Varoufakis Mundur sebagai Menkeu, Santai `Ngebir` di Athena

Varoufakis Enjoys a Drink after Quitting as Greece Finance Minister

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Varoufakis Mundur sebagai Menkeu, Santai `Ngebir` di Athena
Sang mantan menteri, Yanis Varoufakis tampak santai minum bir dengan istri dan teman-teman di bar Athena (kiri) dan naik sepeda motor dengan istrinya, pensiunan di Yunani panik (Foto2: MailOnline)

YUNANI menolak keras paket bantuan keuangan (bailout) yang ditawarkan Uni Eropa melalui referendum bersejarah kemarin.
 
Hasil pemungutan suara mengakibatkan negara harus tertatih-tatih menghadapi beban utang sekaligus meninggalkan zona euro.

Para pemimpin Eropa akan mengadakan pertemuan darurat di Brussels untuk membahas bantuan keuangan untuk Yunani.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis memilih mundur dari jabatannya dan beberapa jam kemudian terlihat minum bir di sebuah bar di Athena.

Sang mantan menteri, Yanis Varoufakis tampak santai minum bir dengan istri dan teman-teman di bar Athena (kiri) ketika pemerintah Yunani bergegas untuk mengumumkan perpanjangan penutupan Bank.

Sebelumnya, Varoufakis mengumumkan pengunduran langsungnya dalam posting blog yang berakhir dengan pernyataan menyindir dia akan bertindak bagaikan 'kreditur' meski harus diungkapnya dengan pahit bahwa 'ia menyatakan mundur kepada Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dan memilih meninggalkan pekerjaan' yang mungkin dapat membantu mengatasi kesulitan ekonomi Yunani yang nyaris bangkrut.
 
Penggantinya, Euclid Tsakalotos mengatakan dia 'demam panggung' saat mengambil tugas berat untuk memperbaiki keuangan Yunani, seperti dilansir MailOnline.

Bank Sentral Eropa mengatakan tidak akan memberikan dana darurat lebih cepat setelah bank-bank di Yunani kehabisan uang tunai.

Para pensiunan di Yunani harus menunggu di luar bank untuk menarik uang tunai yang dibatasi maksimum 120 euro (kanan atas), sementara warga harus antrian di luar dapur umum di ibukota (kanan bawah).

GREECE overwhelmingly rejected the European Union's bailout package in yesterday's historic referendum.
 
Landslide result leaves the heavily indebted country teetering on the edge of leaving the Eurozone altogether.

Eropean leaders will hold an emergency summit in Brussels tomorrow to discuss financial aid for Greece.

Greek finance minister Yanis Varoufakis quit his job and hours later was seen drinking a pint in an Athens bar.

Yanis Varoufakis was pictured supping on a beer with his wife and friends in an Athens bar (left) as the Greek government prepared to announce an extension to the bank closure.

Earlier today Varoufakis announced his immediate resignation in a blog post that ended with him announcing he will 'wear the creditors' loathing with pride' as he revealed that Greece's Prime Minister Alexis Tsipras had judged that his leaving the job 'might help achieve a deal'.
 
His successor Euclid Tsakalotos said he had 'stage fright' when taking on unenviable role of fixing Greece' finances.

European Central Bank said it would not provide more emergency funding with banks rapidly running out of cash.

Pensioners have had to wait outside banks in order to withdraw a maximum of €120 (top right), while struggling citizens queue outside soup kitchens in the capital (bottom right).