Bangkok Diteror Bom, Inikah Pelakunya Terekam CCTV?

Thai Police Release Chilling CCTV of Suspect Seen Walking into Shrine with a Rucksack

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Bangkok Diteror Bom, Inikah Pelakunya Terekam CCTV?
Ledakan itu terjadi di distrik Ratchaprasong di jantung ibukota Thailand saat jam sibuk pada Senin malam (Foto2: MailOnline)

APAKAH pria mengenakan kaos kuning ini pelaku pengeboman di Bangkok? Polisi Thailand merilis rekaman video di CCTV yang memperlihatkan tersangka berjalan ke kuil dengan tas punggung - kemudian pergi dari situ tanpa ransel beberapa saat sebelum ledakan keras menewaskan 21 orang.

Tersangka, mengenakan T-shirt kuning dan kacamata tebal berbingkai, terlihat membawa ransel (kiri) dekat Erawan Shrine di distrik Ratchaprasong yang terkenal di Bangkok kemudian meninggalkan daerah tanpa tas (tengah atas) sekitar 15 menit sebelum ledakan.

Ledakan itu terjadi di distrik Ratchaprasong di jantung ibukota Thailand saat jam sibuk pada Senin malam.
   
Polisi mengatakan setidaknya 21 orang termasuk empat warga asing tewas dalam ledakan dekat Kuil Erawan yang terkenal.

Pemimpin junta Thailand Prayut Chan-O-Cha mengatakan tersangka diyakini dari 'kelompok anti-pemerintah yang berbasis di Thailand utara-timur' - jantung dari anti-kudeta gerakan Baju Merah, seperti dilansir MailOnline.

Paramedis di tempat kejadian menggambarkan situasi di tempat kejadian bagaikan arena pembantaian seperti 'pasar daging' dengan 'potongan tubuh manusia di mana-mana'. Polisi juga mengungkapkan dua bom lain ditemukan di tempat kejadian tapi belum diledakkan.

Dia menggambarkan pemboman (kanan atas) sebagai 'serangan terburuk yang pernah terjadi' pada negaranya, seraya menambahkan: "Hari ini ada tersangka yang muncul di CCTV tapi tidak jelas ... kami sedang mencari orang ini."
 
Rekaman ponsel mengerikan yang merekam situasi di lokasi ledakan dari jembatan di dekatnya memperlihatkan dampak dari ledakan tersebut.
   
Seorang turis Inggris, John McMahon, menggambarkan peristiwa tersebut sebagai 'pembantaian' dengan 'potongan tubuh manusia terserak' di lokasi kejadian.

IS THIS the Bangkok bomber? Thai police release chilling CCTV of suspect seen walking into shrine with a rucksack - then leaving without it moments before devastating blast which left 21 dead.

The suspect, wearing a yellow T-shirt and thick-rimmed glasses, was seen carrying a rucksack (left) near the Erawan Shrine in the popular Ratchaprasong district of the capital then leaving the area without it (centre) around 15 minutes before the blast.

The explosion took place in the Ratchaprasong district in the heart of the Thai capital during the evening rush hour.
   
Police say at least 21 people including four foreigners were killed in the blast close to the popular Erawan Shrine.

Thai junta chief Prayut Chan-O-Cha said the suspect was believed to be from an 'anti-government group based in Thailand's north-east' - the heartland of the kingdom's anti-coup Red Shirt movement.

Paramedics at the scene have likened the carnage to a 'meat market' with 'bodies everywhere'. Police also revealed another two bombs were found at the scene but had not been detonated.

He described the bombing (top right) as the 'worst ever attack' on his country, adding: 'Today there is a suspect who appeared on CCTV but it's not clear... we are looking for this guy.'

No one has claimed responsibility for the blast but government bosses say attackers deliberately targeted tourists.
   
Terrifying mobile phone footage taken from a nearby overpass has emerged showing the extent of the fiery inferno.
   
One British tourist, John McMahon, described the scene as a 'massacre' with 'body parts everywhere' on the ground.