Yoko Ono Berduka bagi `Madunya`Cynthia, Istri Pertama John Lennon

Yoko Ono Pays Tribute to John Lennon`s First Wife Cynthia

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Yoko Ono Berduka bagi `Madunya`Cynthia, Istri Pertama John Lennon
Cynthia Lennon, nama keluarga Powell, dinikahi Lennon pada 1962 dan tinggal bersamanya saat suaminya melambung menjadi bintang global bersama The Beatles hingga mereka bercerai pada 1968 (Foto2: MailOnline)

YOKO ONO mengungkapkan rasa duka atas wafatnya istri pertama John Lennon, Cynthia dengan menyebutnya sebagai 'ibu yang luar biasa' dengan 'semangat yang kuat untuk hidup' yang meninggal dunia pada usia 75 setelah berjuang mengatasi penyakit kanker.

Istri kedua dari gitaris dan penyanyi The Beatles ini mengaku 'sangat sedih' mendengar kabar duka tersebut, seraya mengaku 'bangga' bagaimana dia dan Cynthia telah 'berdiri teguh dalam keluarga Beatles'.

Cynthia, yang menikah dengan Lennon setelah bertemu di perguruan tinggi, meninggal Rabu di rumahnya di Spanyol. Kabar duka disampaikan melalui website milik putranya, Julian yang mengatakan dia mendampingi ibunya hingga menjelang ajal, dan keluarga berterima kasih atas ucapan duka cita yang disampaikan.

Melalui pernyataan resminya, Yoko mengatakan: "Saya sangat sedih dengan kematian Cynthia. Dia adalah wanita yang hebat dan seorang ibu yang baik bagi Julian."

"Dia punya semangat yang kuat untuk hidup dan saya merasa bangga bagaimana kami dua wanita berdiri teguh dalam keluarga Beatles. Silakan bergabung dengan saya untuk menyampaikan kasih dan dukungan kepada Julian yang saat ini sangat berduka."

Yoko juga mengunggah ke media sosial foto yang diambil pada 2010 dari dua wanita dengan anak-anak mereka, Julian dan Sean, seperti dilansir MailOnline.

Foto disertai keterangan: "Ketika kami sangat bahagia bersama-sama."

Cynthia Lennon, nama keluarga Powell, dinikahi Lennon pada 1962 dan tinggal bersamanya saat suaminya melambung menjadi bintang global bersama The Beatles hingga mereka bercerai pada 1968.

Keduanya bercerai pada 1968 setelah Cynthia memergoki suaminya berselingkuh dengan artis Jepang.

Mantan basis Beatles Paul McCartney dan drummer Ringo Starr turut menyampaikan belasungkawa mereka.

Menulis di website-nya, McCartney, 72 mengatakan: "Dia adalah seorang wanita cantik yang pernah saya kenal sejak awal kami bersama-sama di Liverpool. Dia adalah ibu yang baik bagi Julian dan kami semua akan mengingatnya, tapi saya akan selalu memiliki kenangan indah saat kami bersama-sama."

Ringo Starr, 74, nge-tweeted: "Damai dan kasih bagi Julian Lennon, Tuhan memberkati Cynthia mencintai Ringo dan Barbara xx."

Julian juga tweeted gambar mendiang ibunya, 75, mengungkapkan perasaannya dengan pesan 'In Loving Memory'.

YOKO ONO has led the tributes to John Lennon's first wife Cynthia calling her a 'wonderful mother' with a 'strong zest for life' after she died at the age of 75 following a short battle with cancer.

The second wife of the Beatles singer said she was 'very saddened' by the news, adding that she was 'proud' how she and Cynthia had 'stood firm in the Beatles family'. 

Cynthia, who married Lennon after meeting him in college, died yesterday at her home in Spain. A message on her son Julian's website said he was at her beside throughout, and the family 'are thankful for your prayers'.

In the statement, Yoko said: 'I'm very saddened by Cynthia's death. She was a great person and a wonderful mother to Julian.

'She had such a strong zest for life and I felt proud how we two women stood firm in the Beatles family. Please join me in sending love and support to Julian at this very sad time.' 

Yoko also posted a picture which had been taken in 2010 of the two women with their sons, Julian and Sean.

She captioned the picture: 'When we were very happy together.'

Cynthia Lennon, nee Powell, married Lennon in 1962 and stayed with him as he rose to global stardom with The Beatles until the couple divorced in 1968.

But the pair divorced in 1968 after Cynthia discovered her husband's relationship with the Japanese artist.

Former Beatles Paul McCartney and Ringo Starr added their condolences.

Writing on his website, McCartney, 72, said: 'She was a lovely lady who I've known since our early days together in Liverpool. She was a good mother to Julian and will be missed by us all, but I will always have great memories of our times together.'

Starr, 74, tweeted: 'Peace and love to Julian Lennon God bless Cynthia love Ringo and Barbara xx.'

John Lennon and Cynthia met at college and married just as Lennon's career with The Beatles propelled him to fame.

Julian also tweeted a picture of his mother, who was 75, inside a heart with the message 'In Loving Memory'.