Tsipras Terpilih Pimpin Yunani, Euro Terpuruk terhadap Dolar AS

Euro Sinks as Greece`s New Far-Left Leader Agrees Deal with Right-wingers

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Tsipras Terpilih Pimpin Yunani, Euro Terpuruk terhadap Dolar AS
"Warga Yunani telah berbicara ´, kata Samaras dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi. "Semua orang harus menghormati keputusan rakyat. Hati nurani saya jelas." (Foto2: MailOnline)

KOALISI PARTAI yang menolak berhemat hari ini menang pemilu di Yunani yang dikhawatirkan kritikus dapat memaksa Eurozone akan mengalami krisis baru.

Dengan 99,8 persen suara yang dihitung, partai kiri radikal Syriza meraih 149 kursi di parlemen dari 300 anggota, hanya butuh dua kursi untuk melaksanakan pemerintahan.

Namun pemimpin Alexis Tsipras cepat memperoleh dukungan kunci yang ia butuhkan untuk membentuk pemerintahan dengan menciptakan aliansi mengejutkan dengan partai gurem dari sayap kanan.

Pria 40 tahun ini dijadwalkan akan dilantik pada Senin, yang menjadikan dirinya sebagai Perdana Menteri Yunani termuda selama lebih dari 150 tahun, seperti dilansir MailOnline.

Tsipras diharapkan untuk menegosiasikan kembali kesepakatan bailout senilai 240 miliar euro dan merevisi reformasi yang dituntut kreditor dari UniEropa untuk memulihkan ekonomi Yunani sejak krisis 2010.

Hal itu menempatkan Yunani berbenturan dengan Jerman atas kesepakatan bailout besar-besaran, Angela Merkel menegaskan pemerintah Yunani baru bisa melupakan segala jenis penghapusan utang.

Nilai kurs euro menyentuh level terendah dalam 11 tahun terakhir terhadap dolar hari ini, yang diperdagangkan pada level US$1,1088 di Tokyo pada perdagangan pagi, level terendah sejak September 2003.

Mata uang tunggal, euro juga jatuh terhadap poundsterling, sebagai pukulan tertinggi dalam tujuh tahun terakhir sekitar 1,34 euro.

Perdana Menteri Antonis Samaras yang tersingkir sebelumnya memperingatkan bahwa pemilu akan menempatkan Yunani pada 'ambang bencana' dan David Cameron mengatakan akan 'meningkatkan ketidakpastian ekonomi di Eropa'.

Samaras menelepon Tsipras untuk mengakui kekalahannya tadi malam, dan para pendukung Tsipras merayakan kemenangan dengan melambaikan bendera di jalan-jalan Athena.

"Warga Yunani telah berbicara ', kata Samaras dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi. "Semua orang harus menghormati keputusan rakyat. Hati nurani saya jelas."

Tsipras mengatakan unjuk rasa ribuan pendukung dia akan mengatasi 'penghematan yang menghancurkan masa depan Eropa bersama kami," dalam pidatonya yang dilatari lagu Rock the Casbah dari The Clash.

"Saya ingin meyakinkan Anda bahwa pemerintah Yunani baru akan siap untuk bekerja sama dan bernegosiasi untuk pertama kalinya dengan mitra kami untuk solusi yang saling menguntungkan dan berkelanjutan sehingga Yunani keluar dari lingkaran setan utang," katanya.

"Kami memiliki kesempatan besar untuk sebuah awal baru baik di Yunani dan di Eropa. Untuk kebijakan baru, untuk model baru hubungan berdasarkan saling menghormati."

AN ANTI-AUSTERITY party today won a landmark election victory in Greece which critics fear could force the Eurozone into a fresh crisis.

With 99.8 per cent of the vote counted, radical leftist party Syriza won 149 seats in the 300-member parliament, just two seats short of outright rule.

But leader Alexis Tsipras quickly gained the key backing he needed to form a government by creating a surprise alliance with a small right-wing party.

The 40-year-old is due to be sworn in at 2pm GMT today, making him the youngest Greek Prime Minister for more than 150 years.

Mr Tsipras has pledged to renegotiate Greece's €240billion (£179bn) international bailout deal - and to reverse many of the reforms that EU creditors demanded in exchange for keeping Greece financially afloat since 2010.

That has placed the country on a collision course with Germany over its massive bailout deal, with Angela Merkel saying the new Greek government must uphold its commitments to international creditors.

The Euro hit an 11-year low against the dollar today, trading at $1.1088 in Tokyo in early morning trade, the lowest level since September 2003.

The single currency has also tumbled against the pound, with sterling hitting a seven-year high of around €1.34.

Outgoing Prime Minister Antonis Samaras had earlier warned the result would leave Greece on the 'brink of catastrophe' and David Cameron said it would 'increase economic uncertainty across Europe'.

As Mr Samaras phoned Mr Tsipras to concede defeat last night, jubilant supporters waved flags on the streets of Athens.

'The Greek people have spoken', said Mr Samaras in a televised statement. 'Everyone respects their decision. My conscience is clear.'

Mr Tsipras told a rally of thousands of supporters he would defeat 'austerity which destroys our common European future', his speech backed by the booming sounds of Rock the Casbah by The Clash.

'I would like to reassure you that the new Greek government will be ready to co-operate and negotiate for the first time with our partners for a mutually beneficial and sustainable solution so Greece comes out of a vicious circle of debt,' he said.

'We have a great opportunity for a new beginning both in Greece and in Europe. For a new policy, for a new model of relations based on mutual respect.