Airbus A330 Pesanan Garuda Indonesia, Ini Penampakan Kabinnya

Airbus`s New Planes have Wider Seats and Space for Even More Passengers

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Airbus A330 Pesanan Garuda Indonesia, Ini Penampakan Kabinnya
Airbus mengatakan kabin memiliki tampilan luas dan akan menawarkan lebih banyak ruang pribadi untuk penumpang meskipun begitu, rata-rata, 10 kursi lebih banyak dari model A330 saat ini (Foto2: MailOnline)

KURSI LEBAR, lampu temaram dan lebih banyak ruang penyimpanan untuk tas tangan menjadi salah satu perbaikan untuk memanjakan penumpang pada pesawat generasi berikutnya dari Airbus.

Produsen pesawat Eropa meluncurkan interior kabin baru belum lama ini di London, dan menjanjikan pengalaman yang nyaman bagi wisatawan menikmati perjalanan udara.

Disebut sebagai Airspace oleh Airbus, interior ini akan dikembangkan pada pesawat baru A330, dan telah dipesan oleh Delta Air, Garuda Indonesia dan AirAsia ketika memasuki layanan komersial pada akhir 2017.

Dalam pernyataan resminya, Airbus mengatakan kabin memiliki tampilan luas dan akan menawarkan lebih banyak ruang pribadi untuk penumpang meskipun begitu, rata-rata, 10 kursi lebih banyak dari model A330 saat ini, yang dapat membawa penumpang lebih dari 300 orang.

Disebutkan pula bawa kursi lebih luas, meskipun menampung lebih banyak penumpang di pesawat, berkat penataan ulang kabin dan kamar kecil.

Wakil presiden eksekutif Airbus bidang strategi dan pemasaran, Kiran Rao, mengatakan kepada Reuters yang dikutip MailOnline: "Kami menempatkan penumpang lebih banyak penumpang tanpa penambahan ruang tetapi karena kepiawaian dan cara kami mendisainnya sehingga tetap mengutamakan kenyamanan."

Pada pesawat berbadan lebar A330neo, kursi standar di kelas ekonomi akan lebih lebar 45 cm dengan mengutamakan sandaran kaki dan bahu, dan setiap penumpang akan mendapat ruang kaki yang tidak terhalang di bawah kursi di depan mereka.

Saat ini, lebar kursi ekonomi pada pesawat A330 bervariasi oleh maskapai penerbangan. Beberapa pesawat A330, termasuk yang digunakan oleh Singapore Airlines, memiliki kursi lebih luas 45 cm.

Airbus menegaskan langkahnya memperluas ruang bagasi untuk tas tangan.

Untuk hiburan dalam penerbangan, penumpang akan menonton film atau program HD atau 3D pada layar yang lebih besar dan mereka akan dapat menghubungkan perangkat mereka sendiri ke sistem.

Kabin akan menjadi lebih tenang duduk di kelasnya dan memiliki teknologi pencahayaan LED terbaru.

Tata letak, termasuk new welcome area, dapat disesuaikan oleh masing-masing maskapai penerbangan dan setiap pesawat akan memiliki toilet dengan teknologi pintar, termasuk permukaan anti-bakteri, toilet siram otomatis dan suara tenang, seperti dilaporkan Business Traveller yang dikutip MailOnline.

Airbus mengatakan tata letak yang sama akan tersedia pada A350 dan pesawat A380 di masa depan. Yang akan menambah 50 kursi untuk A380, yang dinyatakan sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia, seperti dilaporkan Reuters.

Menggunakan mesin Rolls-Royce, pesawat A330neo terinspirasi oleh kabin dari pesawat berbadan lebar, A350 XWB baru.

WIDE SEATS, softer lighting and more storage space for hand luggage are among the improvements that passengers will enjoy on board Airbus’ next generation of planes.

The European aeroplane manufacturer unveiled its slick new cabin interior recently in London, and promised a comfortable experience for travellers despite cramming more seats on board.

Called Airspace by Airbus, the interior will be on the company’s new A330neo airliner, which will be used by the likes of Delta Air Lines, Garuda Indonesia and AirAsia when it enters commercial service in late 2017.

In announcement, Airbus said the cabin has a cleaner look and will offer more personal space for passengers even though it will have, on average, 10 more seats than the current A330 model, which can carry more than 300 people.

It said seats will not shrink in size, even though more people are on board, thanks to the layout of the galleys and lavatories being rearranged.

Airbus's executive vice president of strategy and marketing, Kiran Rao, told Reuters: ‘We are putting more passengers on the same amount of space but because of the cleverness and the way we have designed it we don't have to compromise on comfort.’

On the wide-body A330neo, standard seats in economy class will be 18in wide and they have optimised foot and shoulder space, and every passenger will have unobstructed foot space under the seat in front of them.

Currently, the width of economy seats on A330 aircraft varies by airline. Some A330 planes, including those used by Singapore Airlines, have seats that are 18in wide.

Airbus said the overhead bins will be able to hold more hand luggage.

For in-flight entertainment, passengers will watch HD or 3D films or programmes on larger screens and they will be able to connect their own device to the system.

The cabin will be the quietest in its class and feature the latest LED lighting technology.

The layout, including a new welcome area, can be customised by each airline and each plane will have lavatories with smart technology, including anti-bacterial surfaces, self-flushing toilets and soothing sounds, reported Business Traveller.

Airbus said the same layout will be available on A350 and A380 aircraft in the future. That will add 50 seats to the A380, which is already the world’s largest passenger airliner, Reuters reported.

Using Rolls-Royce engines, the A330neo airliner is inspired by the cabin of its wide-body sibling, the new A350 XWB.