Ikat Kepala Bluetooth untuk Awasi Anak Berenang

The Headband Uses Bluetooth to Alert Your Children from Drowning

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Ikat Kepala Bluetooth untuk Awasi Anak Berenang
Dalam situasi darurat ini maka alarm di smartphone akan berbunyi, mengingatkan orang tua untuk segera menyelamatkan anak mereka (Foto2: MailOnline)

BAGI orang tua, kemungkinan anak masuk ke kolam renang tanpa pengawasan dan tenggelam adalah ancaman yang sangat nyata dan memprihatinkan.

Untuk menenangkan kekhawatiran para orang tua, sebuah perusahaan merancang ikat kepala yang terhubung ke smartphone para orangtua apabila anaknya kecemplung di kolam renang.

Dengan sinkronisasi dengan perangkat iOS, sensor mengirimkan peringatan melalui Bluetooth dan memungkinkan orang dewasa datang membantu anak mereka sedini mungkin, seperti dilansir MailOnline.

Perangkat tahan air dinamai iSwimband dengan harga jual di kisaran Rp120 ribuan.

Ikat kepala ini dipasang di kepala anak dan didukung sensor Bluetooth. Tersedia pula perangkat dalam bentuk gelang.

Perangkat versi gelang dirancang untuk anak-anak yang belum bisa berenang dan jatuh ke kolam renang tanpa disengaja.

Ketika perangkat ini mendeteksi anak jatuh ke kolamg renang, akan mengirimkan peringatan segera kepada orang tua sehingga mereka segera tahu dan segera bertindak untuk menyelamatkan buah hatinya.

Untuk versi ikat kepala, sementara itu, dirancang untuk anak-anak yang berusia sedikit lebih tua yang mampu berenang.

Juga berguna untuk mengetahui anak yang tenggelam, diketahui dari lamanya waktu mereka muncul di permukaan kolam renang.

Dalam situasi darurat ini maka alarm di smartphone akan berbunyi, mengingatkan orang tua untuk segera menyelamatkan anak mereka.

Hingga delapan iSwimbands dapat disinkronisasikan ke setiap perangkat bergerak versi iOs.

Pengeras suara melalui speaker juga dapat dihubungkan dengan suara nyaring.

Namun, perusahaan pengembangnya mengingatkan para orangtua untuk tahu lokasi anak mereka berenang, karena perangkat ini tidak didukung GPS, meskipun hal ini akan mereka tambahkan di masa mendatang.

'iSwimband adalah ikat kepala bersensor yang pertama kali dipakai di dunia yang dirancang untuk mengingatkan Anda melalui alarm audio dan visual ke smartphone cerdas atau tablet (dan terhubung ke speaker) untuk mengawasi anak yang berenang, khususnya anak yang tidak bisa berenang," kata perusahaan melalui situs web mereka.

FOR PARENTS, the possibility of a child falling into a pool unattended and drowning is a very real and concerning threat.

So to put their mind at ease, one company has designed a headband that alerts a parent’s smartphone if a child accidentally falls in water.

By syncing with an iOS device, the sensor sends a warning via Bluetooth and lets the adult come to the aid of their child as quickly as possible.

The waterproof device is known as the iSwimband and costs aroun $99 (around £60).

It sits around the head of a child and has a Bluetooth-enabled sensor at the front. There is also a wristband option available.

The wristband version is designed for children who are non-swimmers and fall into a pool by mistake.

When the device detects the child has fallen into water, it sends an alert immediately to the parent so they can come and rescue them.

The headband version, meanwhile, is designed for slightly older children who are able to swim.

It detects when a child has been underwater for too long, perhaps because they are struggling to swim to the surface.

In this instance an alarm will again sound on the phone, alerting the parent to come and save their child.

Up to eight iSwimbands can be synced to any one iOS device.

Speakers can also be linked to provide louder alerts.

However, the company adds that it is important the parent knows the general location their child is in, as the device does not have GPS, although this is something they to add in future.

'iSwimband is the world's first wearable sensor designed to alert you with an audible/visual alarm on your smartphone or tablet (and linked speakers) if a swimmer has been submerged dangerously long, or if your non-swimmer enters the water,' the company says on their website.

'While nothing can replace diligent human supervision, iSwimband provides you and your loved ones with an added layer of protection around water.'