Nokia Datang Lagi! Luncurkan Smartphone Android Tahun Depan

Nokia is Back! Android Smartphone Using Iconic Brand will Launch Next Year

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Nokia Datang Lagi! Luncurkan Smartphone Android Tahun Depan
Sukses bisnis Nokia tergantung pada kemampuan merebut pangsa pasar yang saat ini dikuasai Apple, Samsung dan puluhan pemain lain dalam persaingan industri yang kian ketat (Foto: MailOnline)

PONSEL cerdas Nokia siap untuk comeback setelah mantan manajer perusahaan Finlandia setelah melego lisensinya kepada Microsoft dan kemudian bermitra dengan Google dan produsen ponsel Foxconn.

Nokia dahulu dikenal sebagai produsen ponsel yang menguasai pasar dunia namun gagal beralih ke smartphone dan kemudian memilih sistem operasi yang tidak populer Windows dari Microsoft untuk seri 'Lumia'.

Nokia menghentikan penjualan smartphone pada 2014 dengan menjual lisensi produksi ponsel kepada Microsoft dan memilih fokus untuk memproduksi peralatan jaringan seluler.

Microsoft tetap menjual Lumia smartphone dengan nama sendiri tapi kemudian tahun ini mulai setengah hati memasarkan produknya.

HMD Global, yang dipimpin oleh Nokia veteran Arto Nummela, berniat meluncurkan smartphone Nokia pertama di awal tahun depan menggunakan sistem operasi Google Android.

Sukses bisnis Nokia tergantung pada kemampuan merebut pangsa pasar yang saat ini dikuasai Apple, Samsung dan puluhan pemain lain dalam persaingan industri yang kian ketat.

'Konsumen memilih smartphone berbeda sekarang, tapi apakah mereka benar-benar jatuh cinta dan setia pada merek yang mereka gunakan sekarang?' kata Nummela dalam sebuah wawancara seperti dikutip MailOnline.

NOKIA smartphones are poised for a comeback after former managers at the Finnish company licensed the handset brand from Microsoft and struck up partnerships with Google and phone manufacturer Foxconn.

Nokia was once the world's dominant cellphone maker but missed the shift to smartphones and then chose Microsoft's unpopular Windows operating system for its 'Lumia' range.

Nokia quit smartphones in 2014 by selling its handset activities to Microsoft to focus on mobile network equipment.

Microsoft continued selling Lumia smartphones under its own name but this year largely abandoned that business, too.

HMD Global, led by Nokia veteran Arto Nummela, wants to launch its first Nokia smartphone in the early part of next year using Google's Android operating system.

Success will require a dash for scale by stealing business from Apple, Samsung and dozens of other players in a cut-throat industry.

'Consumers may be carrying different smartphones now, but are they really in love and loyal to those brands?' said Nummela in an interview.