Mobil `Driverless` Siap Beroperasi di Jalan Raya secara Legal

Driverless `Robo-cars` Guided by Radar and Lasers on UK Roads Next Year

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Mobil `Driverless` Siap Beroperasi di Jalan Raya secara Legal
Mobil driverless sudah digunakan di sejumlah negara, termasuk Jepang, Swedia dan Amerika Serikat, di mana empat negara telah meloloskan undang-undang yang mengizinkan mobil canggih ini melaju di jalan raya (Foto & Data: MailOnline)

MOBIL-MOBIL tanpa pengemudi (driverless) yang dipandu oleh radar, sensor laser, kamera dan satelit navigasi. Mobil canggih tersebut akan diizinkan melaju di jalan raya di Inggris untuk pertama kalinya sejak Januari dalam serangkaian uji coba yang berlangsung sampai tiga tahun.

Produsen otomotif utama sudah mengembangkan teknologi mobil self-driving seperti Volvo, Nissan, Mercedes-Benz, Ford, Vauxhall, Volkswagen dan Honda. Mereka telah bergabung dengan raksasa internet Google, seperti dilansir MailOnline.

Semua model mobil diharapkan memiliki manual override, yang memungkinkan pengemudi untuk mengambil kendali dalam situasi darurat. Dapat digunakan di lalu lintas biasa baik secara mandiri atau melalui ´jalur khusus´, yang disediakan untuk kendaraan driverless lain untuk melaju dalam bentuk konvoi.

Di Inggris, mobil self-drive ini awalnya dibatasi untuk jalan-jalan tertentu, seperti jalan raya, atau jalur tertentu.

Secara signifikan, teknologi ini sudah dipasang ke mobil keluarga - termasuk pengereman otomatis, self-parking, pengenalan jalan, kamera yang bisa ´membaca´ marka jalan dan adaptif cruise control, yang mengatur kecepatan untuk lalu lintas.

Tes untuk produsen adalah menghubungkan teknologi melalui komputer on-board sesuai ketentuan undang-undang keselamatan. Pemerintah Inggris akan meninjau undang-undang lalu lintas untuk memungkinkan mobil driverless berlaku legal.

Menteri perdagangan Vince Cable mengumumkan langkah setelah pengujian kendaraan di markas organisasi penelitian industri motor MIRA di Nuneaton di West Midlands. Pemerintah telah menyisihkan 10 juta poundsterling untuk percobaan di tiga kota.

Cable mengatakan pengumuman itu akan menempatkan Inggris ´di garis depan teknologi transformasi ini dan membuka peluang baru bagi perekonomian dan masyarakat.´

Mobil driverless sudah digunakan di sejumlah negara, termasuk Jepang, Swedia dan Amerika Serikat, di mana empat negara telah meloloskan undang-undang yang mengizinkan mobil canggih ini melaju di jalan raya.

Namun ada banyak rintangan untuk melegalkannya sebelum menjadi pemandangan yang biasa di jalan-jalan di Inggris.

Presiden AA Edmund King mengaku sangat mencermati pengembangan mobil driverless.´Mobil-mobil ini bakal beroperasi otomatis," katanya.

"Namun, perlu ada lompatan besar dari keyakinan oleh pengemudinya dari pemanfaatan sistem bantuan hingga menerima mobil beroperasi otomatis sepenuhnya.´

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Churchill Care Insurance, ternyata 56% orang dewasa Inggris mengatakan mereka tidak akan membeli mobil driverless dan seperempat responden meragukan keamanannya.

THE cars are guided by radar, laser sensors, cameras and sat-nav. They will take to public roads in Britain for the first time from January in a series of trials lasting up to three years.

Major manufacturers already developing self-driving car technology include Volvo, Nissan, Mercedes-Benz, Ford, Vauxhall, Volkswagen and Honda. They have been joined by internet giant Google.

All models are expected to have a manual override, allowing the driver to take control if necessary. The cars can be used in regular traffic either independently or as a ‘road train’, where they work with other driverless vehicles to move through traffic as a convoy.

In the UK, self-drive mode may be restricted initially to certain roads, such as motorways, or specific lanes. 

Significantly, much of the technology is already fitted to family cars – including self-braking, self-parking, lane recognition, cameras that can ‘read’ signs and adaptive cruise control, which adjusts speed to the traffic.

The test for manufacturers is to link the technology via an on-board computer in a way that will meet safety legislation. The Government will review road laws to enable driverless cars to be street legal.

Business Secretary Vince Cable announced the move after testing a vehicle at the headquarters of motor industry research organisation MIRA at Nuneaton in the West Midlands. Ministers have set aside £10million for trials in three cities.

Mr Cable said the announcement would put Britain ‘at the forefront of this transformational technology and open up new opportunities for our economy and society’.

Driverless cars are already in use in a number of countries, including Japan, Sweden and the US, where four states have passed laws permitting autonomous cars.

But there are many hurdles to overcome before they become a regular sight on Britain’s roads.

AA president Edmund King was wary over the development. ‘Cars have become more automated,’ he said.

‘However, there needs to be a big leap of faith by drivers from embracing assistance systems to accepting the fully automated car.’

In a survey by Churchill Car Insurance, 56 per cent of UK adults said they would not purchase a driverless car and a quarter believed they would not be safe.