Pesawat Jet Futuristik yang Tembus Pandang

Futuristic Private Jet Captures Panoramic View from Outside

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pesawat Jet Futuristik yang Tembus Pandang
Pengalaman penumpang akan luar biasa dengan langsung melibatkan penumpang dengan lingkungan di luar pesawat, memberikan panorama tanpa hambatan (Foto2: MailOnline)

SETIAP kursi di pesawat jet pribadi ini menempel pada dinding pesawat, tapi ada satu hal yang menarik - pesawat ini tidak memiliki jendela.

Sebuah perusahaan desain global menawarkan konsep inovatif untuk jet pribadi berjendela yang menggunakan kamera eksternal untuk merekam secara real-time, dan kamera panorama 360 derajat, seperti dilansir MailOnline.

Foto-foto ini menampilkan panel pada dinding dan langit-langit kabin, memberi sensasi pada penumpang bagaimana rasanya terbang dalam dalam pesawat yang transparan.

Ketika panorama tidak menampilkan langit biru atau malam penuh bintang, maka kaca transparan tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain seperti video conference atau menampilkan galeri foto atau tampilan audio visual lainnya.

Kaca-kaca tersebut bahkan dapat digunakan untuk menampilkan lanskap, baik itu pantai yang cerah, padang pasir atau luar angkasa.

Dinding dan jendela futuristik IXION dikembangkan oleh tim Technicon Design di Prancis untuk pameran dirgantara National Business Association Aviation (NBAA).

Inovasi ini disambut positif oleh para pemimpin industri dan tim inovator meraih penghargaan di International Yacht & Aviation Awards dalam kategori desain eksterior.

Gareth Davies, direktur desain di studio Technicon Design di dekat Paris, mengatakan tim tergerak untuk menantang pemikiran terkini dan ´mengusulkan sesuatu yang sedikit berbeda tapi bukan hanya fantasi´.

Dia mengatakan: "Inovasi harus kredibel dan relevan, namun memprovokasi diskusi lanjutan. Saya menantang tim untuk keluar dari pemikiran konvensional berkaitan dengan eksterior dan interior pesawat jet bisnis.

"Kami dengan cepat menetapkan ide kontroversial namun hal yang menarik adalah menghilangkan jendela dari kabin dan menggunakan teknologi masa depan yang ada atau sangat dekat untuk menampilkan lingkungan eksterior pada layar fleksibel, yang menutupi dinding dan langit-langit kabin, melalui kamera eksternal. ´

Dia menambahkan: "Pengalaman penumpang akan luar biasa dengan langsung melibatkan penumpang dengan lingkungan di luar pesawat, memberikan panorama tanpa hambatan."

EVERY seat on this private jet is the ultimate window seat, but there’s just one catch – there are no windows.

A global design company has come up with an innovative concept for a windowless private jet that uses external cameras to capture a real-time, 360-degree panoramic view of the space around the plane.

The images are beamed on to display panels on the cabin walls and ceiling, giving passengers the feeling that they’re flying in a transparent fuselage.

When the screens aren’t displaying scenes of blue or starry skies, they can be used for in-flight video conferencing or displaying photos or other images.

They could even be used to display landscapes, be it a sunny beach, a desert or outer space.

The futuristic IXION windowless jet was developed by Technicon Design’s team in France for a National Business Aviation Association (NBAA) show.

It has been applauded by industry leaders and it earned the team an award at the International Yacht & Aviation Awards in the exterior design category.

Gareth Davies, design director at Technicon Design’s studio near Paris, said the team set out to challenge current thinking and ‘propose something a little different but not just a fantasy’.

He said: ‘It has to be credible and relevant, yet provoke discussion. I challenged the team to break out of conventional thinking with regards to a business jet exterior and interior.

‘We quickly settled on the controversial yet interesting idea of removing the windows from the cabin and using existing or very near future technology to display the exterior environment on flexible screens, which cover the walls and ceiling of the cabin, via external cameras.’

He added: ‘The user experience is greatly enhanced by directly engaging the passengers with the environment outside, giving an unhindered panoramic view.’