"Dia Mengerang Kesakitan," kata Dokter yang Pertama Kali Menolong Harrison Ford

´He was moaning in pain´: Surgeon Describes the Moment Harrison Ford Crash-landed

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


"Dia Mengerang Kesakitan," kata Dokter yang Pertama Kali Menolong Harrison Ford
Dr Sanjay Khurana (insert) dan petugas medis menolong aktor Harrison Ford dari puing-puing pesawat, lokasi kecelakaan dan bandara yang seharusnya didarati pesawat. Aktor Star Wars dengan hobi lain mengendarai mobil antik (Foto2: MailOnline)

DOKTER YANG membantu menangani aktor Hollywood Harrison Ford setelah pesawat antiknya jatuh di lapangan golf California pada Kamis waktu setempat mengatakan ia langsung mengenali korbannya adalah aktor terkenal di dunia sedang terluka di dalam kokpit, tapi dalam keadaan sadar.

"Dia agak terkejut," kata ahli bedah tulang belakang Sanjay Khurana. "Dia mengerang dan kesakitan."

"Itu tampak jelas di wajahnya, dia Harrison Ford. Saya sudah cukup tua, atau masih muda, saya menonton  semua film 'Star Wars' nya. Jadi, saya tidak salah," kata Khurana kepada ABC News seperti dilansir MailOnline.

Dr Khurana sedang bermain golf dekat Santa Monica Airport ketika melihat pesawat 'jatuh' dan bergegas ke tempat kejadian untuk menolong sang aktor yang mengalami kecelakaan.

Dia mengatakan kepada stasiun TV di Los Angeles dan GMA bahwa selain mengkhawatirkan dampak dari cedera Ford, ia melihat bahan bakar bocor keluar dari pesawat era Perang Dunia II tersebut.

Dia dan pegolf lainnya segera menarik Ford dari reruntuhan pesawat. Pegolf lainnya mengeluarkan bahan bakar sehingga tidak memicu kebakaran.

Bersama dengan teman-temannya yang bermain golf, Dr. Khurana menarik Ford dari reruntuhan di tengah bau bensin yang bocor dari pesawat.

"Kami berusaha mengeluarkan dia dari pesawat meskipun bahan bakar bocor keluar, saya menunjuk beberapa orang lain di lapangan golf untuk menutupi ceceran bahan bakar dengan tanah sehingga tidak akan memicu kebakaran," katanya kepada CBS News.

"Saya hanya ingin mengeluarkannya dengan aman sehingga tidak terjadi kebakaran."

Aktor 72 tahun, yang telah mengantungi lisensi terbang selama hampir dua dekade, mengalami kecelakaan saat terbang di sore hari dan menyadari bahwa ia tidak mampu mendarat landasan di Santa Monica Airport, sehingga memilih lapangan hijau di dekatnya yakni lapangan golf Penmar untuk menghindari jatuh di pemukiman padat penduduk.

Ford menyelamatkan nyawa banyak orang dengan terbang secara berani menjauhi rumah-rumah penduduk, kata saksi.

Eddie Aguglia, yang sedang bermain golf pada saat itu, mengatakan kepada NBC: 'Melihat pesawatnya jatuh dan bagaimana pesawat itu jatuh, saya yakin ada saat di mana dia berkata,' 'Saya tidak akan mempertaruhkan nyawa orang lain, apapun yang terjadi, terjadi. Cukup saya yang menjadi korban."

Setelah terbang dari ketinggian 3,000 kaki dan menabrak pohon dan jatuh, Ford dilarikan ke rumah sakit dengan pendarahan di kepala dan patah pergelangan kaki dan panggul.

Luka-lukanya dinyatakan hanya sebagai 'luka ringan' dan ia diharapkan dapat pulih dalam waktu dekat.

'Di rumah sakit. Ayah OK. Cedera memang, tapi OK! Dia adalah lelaki yang tangguh. Dia adalah seorang pria yang sangat kuat,' kata anaknya Ben Ford yang nge-tweeted hanya dua jam setelah kecelakaan. "Terima kasih untuk semua perhatian dan kepedulian yang baik untuk ayah saya."

THE DOCTOR who helped treat Harrison Ford after his vintage plane crash-landed on a  California golf course on Thursday described the moment he recognized it was the world famous actor slumped over in the cockpit injured, but conscious.

'He was stunned a bit,' said spinal surgeon Sanjay Khurana. 'He was moaning and in pain.'

'It was obvious by his face, it was Harrison Ford. I'm old enough, or young enough, to have watched all his 'Star Wars' films. So, it was obvious,' Khurana told ABC News.

Dr. Khurana was golfing next to Santa Monica Airport when he saw the plane 'belly flop' and rushed to the fairway where it came to rest.

He told TV stations in Los Angeles and GMA that aside from worrying about Ford's injuries from the impact, he saw fuel leaking out of the World War II-era plane.

He and other golfers pulled Ford from the wreckage. Others threw dirt on the fuel so it wouldn't catch fire.

Along with his friends who were golfing, Dr. Khurana pulled Ford from the wreckage as the smell of gasoline filled the air.

'We wanted to get him out safely and with the fuel leaking out, I motioned to some of the other folks at the golf course to put dirt on the fuel so it wouldn’t combust,' he said to CBS News.

'I just wanted to get him out safely so that the situation wouldn’t erupt into a fire.'

The 72-year-old actor, who has been a licensed pilot for nearly two decades, fell into difficulties during his afternoon flight and realized he was unable to make the runway at Santa Monica Airport, so picked a long green at the nearby Penmar golf course to land out of the way of the congested neighborhood.

Ford saved lives by his heroic swerving of the plane away from people's homes, witnesses said.

Eddie Aguglia, who was playing golf at the time, told NBC: 'Looking at where he crashed and how the plane went down, I'm sure there was a moment where he said, ''I'm not going to risk lives, whatever happens, happens. It's going to be just me.'''

After plunging 3,000ft and hitting a tree on the way down, Ford was rushed from the scene bleeding heavily from a head wound and suffering a broken ankle and pelvis.

His injuries were described only as 'moderate' and he is expected to make a full recovery.

'At the hospital. Dad is ok. Battered, but ok! He is every bit the man you would think he is. He is an incredibly strong man,' his son Ben Ford tweeted just two hours after the crash. 'Thank you all for your thoughts and good vibes for my dad.'