MH370, Sinyal dari Black Box Dideteksi Kapal China

Chinese Patrol Ship Intensifies to Detect Black Box

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


MH370, Sinyal dari Black Box Dideteksi Kapal China
Dua kapal Angkatan Laut China --Jianggangshan dan Kunlunshan-- bergabung dengan kapal patroli Tiongkok Haixun 01 pada Sabtu di daerah pencarian (Foto2: Mail Online)

KAPAL patroli China, Haixun 01, yang mencari pesawat jet penumpang Malaysia MH370, mendeteksi sinyal dengan frekuensi 37,5kHz per detik di perairan Samudra Hindia, Sabtu.

Pendeteksi kotak hitam yang digunakan oleh Haixun 01 menangkap sinyal sekitar 23 derajat Lintang Selatan dan 101 derajat Bujur Timur. Belum diketahui apakah itu berkaitan dengan jet yang hilang tersebut.

Kapal Angkatan Laut China telah meningkatkan upaya mereka untuk mencari pesawat Malaysia Airlines dengan Nomor Penerbangan MH370 di bagian selatan Samudra Hindia, kata seorang wartawan Xinhua di lokasi.

Dua kapal Angkatan Laut China --Jianggangshan dan Kunlunshan-- bergabung dengan kapal patroli China Haixun 01 pada Sabtu di daerah pencarian.

Kapal penghancur rudal China Haikou bertugas di daerah pencarian yang berpusat pada 26 derajat Lintang Selatan dan 96 derajat Bujur Timur, dan kapal pasokan China Qiandaohu mencari di daerah selatan pada 29 derajat Lintang Selatan dan 98 derajat Bujur Timur.

Armada empat kapal Angkatan Laut China bergabung pada 30 Maret di perairan di sebelah barat Perth, Australia, untuk mengkoordinasi pencarian pesawat jet Malaysia yang hilang itu.

Armada tersebut sejauh ini telah menemukan dan mengesampingkan beberapa objek, tapi tak ada yang berkaitan dengan pesawat MH370 yang ditemukan, seperti dilansir Xinhua.

CHINESE patrol ship Haixun 01, searching for the missing Malaysian passenger jet MH370, detected a pulse signal with a frequency of 37.5kHz per second in southern Indian Ocean waters Saturday.

A black box detector deployed by the Haixun 01 picked up the signal at around 25 degrees south latitude and 101 degrees east longtitude. It is yet to be established whether it is related to the missing jet.

A shipboard rescue boat carrying a black box detector searched the area from 9:20 a.m. Beijing time (1:20 a.m. GMT) until noon, with no significant findings. Haixun 01 also searched at dusk on Thursday.

The efforts to search the newly-designated area with black box detectors have been intensified as the batteries of the black box's locator beacons are expected to run out soon.

The task is made tremendously difficult with no definite water zone and an increased water depth as the vessel moved north, said Zhang Liang, the survey captain from the Shanghai Maritime Center of Surveying and Mapping who is travelling with the rescue team.

The water depth at Haixun 01's current location is about 5,000 meters, according to Zhang.

The newest key search zone announced by Australia is the area near 100 degrees east longitude and 20 degrees south latitude, according to Haixin 01's onsite headquarters.