals City and United.

And history tells us that means Arsene Wenger and Claudio Ranieri’s men are the teams who can lift the crown by the end of May.

For since Stoke arrived in the top flight for the 2008/09 season, no team they have beaten at home has ever gone on to be crowned champions that year.

That spells misery for Manuel Pellegrini and Louis van Gaal who have both been on the wrong end of 2-0 defeats from their trips to the Poterries this season.

Of the genuine title contenders left in the race this year, only Tottenham have still to play Stoke away.

So if the amazing sequence continues, they will have to make sure they come away without defeat when they make the journey north on April 16 if they are to have any hope of winning their first title since 1961.

The uncanny run began in 2008/09 when Manchester United were crowned champions having won 1-0 at the Britannia.

The following year Chelsea won 2-1 there on the way to the title before United again triumphed on the back of a 2-1 win of their own in 2010/11.

City drew 1-1 at Stoke as they went on to win their first Premier League title in 2012, and United’s 2-0 victory helped them to glory the next season.

History repeated itself two years ago as City finished top on the back of a goalless draw in the Potteries before Chelsea returned to London with a 2-0 win on the way to their title success last season.

Leicester’s 2-2 draw in September and yesterday’s point for Arsenal means only those two clubs of the title hopefuls have avoided defeat at Stoke this season.

So there you have it — the race for the Premier League is down to two (and possibly Tottenham)*. All because of the Stoke Effect!