Maskapai dan Bandara Rahasia di Area 51, Pesawatnya Mengudara Tanpa Logo

The Mysterious Passenger Jets that Fly from Las Vegas to Area 51, None of the Planes Carry Logos

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Maskapai dan Bandara Rahasia di Area 51, Pesawatnya Mengudara Tanpa Logo
Dari Las Vegas pesawat terbang ke barat laut yang dikenal luas sebagai wilayah udara paling terbatas di dunia, markas Area 51 di Pusat Pelatihan dan Pengujian Nevada (Foto2: MailOnline)

SEJUMLAH pesawat penumpang berada di Bandara Internasional McCarran Las Vegas yang menutup peluang bagi publik untuk membeli tiket.

Tidak ada logo atau lambang maskapai penerbangan di pesawat - putih polos dengan pita merah di sisi pesawat - dan siapa pun penumpang yang naik diwajibkan merahasiakan tujuan penerbangan dan tentang pekerjaan mereka.

Alasan dari keberadaan pesawat, sebagian besar Boeing 737, tidak banyak diketahui, karena kesemua pesawat melayani instalasi rahasia militer, Area 51 di Nevada, yang banyak disebut dalam teori konspirasi tentang UFO (obyek terbang tidak teridentifikasi).

Pesawat-pesawat tersebut dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan beroperasi dari terminal pribadi di McCarran yang dijuluki Gold Coast, menurut Flight Club.

Armada jet tersebut juga memiliki sebutan lain - Janet Airlines, karena nama itu yang biasa disebut (call sign)
ketika pesawat mengudara dan mendarat di bandara sipil.

Dari Las Vegas pesawat terbang ke barat laut yang dikenal luas sebagai wilayah udara paling terbatas di dunia, markas Area 51 di Pusat Pelatihan dan Pengujian Nevada.

Bahkan, Flight Club menyebutnya 'wilayah udara terbatas di dalam wilayah udara terbatas'.

Klaim tersebut merujuk pada saat pesawat mendekati bandara rahasia dipanggil dengan sebutan Janet 210 ke 'bones 58'.

Setelah mendarat, penumpang turun ke terminal penumpang yang menjadi inspirasi dari kisah di banyak buku, pertunjukan TV dan film, tapi apa faktanya yang sangat sedikit diketahui.

Nick Pope, penulis Encounter in Rendlesham Forest dan yang pernah menyelidiki UFO untuk Kementerian Pertahanan Inggris, menjelaskan kepada Travel MailOnline bahwa Area 51 adalah tempat di mana beberapa perangkat keras militer berteknologi tinggi yang dibangun dan diuji Amerika - tapi ia meragukan hal itu sebagai extra-terrestrial di tempat asalnya.

Dia mengatakan: 'Area 51 ada - itu bagian dari berbagai pengujian militer di Nevada - dan karena lokasi yang jauh dan jarang penduduknya, di mana berbagai pesawat prototipe rahasia dan drone dikembangkan dan melakukan uji terbang.'

'Komunitas yang tertarik pada UFO dan teori konspirasi berpikir itu adalah tempat di mana UFO jatuh dan disimpan dan militer AS mencoba untuk mengungkap rahasia teknologi alien, dan bahkan Hillary Clinton mengatakan bahwa jika dia terpilih menjadi Presiden dia akan meninjau kawasan rahasia tersebut.

'Sayangnya, meskipun rumor, saya tidak pernah melihat ada bukti bahwa kita sudah mengungkap tentang teknologi ekstraterrestrial.'

'Saya sudah mengecek namanya dalam sejumlah film seperti Independence Day, Area 51 yang menjadi bagian dari budaya pop dan rahasia itu terungkap, sehingga jika memang ada teknologi alien di Area 51, saya kira itu sudah dipindahkan ke lokasi yang belum pernah kita dengar sebelumnya.'

A FLEET of passenger aircraft is stabled at Las Vegas McCarran International Airport that it's impossible to buy tickets for.

They don't carry any company logos – they're plain white with a red band down the side - and anyone who boards one is sworn to secrecy about where they're going and what they do for a living.

The reason that the aircraft, mostly Boeing 737s, are so shadowy in nature, is because they serve America's most secret military base, Area 51 in Nevada, which conspiracy theorists claim houses UFO technology.

They are run by the United States Air Force and operate from a private terminal at McCarran nicknamed Gold Coast, according to Flight Club.

The fleet does have a name of sorts – Janet Airlines, because that's the call sign the planes in it use while in civilian airspace.

From Las Vegas they fly north-west to a place that has what's widely regarded as the most restricted airspace in the world, the Area 51 base in the Nevada Test and Training Range.

In fact, Flight Club calls it 'restricted airspace inside restricted airspace'.

It claims that once the Janet aircraft approach this secretive area their call signs change from the likes of 'Janet 210' to 'bones 58'.

Once they touch down, the passengers disembark into a facility that's inspired countless books, TV shows and movies, but about which very little is known.

Nick Pope, author of Encounter in Rendlesham Forest and the man who used to investigate UFOs for the British Ministry of Defence, explained to MailOnline Travel that Area 51 is the place where some of America's most hi-tech military hardware is built and tested – but he doubts any of it is extra-terrestrial in origin.

He said: 'Area 51 exists - it's part of a military testing range in Nevada - and because of the remote and sparsely-populated location, it's where various secret prototype aircraft and drones are developed and test flown.

'The UFO and conspiracy theory community think it's the place where crashed UFOs are kept and where the US military are trying to back-engineer this alien technology, and even Hillary Clinton has said that if she's elected President she'll look into the claims.

'Sadly, despite the rumours, I've seen no evidence that we've recovered any extraterrestrial technology.

'Having been namechecked in movies like Independence Day, Area 51 has become part of pop culture and the secret is out, so if there ever was alien technology at Area 51, I suspect it's been moved to a location we've never heard of.'