Hodgson Mundur, Caci Maki Rakyat Inggris Sambut Rooney cs `Mudik` Lebih Cepat

Hodgson Joins Cameron on the Sidelines after England are Booted Out of Euro 2016

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Hodgson Mundur, Caci Maki Rakyat Inggris Sambut Rooney cs `Mudik` Lebih Cepat
Bocah Inggris meratap sedih, kekalahan memalukan timnas Inggris dari negara kecil Islandia, reaksi penonton dan pelatih Roy Hodgson maupun pemain jadi sasaran caci maki rakyat Inggris dan dikritik oleh media (Foto2: MailOnline)

RAKYAT membayar jutaan poundsterling per tahun untuk timnas Inggris agar mereka siap tampil di lapangan hijau tapi tampaknya tim Inggris tidak bisa tanpa mesin seduh kopi mereka sendiri ketika berada di Prancis, itulah kepala berita (lead) dari berita di MailOnline yang mengecam kinerja timnas berjuluk 'Tiga Singa' tersebut.

Para pemain tampak berduka setelah mendarat di Inggris, dan kekalahan mereka akan diingat sepanjang masa bagaimana rasanya dikalahkan oleh tim kecil dari Islandia. Saat mereka turun dari pesawat jet tim Inggris tampak sebagian pesepakbola tersebut memainkan ponsel mereka dan bertindak tidak acuh pada sekelilingnya.

Mantan bos timnas Inggris yang dipermalukan Roy Hodgson dipaksa untuk menjelaskan kekalahan terburuk negara itu dalam sejarah, tetapi kepada wartawan dia berkilah: "Saya sangat rapuh. Saya tidak tahu apa yang saya lakukan di sini'.

Hodgson mengundurkan diri beberapa menit setelah tersingkir secara memalukan tersingkir dari Euro 2016 pada Senin malam.

Hari ini ia awalnya menolak untuk menghadapi pers setelah berhenti semalam tapi Asosiasi Sepakbola (FA), yang membayarnya 3,5 juta per tahun, memaksanya untuk hadir.

"Saya tidak benar-benar tahu apa yang saya lakukan di sini. Saya pikir pernyataan saya tadi malam sudah cukup," katanya dalam jawaban singkat.

"Saya bukan lagi manajer Inggris, kini waktunya saya mundur. Tapi saya diberitahu hal itu penting untuk semua orang kalau saya muncul, saya kira itu sebagian karena orang masih kesal terhadap kinerja kami yang buruk kemarin dan kekalahan memalukan yang memaksa kami harus meninggalkan turnamen."

"Kurasa seseorang harus berdiri dan mengambil tanggung jawab dan beban tersebut."

"Saya tetap bersedih meskipun hal itu kini bukan lagi tanggung jawab saya setelah mundur."

'Seperti yang dapat Anda ketahui saya sangat rapuh saat ini. Ini hari yang sangat buruk bagi saya untuk berbicara tentang hal itu karena tidak bisa digambarkan bagaimana sedihnya.'

Hodgson diminta untuk menjelaskan mengenai masa kepelatihan timnas Inggris selama empat tahun, setelah FA berniat membentuk manajemen tim baru, namun akan minta keterangannya terlebih dahulu.

Inggris sempat unggul empat menit setelah penalti Wayne Rooney, tapi keunggulan tersebut tidak berlangsung lama setelah bek Ragnar Sigurdsson menyamakan kedudukan untuk Islandia.

Hanya 12 menit kemudian Inggris kalah dari satu angka dari Islandia setelah kiper Joe Hart - bersalah juga untuk gol Gareth Bale untuk Wales pada awal turnamen - gagal untuk menahan tembakan dari striker Kolbeinn Sigthorsson di menit ke-18.

Namun selama pertandingan Inggris terlihat gagal mengatasi tekanan dan Islandia terus menekan untuk menambah skor dan berakhir kekalahan yang memaksa pelatih Hodgson mundur.

Para pesepakbola Inggris menjadi sasaran caci maki pendukungnya di akhir pertandingan, bahkan putra Rooney berusia enam tahun, Kai pun ikut sedih. Dele Alli, Jamie Vardy dan pemain lainnya dihibur oleh istri dan pacar mereka di tribun.

Pendukung yang marah mengutuk timnas sebagai 'bencana', 'mengerikan' dan 'benar-benar mengejutkan' - bahkan banyak yang menangis. Para pemain dicap sebagai 'tidak becus bermain' dikritik karena gagal untuk berbicara dengan pendukung setelah itu.

