Apple Gunakan Snapchat Optimalkan Fungsi Pesan

Apple Takes on Snapchat with a Text Self-destruct Button

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Apple Gunakan Snapchat Optimalkan Fungsi Pesan
Apple iOS 8 tambahan sekarang memiliki aplikasi berbagi keluarga yang memungkinkan keluarga untuk dengan mudah berbagi jadwal, foto-foto dan bahkan menemukan telepon (Foto2: MailOnline)

APPLE melakukan perombakan radikal terhadap software Mac agar dapat bekerja berdampingan dengan sistem operasi iOS 8. 

Perangkat lunak terbaru iOS sekarang didukung notifikasi interaktif, keyboard yang mampu memprediksi apa yang akan diketik oleh penggunanya, dan cara kerja Snapchat merombak tombol pesan video dan audio, seperti dilansir MailOnline.

Sementara itu, desain baru perangkat lunak Mac mengadopsi konsep yang terlihat tahun lalu pada iOS 7, dan menambahkan fitur kunci seperti mampu untuk browsing Wikipedia dan web langsung dari layar utama. 

Bos Apple, Tim Cook mengatakan perangkat lunak perusahaan sepenuhnya didesain ulang untuk bekerja 'mulus' bersama-sama.

Sistem notifikasi terbaru iOS8 bermaksud agar pengguna dapat merespon tanpa harus membuka dan beralih aplikasi.

Ada juga sistem pesan video baru yang memungkinkan orang untuk dengan mudah mengirim video dan pesan audio.

Hal ini memungkinkan pesan yang akan ditetapkan untuk bekerja maksimal, bukan seperti Snapchat.

Keyboard iPhone dirombak dengan sistem QuickType baru yang dapat memprediksi kata-kata yang cenderung paling banyak digunakan, dan belajar bagaimana jenis pengguna dari waktu ke waktu.

Spotlight juga ditingkatkan untuk memungkinkan pencarian yang lebih baik.

Menurut Cook, Messages adalah aplikasi yang paling sering digunakan, dan ini telah diperbarui untuk membuatnya lebih mudah, untuk mengatur dan mengambil bagian dalam obrolan kelompok.

Aplikasi kesehatan yang banyak digembar-gemborkan juga mengungkapkan, setelah sepekan terungkap. Ini membawa data bersama dari aplikasi kebugaran dan sistem lainnya.

"Pengembang telah menciptakan array yang luas dari perangkat kesehatan," kata Craig Federighi, bos pengembangan software Apple. 

Apple bekerja sama dengan Mayo Clinic untuk memungkinkan data yang akan dibagi dengan dokter secara otomatis, dan memberitahu mereka jika pembacaan terlalu tinggi, misalnya.

Apple iOS 8 tambahan sekarang memiliki aplikasi berbagi keluarga yang memungkinkan keluarga untuk dengan mudah berbagi jadwal, foto-foto dan bahkan menemukan telepon. 

Orang tua dapat melihat apa yang anak-anak mereka membeli secara online, dan men-download aplikasi, musik dan film pada account yang sama.

Sistem akan secara otomatis memberi info pada orang tua apabila anak mereka mencoba untuk membeli konten secara online, juga. 

Elsehwere, pengembang aplikasi menambahkan HomeKit, sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol peralatan rumah dan mengubah iPhone mereka menjadi remote control.

Hal ini memungkinkan iPhone untuk membuka pintu, mengontrol lampu dan bahkan melaksanakan perintah seperti 'bersiap-siap untuk tidur' yang bisa meredupkan lampu dan mengunci semua pintu. 

Selama pengumuman Mac OS, Federighi bergurau bahwa OS X Weed adalah salah satu nama yang dipertimbangkan, sebelum mengungkapkan versi terbaru dari perangkat lunak akan disebut Yosemite.

Perangkat lunak ini telah didesain ulang untuk melihat 'flat'-menyerupai versi terbaru dari perangkat lunak iOS terlihat pada iPhone dan iPads - dalam sebuah proyek yang diawasi oleh kepala desainer Sir Jonathan Ive. 

Ini juga memiliki modus baru yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengubah skema warna, dan dilengkapi dengan layanan penyimpanan online baru bernama iCloud Drive. 

Hal ini memungkinkan pengguna secara otomatis mensinkronisasi file secara silang ke Mac, iPhone, iPads dan bahkan Windows PC. 

