Tabrakan Bus di Seattle AS Tewaskan Mahasiswa Indonesia

Students Killed in Seattle Bus Crash were from Four Countries

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Tabrakan Bus di Seattle AS Tewaskan Mahasiswa Indonesia
Kecelakaan itu mengakibatkan bus charter rusak berat dengan kaca dan puing-puing di lokasi kecelakaan, dan bus amfibi Ride the Ducks juga ringsek dan roda depannya lepas (Foto: MailOnline)

EMPAT mahasiswa yang tewas dalam kecelakaan bus charter dan bus wisata amfibi di jembatan Seattle berasal dari Austria, Cina, Indonesia dan Jepang, seperti dinyatakan pihak kampus pada Jumat.

Mereka yang tewas adalah Claudia Derschmidt, 49, dari Austria; Privando Putradanto, 18, dari Indonesia; Mami Sato, 36, dari Jepang; dan Runjie lagu, 17-tahun dari China, yang diumumkan oleh Universitas North Seattle melalui pernyataan resminya.

Sekitar 90 petugas pemadam kebakaran dan petugas medis langsung mendatangi lokasi kecelakaan saat tabrakan maut pada Kamis sore di lalu lintas yang padat di Jembatan Aurora, dan sekitar 50 orang dirawat di rumah sakit, kata pihak berwenang.

Perguruan tinggi mengatakan beberapa mahasiswa dalam kondisi kritis, dan mahasiswa lain maupun karyawan universitas menderita luka serius, yang dikutip Reuters seperti dilansir MailOnline.

Kecelakaan itu mengakibatkan bus charter rusak berat dengan kaca dan puing-puing di lokasi kecelakaan, dan bus amfibi Ride the Ducks juga ringsek dan roda depannya lepas.

Sekitar 45 mahasiswa dan karyawan dari program internasional Universitas North Seattle sedang berada di bus. Mereka tengah menuju ke stadion kota sebagai bagian dari program orientasi mahasiswa baru.

Penyidik meminta keterangan dari para saksi yang menuding masalah mekanis menjadi penyebab kecelakaan pada bus amfibi, kata polisi, Kamis.

Pihak pemerintah kota ini memberitahu keluarga korban dan membantu untuk mengkoordinasikan perjalanan ke Amerika Serikat.

Keselamatan lalu lintas di jembatan, yang tanpa dilengkapi median pembatas, menjadi perhatian dari pejabat negara bagian dan lokal. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional sedang menyelidiki kecelakaan itu.

Kecelakaan itu terjadi hampir lima bulan setelah bus amfibi menabrak kendaraan lain dan menewaskan seorang wanita di jalan Philadelphia. Pada 2010, dua wisatawan tewas ketika kapal tunda yang menabrak bus amfibi, yang juga terjadi di Philadelphia.

FOUR college students killed in the crash of their charter bus and an amphibious tour bus on a Seattle bridge were from Austria, China, Indonesia and Japan, their school said on Friday.

The dead were Claudia Derschmidt, 49, of Austria; Privando Putradanto, 18, of Indonesia; Mami Sato, 36, from Japan; and Runjie Song, a 17-year-old from China, North Seattle College said in a statement.

About 90 firefighters and medics responded to the scene of Thursday afternoon's head-on collision on the busy Aurora Bridge, and about 50 people were treated at hospitals, authorities said.

The college said several students remained in critical condition, and other students and a North employee sustained serious injuries.

The crash left the charter bus caved in with glass and debris on the ground, and the Ride the Ducks amphibious bus also crumpled and missing a front wheel.

About 45 students and employees from North Seattle College's international programs were on the bus. They were headed to a downtown stadium as part of a new student orientation program.

Investigators are reviewing witness reports of a possible mechanical issue on the duck vehicle, police said on Thursday.

The city was notifying victims' family and helping to coordinate travel to the United States.

Traffic safety on the bridge, which has no median barrier, has been a concern of state and local officials. The National Transportation Safety Board is investigating the crash.

The accident comes nearly five months after an amphibious sightseeing vehicle hit and killed a woman on a Philadelphia street. In 2010, two tourists were killed when a tugboat pushed a barge into a similar vehicle, also in Philadelphia.