Land Rover Discovery Sport akan Dilengkapi Drone Mini

Land Rover to Create Miniature Drones

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Land Rover Discovery Sport akan Dilengkapi Drone Mini
Pengembangan lainnya adalah ´pandangan tembus topi´, yang akan memungkinkan pengemudi untuk melihat lubang atau medan berbatu yang tidak terlihat oleh pengemudi (Foto2: MailOnline)

KETIKA Anda mengemudi mobil di tengah cuaca buruk atau jika berada tikungan tajam di depan, tentu harus selalu waspada.

Tak lama lagi Anda bisa dapat melihat apa yang di depan atau di sudut jalan dengan adanya pengintai di udara, seperti dilansir MailOnline.

Merujuk pada teknologi militer, insinyur Land Rover tengah berupaya menciptakan drone miniatur drone yang bisa dipasangkan pada mobil 4x4 terbarunya.

Drone akan memindai jalan hingga 20 meter di depan dan mengirim kembali rekaman gambar secara langsung (terkini) kepada pengemudi melalui ponsel wi-fi link di dalam mobil. 

Gambar akan ditampilkan pada layar di dalam mobil atau di kaca depan denagn teknologi monitor seperti diterapkan pada pesawat jet tempur militer.

Drone akan dipakai oleh Land Rover terungkap menjelang peluncuran Land Rover baru tujuh kursi off-roader Discovery Sport, yang akan diperkenalkan di Paris Motor Show pada Oktober mendatang.

Inilah seri terbaru dari varian Discovery yang akan mengadopsi berbagai inovasi yang dikembangkan oleh para insinyur di perusahaan induk, Jaguar Land Rover. 

Pengembangan lainnya adalah 'pandangan tembus topi', yang akan memungkinkan pengemudi untuk melihat lubang atau medan berbatu yang tidak terlihat oleh pengemudi. 

Kamera di grill depan akan memproyeksikan gambar dari jalan ke windscreen.

Pengemudi juga akan dapat mengendarai mobilnya dari jarak jauh pada kecepatan rendah melalui tablet iPad atau smartphone tanpa harus mengemudikannya.

Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mengarahkan melalui gerbang pertanian atau ketika kopling kendaraan untuk trailer. 

Mobil canggih kelak bekerja maksimal didukung roda kemudi listrik dan radar sensor. Laser infra-merah di lampu kabut juga akan memindai jalan, untuk menampilkan kondisi jalan yang bekerja secara otomatis.

Gesture control, dengan sensor gerak, akan memungkinkan pengemudi memberi perintah pada mobil. Cukup dengan gerakan tangan atau menjentikkan jari untuk menghidupkan lampu depan, mencari maupun mengubah siaran radio.

Seorang juru bicara Jaguar Land Rover mengatakan: 'teknologi kami akan menciptakan rasa aman, nyaman, mobil pintar dan menyenangkan bagi pengemudi."

WHEN you are driving in bad weather or if there’s a sharp bend ahead, caution is vital.

But soon you could be able to see what is up ahead or around the corner with your own spy in the sky.

Taking a leaf from the military, Land Rover’s engineers are looking at creating miniature drones that could be launched from their new 4x4.

The drones would scan the road up to 20 yards ahead and send back live images to the driver via a mobile phone in-car wi-fi link. 

The images would be displayed either on a screen in the car or on the windscreen using jet-fighter style technology.

The drones have been revealed ahead of the launch of Land Rover’s new seven-seater Discovery Sport off-roader, to be unveiled at the Paris Motor Show in October.

It is the first of a new family of Discovery vehicles that will adopt a range of innovations being developed by engineers at parent company Jaguar Land Rover.

Another development is the ‘see-through bonnet’, which would allow drivers to spot potholes or rocky terrain that would otherwise be out of sight. 

Cameras in the grille would project images of the ground below onto the windscreen of the car.

Motorists could also soon be able to drive their car remotely at low speed via an iPad tablet or smartphone without being in the vehicle.

This would allow them to steer through farm gates or when coupling the vehicle to a trailer.

The car’s electrically-powered steering wheel and radar sensors would do the rest. Infra-red lasers in the fog lamps would also scan the ground ahead, produce a relief-like map of problems and engage the traction system automatically to cope with them. 

Gesture control, using motion sensors, would allow drivers to command the car. With a wave of a hand or flick of a finger they could switch on the headlights, indicate or change radio channel. 

A Jaguar Land Rover spokesman said: ‘Land Rover’s new, driver-assisting technology will enable safer, smarter and more enjoyable driving.’