"Itu punya antarmuka semua baru, 'Federighi membual. "Ini cantik dan lebih bermanfaat."

Pembaruan perangkat lunak akan meningkatkan daya tahan baterai, menurut Federighi, dan telah menambahkan 'markup' pilihan baru untuk membiarkan pengguna dengan mudah membubuhi keterangan gambar mereka mengirim email.

Perusahaan juga telah meningkatkan cara Mac, iPads dan iPhone bekerja bersama.

Sebagai contoh, sebuah fitur yang disebut Continuity memungkinkan orang drop file ke ponsel mereka dari Mac, sementara Handoff memungkinkan orang swap antara perangkat dan secara otomatis pengguna dapat mematikan - bahkan jika sebuah email setengah ditulis.

Di tempat lain, Yosemite kini memiliki SMS dan dukungan panggilan telepon ke Mac, yang berarti orang dapat mengirim teks dari Mac mereka, dan bahkan menggunakannya sebagai speakerphone.

Pengguna dapat memanggil iPhone mereka dari Mac mereka, sebuah fitur yang ditunjukkan dengan menelepon Dr Dre, aplikasi terbaru Apple. 'Kapan saya harus mengerjakan? Saya tidak sabar untuk memulai," katanya.

APPLE has unveiled a radical overhaul of its Mac software alongside a brand new iOS 8. 

The latest iOS software now has interactive notifications, a keyboard that predicts what users will type, and a Snapchat-style self-destruct button for video and audio messages.

Meanwhile, the new Mac software design has taken many of the concepts seen on last year's 'flat' iOS 7, and added key features such as being able to search Wikipedia and the web directly from the home screen.

Apple boss Tim Cook said the firm’s software had been completely redesigned to work ‘seamlessly’ together.

iOS 8's new notification system means people can respond without having to open and switch apps.

There is also a new video messaging system allowing people to easily send video and audio messages.

This allows messages to be set to self destruct, rather like Snapchat.

The iPhone’s keyboard has been overhauled with a new QuickType system that can predict words the user is likely to use, and learns how a user types over time.

Spotlight has also been improved to allow better searching.

According to Cook, Messages is the most frequently used app, and this has been updated it to make it easier to set up and take part in group chats.

The much-rumoured Health app was also revealed, following weeks of leaks. It brings together data from fitness tracking bands and other systems.

‘Developers have created a vast array of healthcare devices,’ said Craig Federighi, Apple's senior vice president of Software Engineering. 

Apple is working with the Mayo Clinic to allow data to be shared with doctors automatically, and notify them if a reading is too high, for example.

Apple's iOS 8 additionally now has a family sharing app allowing families to easily share calenders, pictures and even find phones. 

Parents can see what their children have bought online, and download apps, music and films on the same account.

The system will automatically message parents if their child tries to buy content online, too.

Elsehwere, the firm added HomeKit, a system to allow users to control home appliances and turn their iPhone into a remote control.

It allows the iPhone to open doors, control lights and even carry out commands like ‘get ready for bed’ which could dim lights and lock all doors.

During the Mac OS announcement, Federighi joked that OS X Weed was one of the names considered, before revealing the latest version of the software will be called Yosemite.

The software has been redesigned to look ‘flat’- to resemble the latest version of the iOS software seen on iPhones and iPads - in a project overseen by chief designer Sir Jonathan Ive. 

It also has a new mode that lets users easily change the colour scheme, and comes with a new online storage service called iCloud Drive. 

This lets users automatically synchronise files across multiple Macs, iPhones, iPads and even Windows PCs.

‘It’s got an all new interface,’ Federighi boasted. ‘It’s gorgeous and more usable.’

The software update will improve battery life, according to Federighi, and it has added a new ‘markup’ option to let users easily annotate pictures they are emailing.

The firm has also improved the way Macs, iPads and iPhone work together. 

For example, a feature called Continuity lets people drop files onto their phone from a Mac, while Handoff lets people swap between devices and automatically pick up where the user left off - even if an email is half written.

Elsewhere, Yosemite now has SMS and phone call support to Macs, meaning people can send texts from their Mac, and even use it as a speakerphone.

Users can dial their iPhone from their Mac, a feature that was demonstrated by calling Dr Dre, Apple’s latest employee. ‘What time should I get into work? I can’t wait to start,’ he said.