Suarez vs Bale: Dua Pencetak Gol Terbaik akan Bersaing di Laga Minggu

Suarez vs Bale: Two Player of the Year Favourites Go Head-to-Head on Sunday

Editor : Heru S Winarno
Translator : Parulian Manalu


Suarez vs Bale: Dua Pencetak Gol Terbaik akan Bersaing di Laga Minggu
Gareth Bale (kiri) dan Luis Suarez (Foto: Mail Online)

INI sosok penting di Liga Premier akhir pekan ini, pertemuan dua tim dengan desain baru pada musim sepak bola Eropa berikutnya.

Namun pertemuan Liverpool dengan Tottenham di Anfield, Minggu juga melihat dua pesaing terkemuka untuk Pemain Terbaik mendatang.

Di sudut merah, striker Liverpool Luis Suarez - seorang pria sangat produktif, profil penting dari striker yang menjadi tumpuan harapan seluruh klub.

Dan di sudut biru, penyerang Tottenham, Gareth Bale ke depan - pemain yang terus meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik dan lebih baik.

Namun bagaimana kedua pemain hebat ini bisa dibandingkan? Nah, hasilnya lebih satu sisi daripada yang Anda bayangkan, seperti dilansir Mail Online.

Pertama - tujuan. Melihat aksi mereka ini di Liga Premier saja, Suarez telah mencetak 21 gol dalam 27 pertandingan, sementara Bale mencetak 16 gol dari 24 laga.

Bagi pemain Uruguay tersebut, menambahkan dua gol lagi di Piala FA, satu di Piala Liga dan empat di Liga Europa untuk total keseluruhan 28 gol dari 38 laga.

Sementara pemain asal Wales ini, memiliki satu lagi peluang di Piala FA, satu di Piala Liga dan tiga di Liga Europa - termasuk sundulan kepala saat elawan Inter Milan - untuk grand total dari 21 di 34.

Namun, satu hal menjadi kekhawatiran pertahanan Liverpool adalah kemampuan luar biasa Bale sejak Tahun Baru.

Ia mencetak gol tujuh dalam tujuh laga di Liga sejak Tahun Baru, termasuk menekuk lawan di West Ham, gol ganda melawan Newcastle dan gol pembuka pada derby London utara dengan Arsenal, akhir pekan

lalu.

Namun Suarez bisa menandingi kemampuan itu untuk mencetak gol, dengan delapan gol dari delapan pertandingan liga.

Ini termasuk hat-trick ke gawang Wigan akhir pekan lalu dan sebuah gol pembuka di menit kelima yang berakhir imbang 2-2 di Arsenal pada 30 Januari.

Dia juga unggul dalam kompetisi piala, melalui gol kontroversial setelah bola menyentuh tangan dengan pemenang di Piala FA di Mansfield dan gol ganda bagi kekalahan Zenit di Liga Europa.

Ini merupakan indikasi peran Bale berubah musim ini dari operator ke predator - dan keegoisannya meningkat dalam hal ini - bahwa Suarez sebenarnya memiliki lebih untuk membantu rekan di tim.

Selama musim berjalan sejauh ini, Suarez menciptakan 78 peluang untuk pemain lain dalam pertandingan Premier League - setiap setengah jam atau lebih - dibandingkan dengan rekor 57 dari Bale.

Bahkan, dalam 24 pertandingan liga, Bale hanya memberi satu assist.

Dalam hal tembakan ke gawang, pasangan ini bersaing dengan 54 usaha masing-masing, sementara Suarez unggul pada tingkat akurasi tendangan ke gawang.

Mengesankan, keduanya tampil prima sehingga mereka menghasilkan satu gol dari lima tendangan ke gawang.

Jadi pertandingan hari Minggu, karenanya, bakal terlihat seperti serangan bombardir antara dua bintang bersinar di liga Inggris.

Kemampuan Bale dari set pieces dan tendangan jarak jauh didokumentasikan dengan baik dalam bentuk grafis dari mana arah bola datang menunjukkan kemampuan hampir sama antara jarak jauh dan dekat.

Suarez, di sisi lain, adalah predator klasik dalam menembak dari jarak 10 yard dari gawang - tapi dia juga lebih dari mampu mencetak gol dari luar kotak penalti.

IT'S the stand-out fixture in the Premier League this weekend, a meeting of two teams with designs on European football next season.

But Liverpool's meeting with Tottenham at Anfield on Sunday also sees two leading contenders for Player of the Year go toe-to-toe.

In the red corner, Liverpool striker Luis Suarez - a man so prolific it seems he's been powering his team single-handedly at times this year.

And in the blue corner, Tottenham forward Gareth Bale - who is in sizzling form and simply keeps getting better and better.

But how do these two wonderful players compare? Well the results are more one-sided than you might imagine.

First - the goals. Looking at the campaign so far in the Premier League only, Suarez has scored 21 in 27 games, while Bale has 16 in 24.

For the Uruguayan, add in two more in the FA Cup, another in the League Cup and four in the Europa League for an overall total of 28 in 38 outings.

The Welshman has one more in the FA Cup, another in the League Cup and three in the Europa League - including his header against Inter Milan - for a grand total of 21 in 34.

However, one thing to strike fear into Liverpool's defence is Bale's outstanding form since the New Year.

He has seven in seven in the League since New Year's Day, including that breath-taking late winner at West Ham, a double against Newcastle and the opening goal in the north London derby with Arsenal last weekend.

But Suarez can match that blow for blow, with eight strikes in eight league games.

This includes a hat-trick against Wigan last weekend and a fifth minute opener in the 2-2 draw at Arsenal on January 30.

He's also excelled in cup competitions, with that controversial handball winner in the FA Cup at Mansfield and a double in a losing cause against Zenit in the Europa League.

t's an indication of Bale's changed role this season from provider to predator - and his increasing selfishness in this regard - that Suarez actually has more assists for teammates.

Over the course of the season so far, Suarez has created 78 chances for other players in Premier League matches - one every half an hour or so - compared to Bale's 57.

In fact, in his 24 league games, Bale has only laid on one assist.

In terms of shots on target, the pair are neck and neck with 54 efforts apiece, while Suarez just edges the shot conversion rate.

Impressively, both are in such good form that they put away approximately one in every five shots.

So Sunday's game, therefore, looks like a straight shoot-out between two of the brightest stars of the English season.

Bale's ability from set pieces and long range is well documented and the graphics of where his goals come from (above) show an almost equal ability between long and short range.

Suarez, on the other hand, is a classic predator within a 10 yard arc of the goal - but he's also more than capable of scoring from outside the box.