Kekalahan dari negara kecil hanya berpenduduk 332.000 orang - setara dengan ukuran Leicester - sudah cukup untuk mengakhiri kinerja Hodgson selama empat tahun sebagai bos timnas Inggris.

Meskipun Inggris tidak terkalahkan di babak kualifikasi, mereka tidak tampil bersemangat selama turnamen itu sendiri dan juga gagal untuk tampil maksimal selama Piala Dunia di Brasil dua tahun lalu.

Hodgson, yang menolak untuk mengundurkan diri kemudian setelah Inggris gagal di babak penyisihan grup kompetisi untuk pertama kalinya sejak 1958, adalah manajer dengan bayaran tertinggi di turnamen Euro tahun ini dengan gaji tahunan sebesar 3,5 juta poundsterling setahun.

Sementara asisten manajer Islandia, Lars Lagerback hanya dibayar 300.000 poundsterling setahun.

Koleganya yang juga asisten manajer Helmir Hallgrimsson adalah dokter gigi di desa asalnya, sementara kiper Hannes Halldorsson, 32, bekerja paruh waktu sebagai pembuat film dan memproduksi video untuk kontes musik Islandia Eurovision 2012.

THEY'RE PAID millions of pounds a year to kick a football around a pitch but it seems the England team can't do without their own coffee makers whilst in France.

The dejected and downbeat players, who will be remembered for losing to the minnows of Iceland, have landed in the UK. As they got off the England team's private jet some were more engaged with their mobile phones than their surroundings.

And eagle-eyed spotters would have picked out the array of guitars, golf clubs and coffee machines the players couldn't seem to do without as they were unloaded from the plane.

Humiliated former England boss Roy Hodgson was today forced to explain the country's worst football defeat in its history but told journalists: 'I'm very fragile. I don't know what I'm doing here'.

Hodgson resigned minutes after an abject England crashed out of Euro 2016 last night.

Today he had initially refused to face the press after quitting last night but the Football Association, who paid him £3.5million a year, forced him to attend.

'I don't really know what I'm doing here. I think my statement last night was sufficient,' he said in an terse address.

'I'm no longer England manager, my time has been and gone. But I was told it was important for everybody I appeared, I suppose that's partly because people are still smarting from our poor performance yesterday and the defeat which has seen us leave the tournament.

'I suppose someone has to stand and take the slings and arrows that come with it.

'I maintain I'm unhappy about it because it's no longer my job.

'As you can understand I'm very fragile today. It's certainly the wrong day for me to be talking about it because the emotions are too raw.'

Hodgson is willing to formally debrief his four-year reign with his former employers, as they ponder installing a new management team, but will wait to be asked.  

England had taken a fourth-minute lead from a Wayne Rooney penalty, but held that advantage for little over a minute as defender Ragnar Sigurdsson equalised for Iceland.

Only 12 minutes later England were behind after goalkeeper Joe Hart – at fault for Gareth Bale's goal for Wales earlier in the tournament – failed to keep out a shot from striker Kolbeinn Sigthorsson in the 18th minute.

But as the game went on England failed to cope with the pressure and Iceland looked the more likely to score before Hodgson's men crashed out.

England's players were booed off at the end of the match, with Rooney's six-year-old son Kai looking on dejectedly. Players Dele Alli, Jamie Vardy and other players were comforted by their wives and girlfriends in the stands.

Irate fans condemned the side as 'diabolical', 'atrocious' and 'absolutely shocking' - many were in tears. The players have been branded 'out of touch' criticised for failing to speak to supporters afterwards.

Defeat to a country of only 332,000 people – equivalent to the size of Leicester – was enough to end Hodgson's unsuccessful four-year reign as England boss. 

Although England were unbeaten in qualifying, they gave lacklustre displays during the tournament itself and also failed to perform during the World Cup in Brazil two years ago.

Hodgson, who refused to resign then as England failed to get out of the group stage of the competition for the first time since 1958, was the highest paid manager at the Euro tournament this year on an annual salary of £3.5million.

Iceland's co-manager Lars Lagerback takes home £300,000 a year.

His fellow co-manager Helmir Hallgrimsson is a dentist in his home village, while goalkeeper Hannes Halldorsson, 32, is another part-timer who makes films and produced the video for Iceland's 2012 Eurovision Song Contest entry.