Messi Hengkang dari Barca, Nilai Transfernya Diperkirakan US$261,5 Juta

Messi Would Cost a Staggering 172m Poundsterling If Barcelona Sold Him this Month

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Messi Hengkang dari Barca, Nilai Transfernya Diperkirakan US$261,5 Juta
Bintang Argentina ini berada di puncak daftar pemain termahal di dunia yang dilansir CIES Football Observatory atau lebih tinggi US$103,3 juta dari rival utamanya, Cristiano Ronaldo (Foto2: MailOnline)

NILAI TRANSFER Lionel Messi diperkirakan melonjak hingga US$261,5 juta apabila benar ingin hengkang dari Barcelona bulan ini, menurut hasil studi yang menaksir nilai pasar pemain terkemuka di dunia tersebut.

Bintang Argentina ini berada di puncak daftar pemain termahal di dunia yang dilansir CIES Football Observatory atau lebih tinggi US$103,3 juta dari rival utamanya, Cristiano Ronaldo yang kini merumput di Real Madrid.

Nilai transfer tersebut menjadi semacam 'panduan harga' untuk transfer pemain Januari 2015, berdasarkan kinerja pemain, usia, nilai kontrak dan prestasi klub tempatnya bergabung.

Saat ini ada 10 pemain termahal dengan nilai transfer tertinggi dan enam di antaranya bersaing di Liga Premier Inggris - Eden Hazard, Diego Costa dan Cesc Fabregas dari Chelsea, Sergio Aguero dari Manchester City, Raheem Sterling dari Liverpool dan Alexis Sanchez dari Arsenal.

Namun saat ini Messi melambung menjadi pemain termahal di Eropa saat ini.

The CIES Football Observatory menggunakan algoritma sendiri berdasarkan data 1.500 transfer sejak 2009 untuk menyusun 'panduan harga' tersebut.

Hal ini juga mempertimbangkan kinerja pemain seperti jumlah gol, umpan dan statistik lainnya di lapangan serta usia mereka, posisi di lapangan dan lama kontrak. Hal ini juga memperhitungkan prestasi klub di liga domestik dan liga internasional serta perannya bagi tim nasional di negara asal masing-masing pesepakbola, seperti dilansir MailOnline.

LIONEL MESSI would cost a whopping £172m should any of Barcelona's rivals want to whisk him away this month, according to research into the current market values of the world's leading players.

The Argentine star comfortably tops a CIES Football Observatory countdown of football's most valuable players and is worth £68m more than his Real Madrid rival Cristiano Ronaldo.

The totals serve as a 'guide price' for the January transfer window, using a calculation that takes into account player performance, age, contract and the results of their team.

The top 10 features six Premier League players - Eden Hazard, Diego Costa and Cesc Fabregas of Chelsea, Sergio Aguero of Manchester City, Raheem Sterling of Liverpool and Alexis Sanchez of Arsenal.

But it finds Messi far and away the most expensive player in Europe at the moment.

The CIES Football Observatory used their own algorithm based on 1,500 completed transfers since 2009 to work out the current 'price guide'.

It also takes into consideration player performance such as goals, assists and other on-pitch stats as well as their age, position and contract duration. It also weighs up results achieved by their club and national teams.