Pemilu di Inggris, Klub Bola Tentukan Pilihan Pendukung

Labour Wins a Clear Majority... from Premier League Clubs

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pemilu di Inggris, Klub Bola Tentukan Pilihan Pendukung
Grafik empat divisi pendukung parpol, PM David Cameron dari Partai Buruh (kanan atas), Ed Miliband (Demokrat Liberal). Tiga anggota parlemen yang bersaing di London dan Manchester (kiri) Kate Green, Jeremy Corbyn dan Lucy Powell. (Foto2: MailOnline)

BESOK, para pemilih akan menuju ke tempat pemungutan suara dalam pemilihan umum paling ketat selama empat dekade terakhir.

Apabila pemilihan umum dilakukan terbatas pada penggemar sepak bola, tampaknya Partai Buruh mungkin menang dengan telak.

Merah menjadi warna yang mendominasi di Liga Sepak bola Inggris apabila mengacu pada kecenderungan politik dari pihak klub yang didukung para pemilih di Inggris.

Partai Konservatif tampaknya bakal kalah, sedangkan Demokrat Liberal hanya didukung tujuh klub di daerah pemilihan di mana mereka memegang kekuasaan. Jadi jika pemilihan umum bulan Mei berlangsung seperti hasil pemilihan pada 2010, Partai Buruh akan meninggalkan saingan mereka tertinggal dalam pemilihan alternatif ini.

Secara keseluruhan, partai Ed Miliband memiliki anggota parlemen di daerah pemilihan sebanyak 55 dari 92 klub di empat divisi Inggris. David Cameron dari Konservatif hanya didukung memiliki 29 klub, seperti dilansir MailOnline.

Hanya satu klub jatuh ke tangan independen: Bradford West, yang memegang Valley Parade, yang memilih pemimpin Respect anggota parlemen George Galloway pada Pemilu 2012.

Di atas kertas, 18 dari 20 klub di Premier League berada di daerah pemilihan yang dikuasai oleh Partai Buruh. Hanya Chelsea, yang mendukung Konservatif, warna biru, dan Burnley, di mana Demokrat Liberal terus bergoyang, yang berbeda.

Penelitian, yang dilakukan oleh Philip Cowley, profesor politik di Nottingham University, menunjukkan sepakbola tetap permainan kaum pria, maka Partai Buruh tetap jadi pilihan para pekerja.

TOMORROW, voters go to the polls in the closest election for four decades.

If the general election were confined to voting by football fans, it looks like Labour might win by a landslide.

Red is the overwhelming colour across the Football League in terms of the party that governs clubs' constituencies.

The Conservatives trail some way behind, while the Liberal Democrats have only seven clubs in constituencies where they hold power. So if May's vote goes the same way as the one in 2010, Labour would leave their rivals trailing in this alternative election.

Overall, Ed Miliband’s party has MPs in constituencies housing 55 of the 92 clubs in England’s top four divisions. David Cameron’s Tories have 29.

Only one club falls into independent hands: Bradford West, which holds Valley Parade, voted Respect leader George Galloway as their MP in a 2012 by-election.

At the top table, 18 of the 20 Premier League grounds are in constituencies held by Labour. Only Chelsea, who voted Tory, fittingly blue, and Burnley, where Lib Dems hold sway, are any different.

The research, undertaken by Philip Cowley, Professor of Parliamentary Government at Nottingham University, suggests football remains the working man’s game, so long as Labour is the working man’s party.