Kapal Terbesar di Dunia, Mampu Angkut Kilang Minyak Lepas Pantai

World`s Largest Ship so Big it Can Lift an Oil Rig Takes to the Seas

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Kapal Terbesar di Dunia, Mampu Angkut Kilang Minyak Lepas Pantai
Panjang kapal raksasa ini mencengangkan karena mencapai 382 meter dan lebar 124 meter, hampir menyamai tingginya gedung pencakar langit Empire State Building (Foto: MailOnline)

KAPAL yang kini dijuluki sebagai kapal terbesar di dunia telah melayari samudera.

Kapal bernama Pieter Schelte, dijuluki sebagai kapal raksasa karena kemampuannya mengangkut konstruksi kilang minyak lepas pantai untuk dipindahkan ke lokasi baru.

Panjang kapal raksasa ini mencengangkan karena mencapai 382 meter dan lebar 124 meter, hampir menyamai tingginya gedung pencakar langit Empire State Building di New York apabila diberdirikan dan bentangannya lebih lebar dari Big Ben, maskot kota London, Inggris.

Kapal raksasa berbentuk catamaran ini dibangun oleh galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering di Korea Selatan.

Harganya US$3,1 miliar setara dengan kemampuan kapal dengan kekuatan 11,2 megawatt yang terhubung ke 13 mesin Rolls Royce, seperti dilaporkan Gizmodo yang dikutip MailOnline.

Topside - bagian atas rig minyak - beratnya mencapai 48 ribu ton dapat diangkut oleh raksasa ini, kemampuan lain adalah mengangkat jaket - kaki - pada rig yang beratnya mencapai 25 ribu ton.

Kapal kemudian dapat mengangkut kedua bagian atas dan bawah rig minyak secara bersamaan dan membawanya kembali ke pelabuhan.

Ia bahkan bisa menaikkan dan menurunkan kilang minyak ke air hingga kedalaman 25 meter.

Pieter Schelte, yang akan dioperasikan oleh perusahaan Swiss Allseas, diharapkan mulai operasi di lepas pantai tahun depan.

Kapal ini dapat mencapai kecepatan 14 knot (16,1 mph atau 25,9 km/jam) dan memiliki ruang untuk 571 awak.

Ketika siap beroperasi kapal ini juga menjadi kapal pengangkut pipa terbesar di dunia dan akan digunakan untuk membangun infrastruktur bawah laut.

Kapasitas pemasangan pipa sebesar 2.000 ton adalah dua kali lipat dari pemegang rekor sebelumnya, kapal Allseas lain yang disebut Solitaire.

Pieter Schelte hanya akan menyandang gelar kapal terbesar di dunia selama enam tahun, karena pada 2020 Allseas bakal memiliki kapal yang lebih besar dalam operasinya untuk membangun dan memindahkan rig minyak raksasa.

Kapal Maersk Triple-E juga dibangun oleh Daewoo Shipbuilding dan sampai saat ini masih memegang rekor sebagai kapal terpanjang, meskipun, panjangnya hanya 400 meter.

THE VESSEL that now holds the title of the world’s biggest ship has taken to the seas for the first time.

Called Pieter Schelte, the behemoth can lift oil rigs right out of the water and move them to new destinations.

It measures a staggering 1,253ft (382 metres) long and 407ft (124 metres) wide, making it almost as long as the Empire State Building is tall and wider than the height of Big Ben.

The giant catamaran-shaped ship was built by Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering shipyard in South Korea.

It cost £1.9 billion ($3.1 billion) to build and is powered by 11.2 megawatt engines connected to 13 Rolls Royce 5.5 megawatt thrusters, reports Gizmodo.

Topsides - the upper section of oil rigs - weighing up to 48,000 tons can be lifted by the behemoth, while it will also be able to lift jackets - the legs - of rigs weighing up to 25,000 tonnes.

The ship can then transport both the top and bottom sections of the oil rig simultaneously and take it back to port.

It can even raise and lower itself in the water by 82ft (25 metres) in order to cope with the huge weight demands of moving an oil rig.

Pieter Schelte, which will be operated by Swiss company Allseas, is expected to begin offshore operations next year.

It can reach speeds of 14 knots (16.1 mph or 25.9 km/h) and has space for a crew of 571 people.

When it enters operation it will also be the world's largest pipelaying ship and will be used to construct infrastructure under the sea.

Its pipelay capacity of 2,000 tonnes is double that of the previous record holder, another Allseas ship called Solitaire.

Pieter Shelte will only hold the title of the world’s biggest ship for six years, though; by 2020 Allseas expects to have an even larger vessel in operation to install and move bigger oil rigs.

The Maersk Triple-E also built by Daewoo Shipbuilding still holds the record for the longest ship, though, at 1,312 feet (400 metres).