Sadiq Khan, Walikota Muslim Pertama London Tuding Goldsmith Menebar Ketakutan

First Muslim Mayor Sadiq Khan: `Londoners have Chosen Unity over Division`

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Sadiq Khan, Walikota Muslim Pertama London Tuding Goldsmith Menebar Ketakutan
Sadiq Khan secara resmi dinyatakan sebagai walikota Muslim pertama London pada Jumat malam waktu setempat setelah berhasil mengalahkan rivalnya dari Partai Konservatif (Tory) Zac Goldsmith (Foto2: MailOnline)

SADIQ KHAN meraih 1.310.143 suara, menggungguli Zac Goldsmith yang hanya menjaring suara dari 994.614 pemilih.

Walikota dari hasil pemilihan umum kali ini tercatat sebagai peraih suara terbanyak dalam sejarah politik Inggris.

Sadiq Khan mengaku bangga bahwa warga London telah 'memilih harapan ketimbang ketakutan'.
   
Majelis pimpinan partai konservatif London menuding Goldsmith menerapkan kampanye pemilihan negatif.
   
Mantan tim sukses David Cameron mengatakan bahwa pendekatan partai mengakibatkan Partai Konservatif mendapat stempel sebagai 'partai jahat'.
   
Pengumuman resmi hasil pemilihan walikota tertunda akibat gangguan pada sistem penghitungan elektronik.

Sadiq Khan secara resmi dinyatakan sebagai walikota Muslim pertama London pada Jumat malam waktu setempat setelah berhasil mengalahkan rivalnya dari Partai Konservatif (Tory) Zac Goldsmith.

Dalam kampanyenya Zac Goldsmith, yang dinyatakan sebagai upaya 'memecah-belah', Khan mengatakan: 'pemilihan ini bukan tanpa kontroversi dan saya sangat bangga bahwa London hari ini lebih memilih harapan daripada ketakutan dan persatuan daripada perpecahan."

Khan mengatakan: "Saya berharap bahwa kita tidak akan pernah ditawarkan seperti pilihan tegas lagi. Takut tidak membuat kita lebih aman, itu hanya membuat kita lemah, dan politik ketakutan sama sekali tidak diterima di kota kami."

Dia mengatakan dia 'sangat rendah hati' dan 'sangat bangga' sebagai warga London dan dia mengatakan almarhum ayahnya, seorang sopir bus, akan sangat bangga juga.

Persaingan ketat memperlihatkan bagaimana Goldsmith dan David Cameron berulang kali mengaitkan Sadiq Khan dengan gerakan ekstrimis.

Namun intervensi tersebut tidak mempengaruhi para pemilih di ibukota - dan serangan balik dari partai kini menghadang Perdana Menteri atas taktiknya mendukung Goldsmith, seperti dilansir MailOnline.

Khan mengatakan: "Saya dibesarkan di perumahan milik pemerintahkota yang hanya beberapa mil dari sini. Waktu itu saya tidak pernah bermimpi menjadi seperti saat ini bisa terpilih sebagai Walikota London.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih berhasil mewujudkan sesuatu yang mustahil. Saya memiliki ambisi besar untuk London. Ambisi yang akan membimbing saya sehari-hari: untuk memberikan peluang London untuk tidak bertahan hidup, tetapi untuk berkembang, peluang untuk membangun masa depan yang lebih baik dengan rumah yang layak dan harga terjangkau."

'Lebih banyak pekerjaan dengan gaji yang lebih baik, tidak hanya menjadi aman tapi merasa aman, udara bersih dan kota yang sehat. London akan memenuhi keinginan mereka."

"Saya kerap memikirkan almarhum ayah saya. Dia adalah seorang ayah yang hebat. Saya sangat bangga untuk mengatakan bahwa London memanggil warganya untuk dipilih menjadi walikota."

Goldsmith mengucapkan selamat kepdaa walikota baru: 'Saya mengucapkan selamat dan ia dapat lebih berhasil memimpin London daripada Boris Johnson.'

SADIQ KHAN received 1,310,143 votes, compared to Zac Goldsmith's 994,614.
   
The contest was the biggest individual mandate in British political history.
   
Mr Khan said he was proud of Londoners who had chosen 'hope over fear'.
   
Tory leader of the London Assembly slammed Goldsmith's negative tactics.
   
Former Cameron aid said approach had brought back Tory 'nasty party' tag.
   
Official announcement delayed by glitches in electronic counting system.
  
Sadiq Khan was officially declared the first Muslim Mayor of London last night after comfortably defeating Tory rival Zac Goldsmith.

In a clear dig at Mr Goldsmith's campaign, which had been portrayed as 'divisive', Mr Khan said: 'This election was not without controversy and I'm so proud that Londoners have today chosen hope over fear and unity over division.'

Mr Khan said: 'I hope that we will never be offered such a stark choice again. Fear doesn't make us safer, it only makes us weaker, and the politics of fear is simply not welcome in our city.'

He said he was 'deeply humbled' and was 'so proud' of London and he said his late father, a bus driver, would have been very proud too.

The bitterly contested battle had seen Mr Goldsmith and David Cameron repeatedly raise Mr Khan's ties to extremists.

But the interventions did not sway voters in the capital – and the Prime Minister is now facing a massive Conservative backlash over the tactics.

Mr Khan said: 'I grew up on a council estate a few miles from here. Back then I never dreamt someone like me could be elected Mayor of London.

'I want to say a thank you for making the impossible possible. I have a burning ambition for London. An ambition that will guide me everyday: to give Londoners opportunities not to survive but to thrive, the opportunities to build a better future with a decent and affordable home.

'More jobs with better pay, not just being safe but feeling safe, cleaner air and a healthier city. Londoners to fulfil their potential.

'I've been thinking about my late dad. He was a great dad. I am so proud to say that the city he chose to call home has now chosen one of his children to be mayor.'

Mr Goldsmith said of the new mayor: 'I wish him well as he sets out to build on the success seen under Boris Johnson.'