Pulpen 3D! Mengubah Lukisan jadi Tampilan Tiga Dimensi

3D Printing Tool Creates Spectacular Drawings Made of Plastic

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pulpen 3D! Mengubah Lukisan jadi Tampilan Tiga Dimensi
Panjang 19cm, diameter 3,8cm, harganya berkisar Rp1,2 jutaan (US$99) dan disain 3D yang dihasilkan butuh waktu dua jam menyelesaikannya (Foto2: MailOnline)

PERNAH KEPINGIN membawa lukisan Anda tampil nyata dalam tiga dimensi?

Nah sekarang Anda bisa melakukannya, berkat pena unik yang 'menulis' dengan termoplastik hangat yang mengeras dalam hitungan detik.

Pena dapat digunakan untuk membuat replika yang menakjubkan dari beberapa patung dan bangunan paling terkenal di dunia, termasuk Menara Eiffel dan Big Ben.

Untuk menampilkan desain mereka, peminatnya dapat men-download blue print cetak biru dari landmark terkenal di dunia, menempatkannya di atas kertas untuk membuat garis plastik, dan kemudian menyusunnya kembali dengan pena khusus 3D.

Pena itu sendiri didukung oleh kabel listrik dan memanas dalam waktu kurang dari satu menit.

Penggunanya kemudian dapat memilih dari tiga kecepatan 'menulis' dan lebih dari 12 warna - termasuk hitam, merah, kuning, hijau dan biru - untuk membuat desain yang diinginkan.

Panjang 19cm, diameter 3,8cm, harganya berkisar Rp1,2 jutaan (US$99) dan disain 3D yang dihasilkan butuh waktu dua jam menyelesaikannya, seperti dilansir MailOnline.

Pena dicolokkan ke sumber listrik melalui kabel untuk diisi ulang.

Hal ini dapat mencairkan dua jenis plastik, ABS dan PLA, untuk kemudian dibentuk sebelum dipanaskan sampai 230°C dan yang terakhir 210°C.

Pulpen ajaib ini didistribusikan oleh Firebox di Inggris dan
Hammacher Schlemmerin AS.

Seorang juru bicara dari Hammacher Schlemmer mengatakan: "Selain merilis tintanya, pena ini dilengkapi termoplastik hangat yang mengeras dalam hitungan detik, yang memungkinkan Anda untuk membuat gambar freehand tiga dimensi."

'Peminatnya dapat men-download cetak biru dari Menara Eifel setinggi 15cm, pegangan serbet, atau bahkan Masjid Sultan Ahmed di Istambul."

EVER WANTED to bring your drawings to life in three-dimensions?

Well now you can, thanks to a unique pen that 'writes' with warm thermoplastic that hardens within seconds.

The pen can used to create stunning replicas of some of the world's most famous sculptures and buildings, including the Eiffel Tower and Big Ben.

To create their designs, users download blueprints of world-renowned landmarks, trace them on paper to create plastic lines, and then mend them together with the special 3D pen.

The pen itself is powered by an AC cord and it heats up in less than a minute.

Users can then choose from three 'writing' speeds and more than 12 colours - including black, red, yellow, green and blue - to create their designs.

At 7.5 inches (19cm) long, 1.5 inches (3.8cm) in diameter, the £99 pen (US RRP $99) is portable and designs take around two hours to complete.

The pen is plugged in to a power source via its cable to be recharged.

It can melt two types of plastic, ABS and PLA, with the former being heated to 230°C (445°F) and the latter 210°C (410°F).

It is distributed by Firebox in the UK and
Hammacher Schlemmerin the US.

A spokeswoman from Hammacher Schlemmer said: 'Instead of releasing ink, this pen extrudes warm thermoplastic that hardens within seconds, allowing you to create three-dimensional freehand drawings.

'Artists can download blueprints of a 6-inch (15cm) tall Eiffel Tower, a napkin holder, or even Istanbul's Sultan Ahmed Mosque.