Hillary Clinton Tuding Donald Trump Rasis dan Anti Kesetaraan Gender

Hillary Brands Trump Racist and Sexist for Calling Women `Pigs` in Savage First Presidential Debate

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Hillary Clinton Tuding Donald Trump Rasis dan Anti Kesetaraan Gender
Foto2: The Sun

HILLARY Clinton menuding Donald Trump sebagai rasis dan penentang kesetaraan gender ketika kedua kandidat Presiden AS ini tampil dalam debat perdana menjelang pemilihan presiden.

Clinton menuduh Trump menyebarkan 'kebohongan rasis" yang menuding Presiden Barack Obama bukan warga negara Amerika, seraya menambahkan bahwa pengusaha tajir ini 'memiliki catatan panjang terkait perilaku rasis'.

Clinton juga mempertanyakan pernyataan yang menolak kesetaraan gender tentang hak wanita, dengan mengingatkan audiens di Universitas Hofstra di Hempstead, New York yang sebelumnya menyebut wanita sebagai 'babi', 'anjing' dan sebutan menghina lainnya.

Namun dia membalas komentar 'buruk' dengan menyebut Clinton tidak pantas dan stamina menjadi Presiden berikutnya.

Dia juga mengungkit landasan moral yang tinggi setelah perdebatan dengan tidak mengungkapkan berbagai skandal seks suaminya, termasuk selingkuh dengan karyawan magang Gedung Putih, Monica Lewinsky.

Ketika ditanya oleh CNN jika ada sesuatu yang akan berubah tentang kinerja dan performa selama debat yang dijawab secara negatif.

"Tidak, saya sangat senang bahwa saya mampu untuk menahan diri, Anda tahu, kecerobohannya sehubungan dengan Bill Clinton karena saya menghormati Chelsea Clinton dan saya hanya tidak ingin mengatakan apa yang saya akan katakanlah," kata Trump.

Serangan menyengat Clinton pada Trump muncul setelah rivalnya berulang kali mengecamnya dengan berteriak selama debat berlangsung seperti dilansir The Sun.

HILLARY Clinton branded Donald Trump racist and sexist in a bad-tempered clash as the White House candidates went head-to-head during the first US presidential debate.

Clinton accused Trump of spreading a “racist lie” that Barack Obama was not an American citizen, adding that the billionaire businessman “has a long record of engaging in racist behaviour”.

Clinton also called into question Trump’s alleged sexist remarks about women, reminding the audience at Hofstra University in Hempstead, New York of him previously calling women “pigs”, “dogs”and other derogatory names.

But he hit back over her ‘nasty’ comments adding she does not have the look or stamina to be the next President.

He also took the moral high ground after the debate by revealing he restrained from bringing up her husband’s various sex scandals, including an affair with White House intern Monica Lewinsky.

When asked by CNN if there was anything he would change about his rough and tumble debate performance he answered in the negative.

“No, I was very happy that I was able to hold back on the, you know, indiscretions with respect to Bill Clinton because I have a lot of respect for Chelsea Clinton and I just didn’t want to say what I was going to say,” Trump said.

Clinton’s stinging attacks on Trump came as the rivals shouted back and forth at one another throughout the debate.